Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

9 Tugas Asisten Dosen yang wajib Diketahui

4 min read

Apa yang dimaksud dengan asisten? asisten adalah orang yang membantu seseorang dalam tugas profesionalnya dengan baik.

Apa itu asisten dosen

Asisten dosen adalah orang yang membantu dosen pada mata kuliah tertentu secara profesional, dan asisten dosen bisa mendapatkan gaji dari profesi tersebut baik secara resmi atau honorer.

Apa itu asdos ? Asisten dosen populer dipanggil dengan sebutan asdos. Dalam bahasa Inggris asisten dosen disebut dengan Assistant Lecturer.

Asisten dosen harus aktif

Asisten dosen harus aktif dalam segala hal, mulai dari aktif membantu dosen sampai Aktif mengajar di kelas. Asisten dosen harus aktif karena jika asdos bersikap pasif dikhawatirkan para mahasiswa akan mudah bosan pada mata kuliah tersebut.

Selain mudah bosan asdos harus aktif agar dosen tersebut senang dengan kerja asdos yang cepat tanggap dan berkontribusi lebih dalam membantu tanpa harus disuruh mengerjakan sesuatu tugas profesionalnya.

Asisten dosen bisa berasal dari sesama dosen atau dosen muda

Asisten dosen tidak hanya dari kalangan mahasiswa semester 2 saja, tapi juga bisa diangkat dari dosen muda yang ingin menjabat sebagai asisten dosen dan mempunyai kualifikasi dan Kompetensi pada jurusan tertentu.

Asisten dosen bisa menggantikan dosen yang berhalangan

Asisten dosen juga dapat menggantikan dosen yang sedang ada kegiatan, seminar, keluar kota atau jadwal lain sehingga harus digantikan dengan asdos.

Asdos juga harus mempersiapkan segala sesuatu yang menunjang pembelajaran dan penilaian di kelas selama menggantikan dosen mengajar.

Asdos harus aktif dalam memfasilitasi setiap pembelajaran di kelas dengan baik agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal dan pelajaran yang diberikan mudah masuk dalam pemahaman mahasiswanya.

Asdos harus dapat menggunakan kalimat yang sederhana agar teori yang diajarkan dapat dimengerti dan dipahami secara baik, selain itu asdos juga harus mengajak mahasiswanya untuk ikut berdiskusi aktif terkait makalah yang dipresentasikan hari ini.

Deskripsi kerja oleh asisten dosen 

Asisten dosen bisa mengerjakan sesuatu hal sederhana dan hal kecil seperti absensi, menulis teori, menjelaskan teori, menjawab pertanyaan mahasiswa, mempersiapkan kelas, menyusun silabus bersama dosen, membantu memberikan penilaian, menentukan perubahan jadwal dan jam kuliah dengan kesepakatan bersama mahasiswa dan memfasilitasi pembelajaran di kelas.

Syarat menjadi asisten dosen

Syarat untuk menjadi asisten dosen diantaranya syarat administrasi, syarat teknis dan syarat akademik.

Syarat administrasi menjadi asisten dosen seperti surat tes, transkip nilai, surat uji kompetensi dan surat seleksi calon asisten dosen dari pihak kampus atau surat dari dosen mata kuliah tersebut yang berisi kesempatan menjadi asisten dosen.

Syarat teknis menjadi asisten dosen seperti melengkapi persyaratan menjadi asisten dosen secara lengkap keseluruhan seperti surat tes kesehatan dan dokumen diri.

Syarat akademik menjadi asisten dosen seperti persyaratan semester. Persyaratan semester calon asisten dosen minimal semester 2, ideal semester 4 dan maksimal semester 7. Serta mempunyai prestasi teladan dan nilai indek kumulatif diatas IPK 3.00 serta predikat indek sangat memuaskan.

Apakah asisten dosen bisa jadi dosen pendamping ? Asisten dosen dapat mendampingi dosen mata kuliah di kantor dan di kelas serta dapat membantu perkerjaan profesi dosen seperti membuat soal ujian, membantu memberi penilaian harian dan menyusun silabus.

Asisten dosen mengajar

Tugas asisten dosen

Daftar tugas asisten dosen diuraikan berikut ini:

1. Membantu dosen dalam tugas profesionalnya.

2. Membantu membuat soal, mengoreksi jawaban dan membantu memasukkan data nilai ke sistem penilaian terpadu.

3. Membantu dosen dalam kegiatan administrasi atau berhubungan dengan penelitian.

4. Membantu pendampingan mahasiswa penelitian.

5. Menggantikan tugas dosen di kelas atau mengajar di kelas jika dosen berhalangan hadir.

6. Mendampingi dosen dan mempersiapkan kelas sebelum dosen masuk.

7. Berinteraksi, membuat kesepakatan dan berkomunikasi dengan mahasiswa pada mata kuliah yang diajar.

8. Mengabsensi mahasiswa yang hadir dan menanyakan mahasiswa yang tidak hadir di kelas.

9. Membantu menyusun dan membuat Silabus bersama dengan dosen terkait.

Cara menjadi asisten dosen

Cara menjadi asisten dosen dengan mengikuti lowongan, tes seleksi, uji kompetensi dan wawancara menjadi calon asisten dosen. Biasanya proses pemilihan asisten dosen membutuhkan waktu yang lama karena memang dalam prosesnya tidak bisa dibuat cepat, asdos harus dipilih secara bijak dan mempertimbangkan berbagai penilaian dalam proses seleksinya.

Setidaknya asisten dosen minimal harus melalui proses seleksi uji kompetensi dan wawancara itu menjadi cara cepat untuk menjadi asdos. Tidak jarang mahasiswa yang menjadi asdos rata rata orang pintar di kelas dan mahasiswa teladan serta tidak banyak berperilaku menyimpang.

Fungsi asisten dosen

Fungsi asisten dosen sebagai orang yang membantu dosen dalam tugas profesional dan mendampingi dosen dalam menyelesaikan tugas umumnya.

Mengapa harus jadi asisten dosen? Anda harus menjadi asdos karena memang jabatan ini sangat prestisius dapat menjadi pengalaman yang baik bagi isi CV anda nantinya, selain itu menjadi asdos juga mendapatkan gaji yang dapat dibilang lumayan untuk menambah uang pembayaran UKT dan uang jajan anda.

Apa itu asisten dosen laboratorium

Asisten dosen laboratorium adalah seorang mahasiswa atau dosen muda yang bekerja membantu dosen di ruang laboratorium tertentu dan membantu mahasiswa dalam kegiatan praktikum seperti lab komputer, lab mini bank, lab kimia dan lab bahasa.

Apakah pengalaman menjadi asisten dosen bisa di tambahkan ke dalam CV? Kabar baiknya jabatan asisten dosen dapat ditambahkan ke dalam riwayat pekerjaan dan jabatan yang pernah dilalui oleh mahasiswa. Jabatan asdos dapat ditambahkan ke CV agar anda mempunyai pengalaman yang baik dan memperoleh kesempatan untuk bekerja pada profesi tertentu yang anda sukai.

Apakah asisten dosen lebih unggul daripada teman-teman seangkatannya? Ternyata menjadi asdos itu sangat keren lho, bila anda menjadi asisten dosen beberapa mahasiswa mungkin akan minder dengan jabatan anda saat ini. Selain itu jabatan ini erat kaitan dengan mahasiswa yang cerdas, teladan dan pintar. Dosen mata kuliah lain dan mahasiswa lain mungkin juga akan memberikan pujian kepada anda atas jabatan yang anda jabat sekarang ini.

Gaji asisten dosen

Diketahui gaji asisten dosen tidak kecil dan bisa dibilang gaji yang lumayan bagus untuk jabatan ini. Rentang gaji asisten dosen baik itu asdos umum dan asdos praktikum antara 800.000 sampai tertinggi 2.000.000 per bulan. Bagaimana gaji asdos menjanjikan, bukan ? bisa untuk menambah uang jajan sampai untuk menambah uang membayar UKT anda juga, hal ini dapat membuat anda tertarik untuk menjadi asdos yakan !

Apa perbedaan asisten dosen honorer dengan asdos resmi ? asisten dosen ada dua sisi dalam pengangkatannya yaitu asdos honorer dan asdos resmi. Asisten dosen honorer adalah adalah seseorang asisten dosen yang diangkat dan digaji oleh dosen mata kuliah tertentu untuk membantu dalam kegiatan profesional seperti asisten dosen praktikum. Sedangkan asisten dosen resmi adalah seorang asdos yang diangkat oleh fakultas dengan mengikuti tes seleksi yang ketat dan digaji oleh fakultas untuk menjadi asdos untuk dosen mata kuliah tertentu. tentunya gaji asdos honorer dengan asdos resmi lebih menjanjikan yang asdos resmi karena dalam proses seleksi yang ketat sehingga diperoleh asdos yang berkompeten dan unggul.

Keuntungan jadi asisten dosen

Keuntungan menjadi asdos adalah

1. Mendapatkan gaji yang bagus.

2. Mendapatkan pujian dari mahasiswa, dosen dan orangtua.

3. Mendapatkan teman dan terkenal diantara mahasiswa biasa pada umumnya.

4. Mendapatkan pengalaman yang bagus untuk mengisi CV.

Mengapa dosen sering mencari asisten dosen

Salah satu alasan dosen suka mencari asdos dari kalangan mahasiswa karena pekerjaan dosen sangat banyak dan dosen terkait selalu kelelahan dalam menjalani kehidupan menjadi dosen tersebut.

Maka dosen sering mengangkat asdos dari tingkat mahasiswa antara semester 2 sampai semester 4 untuk menjadi kandidat asdos yang tugasnya mengabdikan diri dan membantu seperti tugas asdos yang sudah saya jelaskan diatas.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

12 Pertanyaan Interview bagi Asisten Dosen

Sebelum menjadi asisten dosen, mahasiswa calon asisten dosen harus di tes kompetensi dasar, caranya dengan memberikan beberapa pertanyaan melalui wawancara untuk di seleksi, agar...
Giofanny Sabekti Giofanny Sabekti
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *