Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

12 Tugas Asisten Guru TK yang Wajib Diketahui

4 min read

Asistensaya.com | Asisten guru TK adalah seseorang pembantu guru utama dalam pembelajaran di kelas pada jenjang pendidikan taman kanak-kanak. Dia membantu peserta didik yang termasuk dalam anak berkebutuhan khusus dalam memahami pembelajaran di kelas dengan lebih baik dan lebih terserap.


Pekerjaan ini merupakan karier impian bagi sebagian lulusan SMA dalam mencari kerja dan memperoleh pekerjaan yang berkecimpung di dunia pendidikan anak dengan gaji yang cukup tinggi.

Sebagian besar Asisten guru TK biasanya akan dijabat dari kalangan mahasiswa yang sedang menjalani magang 1 dan magang 2. Mahasiswa menjadi  calon guru paud yang potensial dan berkompeten.

Di beberapa sekolah taman kanak-kanak menjadikan asisten guru sebagai bagian dari guru TK yang fungsinya untuk membantu mengelola kelas bersama guru utama.

Terkadang di kelas, guru mengalami kesulitan saat mengajar anak anak dengan jumlah yang banyak atau ada anak dengan berkebutuhan khusus. Karena adanya asisten guru diharapkan guru utama dapat terbantu dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di kelas.

Calon Asisten guru TK yang potensial

Biasanya, Calon Asisten guru TK bisa berasal dari seseorang dari lulusan SMA IPA dan lebih profesional dari S1 PG Paud atau yang linier dengan jurusan pendidikannya, seperti S1 jurusan psikologi anak.

Pada umumnya, Asisten guru TK diangkat oleh kepala sekolah atau yayasan dengan maksud membantu guru utama agar lebih mudah mengelola kelas. Asisten guru tidak harus dengan atau dari lulusan S1 saja.

Potensi lulusan SMA juga berkualitas bagi profesi ini, karena hal ini asisten guru TK lebih banyak direkrut dari kalangan lulusan SMA dibandingkan dengan lulusan S1.

Justru lulusan S1 mempunyai harapan yang lebih baik yaitu menjadi guru utama yang langsung mengajar di kelas dan mengajarkan ilmu kepada peserta didik.

Daftar Tugas dan tanggungjawab Asisten Guru TK

Berikut list daftar tugas seorang yang menjadi asisten guru TK secara ringkas. Daftar tugas – tugas sebagai berikut ini :

1. Membantu guru dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
2. Merawat dan mengawasi anak-anak yang sedang belajar.
3. Membantu dalam kebersihan dan keamanan lingkungan sekolah.
4. Memberi wawasan dan Berkomunikasi dengan orangtua murid.
5. Membantu dalam mengelola peralatan belajar.
6. Membantu mempersiapkan materi belajar dan bahan ajar untuk pembelajaran di kelas.
7. Membantu anak-anak dalam proses perkembangan spiritual dan jasmani.
8. Membantu mengelola kelas dan menanamkan disiplin pada siswa.
9. Memberikan bantuan kepada siswa yang membutuhkan tambahan wawasan dalam belajar.
10. Mengawasi siswa selama jam istirahat dan aktivitas di luar kelas.
11. Mengikuti arahan dari sesama guru dan kepala sekolah terkait tugas yang harus dilaksanakan.
12. Menjadi contoh yang baik bagi siswa dalam hal etika, sopan santun dan kedisiplinan.
Hal terakhir yang juga penting, Membantu guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan efektif bagi siswa

Taman kanak-kanak



Jobdesk Asisten Guru TK

Berikut Deskripsi tugas dan kerja seseorang yang pernah menjadi asisten guru di TK sebagai berikut :

1. Membantu guru dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan dan pembelajaran

Asisten guru TK dapat langsung bekerja membantu guru utama seperti mempersiapkan media pembelajaran dan bahan ajar sebagai rencana kegiatan pembelajaran di kelas.

Tujuannya agar guru utama mendapatkan kemudahan dalam mengajar, tanpa harus mempersiapkan dahulu alat dan bahan dengan adanya bantuan dari asisten guru utama.

Tidak hanya itu, asisten guru diharapkan lebih fleksibel dalam menjalankan tugas, dan responsif dalam melaksanakan tanggung jawab serta mempunyai semangat dan inisiatif yang tinggi.

2. Merawat dan mengawasi anak-anak didik

Anak didik harus di rawat dengan didik yang baik dan dengan menghindari tindakan kekerasan. Asisten guru diharapkan dapat menjaga peserta didik dengan lebih ramah dan penuh kasih sayang dalam memberikan pengasuhan.

Anak didik yang sedang bermain di luar kelas harus diawasi agar dapat menghindari dari kasus penculikan dan kejadian yang tidak di inginkan.

Diharapkan asisten guru di TK dapat memberikan pengawasan secara ketat terhadap anak anak yang berada di luar lingkungan sekolah dan saat mengawasi anak anak bermain di lapangan atau tempat asing.

3. Membantu dalam kebersihan dan keamanan lingkungan

Asisten guru juga harus mampu memberikan pengajaran tentang sampah dan memberi contoh penanganan sampah di lingkungan sekolah. Diharapkan anak didik dapat mempunyai inisiatif dalam membuang sampah pada tempatnya.

Asisten guru dapat memberikan edukasi tentang kebersihan lingkungan sekolah.

Tempat bermain anak juga harus ditinjau kembali terkait keamanannya, apakah sudah benar benar aman dari benda tajam dan berbahaya.

4. Berkomunikasi dengan orangtua murid

Tidak hanya pintar dalam mengajar, tapi asisten guru juga harus mempunyai relasi dan hubungan yang baik terhadap orangtua murid.

Guru dapat membantu anak dalam perkembangan di rumah dengan memberikan wawasan kepada orangtua murid, agar lebih memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Perkembangan tidak hanya dipantau di lingkungan sekolah saja tapi di lingkungan rumah juga harus.

5. Membantu dalam mengelola peralatan di kelas

Alat permainan edukatif dan peraga harus dirawat dan di kelola dengan baik agar tetap bagus, kuat dan tahan lama.

Selain itu alat alat ini juga harus terus dijaga, dibersihkan dan dirapikan agar tidak ada yang terbawa oleh murid atau kehilangan benda dan inventaris berharga dari lingkungan sekolah.

6. Membantu mempersiapkan materi belajar dan bahan ajar di kelas

Sebelum mengajar kita terlebih dahulu mempersiapkan rencana pembelajaran harian dan membawa materi serta bahan ajar yang sesuai dengan jadwal dan rencana pembelajaran hari tersebut.

Asisten guru diharapkan dapat membantu membawa, merencanakan, mempersiapkan dan mempunyai bahan belajar untuk pembelajaran bersama guru utama.

7. Membantu anak-anak dalam proses perkembangan

Perkembangan anak di lingkungan sekolah harus selalu diperhatikan, tujuan dari sekolah adalah untuk mengoptimalkan perkembangan jasmani dan rohani anak dengan baik.

Tidak hanya jasmani dan rohaninya, saja tapi juga akhlak dan ilmu yang harus dikuasai anak sebagai bekal menempuh pendidikan sekolah dasar seperti membaca, menulis dan menghitung.

8. Membantu mengelola kelas dan menjaga disiplin siswa

Asisten guru dan guru utama harus mampu menjalin kerja sama dalam mengelola dan mendisiplinkan anak didik dengan baik.

Asisten guru harus membantu guru utama dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan ramah sehingga anak didik dapat menyerap pelajaran dengan lebih baik.

9. Memberikan bantuan kepada siswa yang membutuhkan tambahan perhatian dalam belajar

Tidak setiap siswa dapat menerima pelajaran dengan cepat dan baik, beberapa siswa mungkin kesulitan dalam mengerjakan tugas hariannya.

Asisten guru harus dapat menolong siswa yang kesusahan tersebut dengan ramah, dan memberikan wawasan yang baik bagi anak yang kesulitan, agar dapat mengerjakan tugas dengan sempurna.

10. Mengawasi siswa selama jam istirahat atau aktivitas di luar kelas

Siswa harus selalu diawasi dalam keseharian di dalam dan diluar kelas. Terutama waktu jam istirahat, yang kebanyakan anak didik sering keluar sekolah seperti untuk membeli jajan.

Diharapkan anak anak membawa bekal jajan sendiri dari rumah agar kesehatan dari makanan benar -benar bergizi dan aman.

Anak anak yang sering keluar sekolah dapat berbahaya terhadap tindakan penculikan dan kecelakaan di jalan raya.

Dalam Hal ini harus selalu diutamakan dalam pengawasannya, agar anak benar-benar aman dari tindakan penculikan yang umumnya terjadi saat anak bermain di luar sekolah.

11. Mengikuti arahan dari guru dan kepala sekolah terkait tugas yang harus dilaksanakan

Asisten guru TK harus mematuhi setiap arahan yang masuk, baik dari sesama guru atau dari kepala sekolah.

Arahan kepala sekolah harus selalu dijalankan dengan baik, karena setiap guru harus dapat bertanggung jawab dalam menjalankan tugas pengabdian tersebut kepada yayasan dan kepala sekolah.

12. Menjadi contoh yang baik bagi siswa dalam hal etika, sopan santun dan kedisiplinan

Guru tidak hanya menjadi pemberi ilmu pengetahuan, tapi juga pemberi contoh yang baik bagi anak didik. Asisten guru harus mempunyai etika yang baik di sekolah agar anak didik dapat menghormati para guru-guru yang mengajarkan mereka.

Asisten dan guru harus menerapkan kedisiplinan yang tinggi pada profesi ini, dengan tujuan agar anak dapat mengikuti perilaku yang baik, yang tercermin dari guru – guru kelas.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *