10 Tugas Asisten Apoteker di Apotek dan Klinik

Asisten apoteker dapat memperoleh informasi kerja dan mendapatkan pekerjaan di rumah sakit, klinik, apotek dan puskesmas.

Asisten apoteker adalah seseorang yang bekerja di apotek dan ruang farmasi, tugasnya mengambilkan dan membantu tenaga ahli apoteker dalam menyiapkan obat yang diresepkan oleh dokter.

Kebanyakan tenaga asisten apoteker minimal memiliki riwayat pendidikan lulusan SMK jurusan Farmasi.

Di apotek dan ruang farmasi terdapat berbagai macam obat yang jenisnya banyak, terkadang apoteker membutuhkan tenaga pembantu.

Tenaga pembantu apoteker ini kemudian menjadi lowongan kerja yang populer tapi memiliki sedikit kriteria lulusan yang sesuai dengan kompetensi.
Baca juga :

Jobdesk Asisten Apoteker sebagai Berikut :

1. Melayani dan Mengambil resep-resep dokter dari pembeli yang datang

Tugas asisten apoteker yang umum diantaranya yaitu membantu mengambilkan resep yang berasal dari pembeli yang datang ke apotik yang sebelumnya sudah diberikan resep oleh dokter.

2. Membantu Mengambil obat yang diresepkan oleh dokter

Di apotek, asisten apoteker dapat membantu apoteker dengan cara memilih dan mengambilkan obat yang di simpan di ruang farmasi. Kemudian diserahkan apoteker untuk diberikan petunjuk dan anjuran penggunaan obat yang benar.

3. Membantu merekomendasikan obat yang sesuai dengan gejala yang pembeli keluhkan

Di apotek, asisten apoteker dapat bekerja membantu pembeli dengan cara memilihkan beberapa obat yang sesuai dengan keluhan yang dialami.
Asisten apoteker bertugas

4. Memberikan informasi lengkap kepada pembeli

Pembeli memerlukan informasi yang lengkap mengenai obat yang dibeli, asisten apoteker dapat memberitahukan informasi tentang penggunaan obat, interaksi obat, dan efek samping obat tersebut.

5. Memeriksa stok obat di apotek dan Memastikan memiliki cadangan yang cukup

Salah satu tugas Asisten apoteker dapat bekerja dengan selalu memastikan ketersediaan stok obat untuk beberapa bulan kedepannya.
Sehingga apotik mempunyai ketersediaan obat yang banyak dan menghindari dari kekurangan stok obat yang dibutuhkan.

6. Membantu Meracik Obat yang diresepkan oleh Dokter

Beberapa pasien memerlukan obat yang diracik secara khusus, Asisten apoteker dapat membantu dalam menumbuk dan meracik obat sesuai dengan resep dokter.

7. Memasukkan semua transaksi obat ke komputer

Asisten apoteker bisa dibebankan oleh tugas memasukkan setiap transaksi obat yang keluar (dibeli) ke komputer sebagai bagian dari aktivitas manajemen di lingkungan farmasi. Tujuannya agar setiap transaksi dapat di analisa untuk kemajuan farmasi / apotek ke depannya.

8. Memberikan penawaran vitamin dan suplemen kepada pembeli

Anda dapat memberikan saran dan informasi tentang produk penting terkait dengan obat kesehatan seperti vitamin dan suplemen.

9. Menjaga kebersihan dan sanitasi di area kerja

Anda dapat mengingat salah satu bagian penting dari kesehatan yaitu tentang kebersihan area kerja yang dimana asisten apoteker dapat menerapkan kedisiplinan dalam kebersihan dan kerapian pada lingkungan kerja.

10. Membantu dalam mempertimbangkan Pemilihan obat yang sesuai

Asisten apoteker harus memiliki pengetahuan yang baik tentang obat-obatan, termasuk indikasi, kontraindikasi, efek samping, dan pengaruh interaksi dengan obat lain.

Artikel terkait buka link
Asisten Apoteker dalam bahasa Inggris Kunjungi
Gaji Asisten Apoteker Kunjungi
Loker Asisten Apoteker Kunjungi
Interview Asisten Apoteker Kunjungi
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar