LKA gratis

12 Pertanyaan Interview bagi Asisten Dosen

Sebelum menjadi asisten dosen, mahasiswa calon asisten dosen harus di tes kompetensi dasar, caranya dengan memberikan beberapa pertanyaan melalui wawancara untuk di seleksi, agar dapat di peroleh asisten dosen yang berkompeten dan profesional.

Beberapa pertanyaan berikut dapat anda tanyakan terhadap mahasiswa calon asisten dosen yang hendak mengikuti tes menjadi asisten dosen untuk mengampu di mata kuliah tertentu.

Pertimbangkan untuk menyeleksi mahasiswa dengan seksama. Berikan beberapa pertanyaan berikut kepada calon asisten dosen, agar didapatkan asisten dosen mempunyai kompetensi dasar dalam membantu dosen dengan profesional, tekun dan mencintai profesinya.

Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan wawancara untuk posisi pekerjaan asisten dosen bagi mahasiswa atau dosen muda.

Dalam profesinya asisten dosen dipanggil dengan sebutan asdos. Asdos merupakan singkatan dari asisten dosen.

1. Ceritakan tentang diri Anda dan latar belakang mengikuti seleksi asisten dosen

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengenali mahasiswa calon asisten dosen dan potensi diri yang akan dipilih, Dapatkan beberpa mahasiswa yang unggul untuk selanjutnya di tes. 

Dengan mengatahui latar belakang dalam mengikuti ujian asdos bertujuan untuk memahami alasan mahasiswa yang mencoba ikut, dalam seleksi calon asisten dosen untuk mata kuliah tertentu yang diselenggarakan di kampus tersebut.

Tujuannya sederhana, untuk mendapatkan mahasiswa yang sepenuh hati menjadi asisten dosen yang mempunyai kompetensi diri. Diantaranya seperti unggul, berkompeten, suka tantangan, jago mengajar, pantang menyerah, tekun, rajin dan pandai.

2. Apa yang membuat Anda tertarik untuk menjadi asisten dosen di mata kuliah ini ?

Ketahui juga apa yang membuat profesi asisten dosen menarik perhatian bagi mahasiswa, apa tujuan mereka yang hendak mengikuti tes calon asisten dosen.

Akan terdapat berbagai motif mahasiswa dalam mengikuti seleksi asdos di kampus seperti pengembangan diri sampai dengan hanya iseng. Motif lainnya seperti ingin dapat uang tambahan.

3. Bagaimana pengalaman dan keahlian yang Anda miliki dalam peran menjadi asisten dosen ?

Pengalaman menjadi faktor penting dalam seleksi calon asisten dosen, apakah mahasiswa di masa SMA pernah mengikuti ekstrakurikuler yang berkaitan, atau pernah menjadi seorang presenter presentasi di kelas.

Keahlian juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam seleksi tes kompetensi diri, Keahlian bisa saja berasal dari bakat sejak lahir dan latihan yang keras.

Keahlian seseorang tidak sama satu dengan yang lain, ada mahasiswa yang memiliki keahlian dasar asisten dosen yang cukup baik ada juga lemah dalam keahlian mengajar di kelas.

Semua kelebihan dan kelemahan dalam keahlian menjadi asisten dosen perlu di pikirkan dengan bijak agar memperoleh mahasiswa yang unggul pada prosesi seleksi ini.

4. Sebutkan tiga keterampilan utama yang menurut Anda penting untuk menjadi seorang asisten dosen, dan jelaskan bagaimana Anda telah mengembangkan keterampilan tersebut

Keterampilan menjadi asisten dosen minimal ada tiga kompetensi diri, seperti kepercayaan diri, keterampilan fisik, kecerdasan, berbahasa, manajemen, keberanian, analisa, kerja sama, berorganisasi, ketekunan dan pantang menyerah.

lalu, bagaimana cara mahasiswa mengembangkan keterampilan yang dimiliki untuk kegiatan yang positif bagi mereka.

Keterampilan seseorang tergantung dari daya tampung kemampuan yang dimiliki, dan ada banyak keterampilan yang harus dikuasai oleh calon asisten dosen seperti yang dapat pahami sampai sejauh ini.

5. Bagaimana pendekatan Anda dalam membantu mahasiswa yang menghadapi kesulitan akademis?

Asisten dosen tidak hanya mengajar tapi juga membantu mahasiswa dalam memecahkan berbagai persoalan dalam kegiatan belajar di kelas.

Asisten dosen harus mampu dan bisa untuk memecahkan berbagai masalah dan mampu menjawab keseluruhan pertanyaan yang sulit dipahami oleh peserta didik.

Salah satu kemampuan asisten dosen yaitu keterampilan intelektual dan problem solving pada berbagai aktivitas pembelajaran sehari-hari bersama dosen.
Asisten dosen mengajar

6. Bagaimana Anda mengelola waktu dan tugas saat terlibat dalam lebih dari satu tanggung jawab ?

Asisten dosen harus mampu mengelola waktu dan perlu mengembangan kemampuan manajemen waktu yang baik. 

Tugas asisten dosen ada banyak tugas, tidak hanya membantu dosen saja, tapi juga mampu menyelesaikan berbagai kewajiban yang dibebankan.

Asdos harus mampu bekerja secara multitasking agar mampu menyelesaikan berberapa tanggungjawab asisten dosen.

7. Sebagai seorang asisten dosen, Anda mungkin akan berhadapan dengan mahasiswa yang tidak antusias atau kurang bersemangat. Bagaimana Anda akan menghadapi situasi seperti itu?

Profesi asisten dosen tidak hanya sederhana dan menyenangkan, tapi juga membuat lelah, salah satunya saat berhadapan dengan peserta didik yang tidak antusias mengikuti pelajaran yang dipaparkan oleh dosen.

Lalu bagaimana cara tepat menangani perilaku peserta didik yang kurang semangat? Cara membuat dan menghidupkan suasana pembelajaran aktif di kelas dengan pembelajaran aktif di kelas, dimana mahasiswa yang harus lebih aktif dibandingkan dosen.

Asisten dosen harus lebih memperhatikan peserta didik dan sering berkomunikasi dengan mahasiswa dikelas, agar mahasiswa bisa giat memperhatikan penjelasan dosen asisten dosen bisa memberikan kuis atau hadiah.

8. Bagaimana pendekatan Anda dalam berkomunikasi dengan dosen dan staf akademis lainnya ?

Sikap merupakan faktor penting dalam segala hal, salah satunya dalam pekerjaan. Bersikap yang baik dan sopan diperlukan oleh calon asdos agar dapat mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan akademis.

Berperilaku tidak hanya kepada mahasiswa tapi juga kepada dosen mata kuliah lain. Tentu nama baik yang sudah dibangun tidak boleh tercoreng dengan sikap buruk dan perilaku yang tidak baik terhadap dosen mata kuliah lain bukan.

Calon Asisten dosen harus mampu berkomunikasi yang baik terhadap dosen agar dapat saling membantu dan bekerja sama menyelesaikan tugas mata kuliah tersebut.

Asisten dosen harus bisa lebih dekat terhadap dosen mata kuliah agar terdapat relasi hubungan yang erat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

9. Menurut Anda apa yang menjadi tantangan terbesar dalam peran anda sebagai asisten dosen, dan bagaimana cara Anda mengatasi tantangan tersebut

Tantangan yang dihadapi oleh asdos berliku-liku tidak hanya yang sederhana dan mudah dilakukan saja, tapi juga yang tugas serta masalah komplek yang dihadapi saat menjabat menjadi asdos.

Selama menjabat sebagai asdos, anda harus bisa menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik agar mendapatkan penilaian yang bagus.

Tugas tidak hanya di kelas tapi di rumah juga perlu waktu untuk menyelesaikan tugas.

Tugas berat Seperti membantu mengoreksi jawaban dan mengevaluasi gagasan pendapat mahasiswa saat pembelajaran aktif di kelas untuk dinilai sebagai nilai keaktifan.

10. Bagaimana Anda mengelola situasi dimana Anda memiliki pendekatan pemahaman yang berbeda dengan dosen yang Anda bantu?


Situasi dikelas tidak selalu baik dan menyenangkan tapi terkadang juga memegangkan seperti saat diskusi dan beradu argumentasi di kelas, asisten dosen harus mempunyai pendapatan dan melihat sudut pandang yang berbeda - beda.

Terkadang dosen tidak sependapat dengan jawaban asisten dosen, lalu bagaimana cara bersikap yang baik terhadap permasalahan tersebut? Asdos perlu berfikir terbuka dan menerima setiap gagasan dengan sudut pandang yang berbeda.

Pendapat yang berbeda belum tentu diterima oleh dosen dan sesama mahasiswa di kelas, asdos perlu mempelajari setiap permasalahan dengan benar dan sudut pandang yang tepat agar pendapat tidak bertentangan dengan pendapat orang lain.

11. Apa yang Anda harapkan selama menjabat sebagai asisten dosen

Asdos tidak hanya mengabdikan diri secara sukarela kepada dosen dan institusi tapi juga mendapatkan gaji dari pekerjaan selama menjabat sebagai asisten dosen mata kuliah tertentu.

Harapan mahasiswa calon asisten dosen sebagai contoh seorang mendapatkan nilai yang baik dimata kuliah yang dia mengabdikan diri, mendapatkan pujian dari teman teman seangkatannya dan mendapatkan pengalaman yang bagus bagi karier kedepannya.

Selain itu harapan setiap mahasiswa calon asisten dosen berbeda beda, tapi kecenderungan harapan akan tampak sama satu sama lain jika dilihat dari sisi dan pehamanan tertentu.

12. Bagaimana Anda menghadapi tantangan dalam berkolaborasi dengan mahasiswa yang memiliki latar belakang budaya atau bahasa yang berbeda

Latar budaya setiap mahasiswa berbeda beda dan bahasa juga berbeda, ini menjadi tantangan bagi calon asisten dosen saat mereka berhadapan dengan peserta didik yang menggunakan bahasa yang berbeda misalnya bahasa Inggris atau bahasa daerah.

Asisten dosen harus mempunyai kemampuan berkomunikasi dan berbahasa yang baik dan cerdas agar dapat bersama berkolaborasi dengan peserta didik.

Pastikan semua mahasiswa untuk mempersiapkan diri dan mempunyai beberapa jawaban yang relevan dan fokus pada bagaimana mereka dapat berkontribusi secara baik dan positif sebagai asisten dosen di institusi tersebut.
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar