10 Jobdesk Asisten Manajer Restoran Modern

Asisten manajer restoran atau Assistant Restaurant Manager adalah seseorang yang diangkat oleh owner untuk menjadi pembantu dan wakil bagi manajer di restoran.
Tanggung jawab dan tugas asisten manajer restoran hampir sama dengan manajer restoran tetapi kedudukan asisten manajer masih dikatakan junior.
Perekrutan asisten manajer restoran setidaknya seseorang yang cakap ilmu manajemen dengan kriteria lulusan D3 dan S1 Jurusan manajemen, tentu harus melalui proses interview agar bisa mendapatkan kandidat asisten manajer yang sesuai dan dapat bekerja secara profesional.
Kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh asisten manajer saat bekerja di restoran adalah softskill. Softskill berguna karena akan bermanfaat saat sudah mendapatkan kerja dan selama menjalani pekerjaan tersebut.
Contoh softskill yang berguna di dunia kerja seperti
1. Menguasai komputer dan Microsoft office
2. Mempunyai pengetahuan tentang digital marketing
3. Mempunyai kemampuan untuk mendesain
4. Menguasai Ilmu leadership dan tanggungjawab
5. Seseorang yang aktif berorganisasi dan Optimis.

10 Tugas Asisten Manajer Restoran dan Cafe

Deskripsi pekerjaan dari seseorang yang menjabat asisten manajer restoran sebagai berikut :

1. Mengurus tim digital Marketing untuk pemasaran modern

Restoran modern menawarkan tempat yang bagus, makanan yang mengikuti perkembangan tren dan pelayanan yang cepat + ramah.
Digital marketing penting menjadi alat untuk mengenalkan dan mengundang perhatian pemirsa untuk datang ke restoran modern tersebut.
Pemasaran yang tepat, akan berdampak secara bertahap menaikan nilai restoran modern dan terkenal. Dikatakan restoran modern karena ada keistimewaan pada tempat, produk, pemasaran dan pelayanan.
Asisten manajer di restoran perlu untuk memimpin dan mengarahkan tim digital marketing untuk melakukan pemasaran yang benar terhadap produk, tempat dan keunggulan restoran.

2. Membantu Mendesain restoran dengan tema yang bagus

Restoran yang bertema akan berkesan modern bagi pelanggan baru, restoran yang sudah dipertimbangkan desain seperti nama, warna restoran, arsitektur bangunan dan tata letak meja kursi akan memberikan kesan pertama yang luar biasa keren.
Sebagai asisten manajer restoran bisa memberikan saran untuk merenovasi restoran dan memberikan inovasi pada restoran modern.
Berikan sentuhan seni seperti foto dan gambar pada dinding agar memberikan perasaan tertarik. Pemilihan warna dinding perlu dipertimbangkan dan disesuaikan dengan tema yang di inginkan. Berikan logo atau nama restoran bentuk timbul yang cukup besar di luar gedung agar memberikan kesan baru pada restoran tersebut.
Untuk meja dan kursi juga dipilih dengan baik, pesan kursi dan meja yang modern dengan bentuk yang estetik. Meja dan kursi biasa, tidak akan memberikan kesan modern pada restoran yang kekinian terutama bagi anak muda.

3. Membantu menyelesaikan tugas Administrasi seorang asisten manajer

Di kantor tugas asisten tidak hanya hadir dan selalu ada saat dibutuhkan, tapi juga ada tugas administrasi yang harus diselesaikan. Sebagai asisten manajer, anda bisa membantu manajer menyelesaikan tugas - tugas dengan sempurna agar bisa menjalankan tugas lain yang juga penting untuk diurus.

4. Berada di kantor mengawasi kinerja karyawan dan menjadi konsultan masalah karyawan

Karyawan harus diawasi dan diperhatikan cara bekerjanya agar tidak main-main dalam bekerja. Asisten manajer dapat memberikan masukan dan motivasi bagi seluruh karyawan agar dapat bekerja dengan sepenuh hati.
Terkadang di restoran terdapat masalah pada keluhan pelanggan dan keluhan karyawan. Asisten manajer dapat mengurus dan memberikan izin untuk karyawan yang memiliki urusan yang harus diselesaikan.
Asisten manajer dapat mengatur shift kerja para karyawan di restoran agar bisa bekerja sesuai dengan jadwal dan melaksanakan tanggung jawab mereka sebagai pelayan.

5. Ikut Berkontribusi dalam mengembangkan inovasi makanan baru

Restoran yang baru dan lama bisa saja membuat dan menambahkan inovasi makanan baru yang merupakan hasil penelitian dari berbagai pihak yang ikut dalam mempersiapkan urusan inovasi makanan.
Sebagai asisten manajer anda bisa membantu mengatur dan memberikan saran desain penyajian makanan yang merupakan inovasi baru seperti rasa, warna, tekstur, bau, bentuk dan warna piring.
Makanan inovasi restoran

6. Menjadi Pembicara handal saat liputan terkait usaha restoran

Terkadang ada pengunjung yang datang ke restoran untuk liputan yang menanyakan terkait keberhasilan dan kesuksesan restoran dalam melayani pelanggan.
Pertanyaan bisa terkait dengan suka suka dari menjalankan restoran di lokasi tersebut hingga bagaimana tips sukses membuka bisnis restoran yang modern, mengusung makanan yang inovatif dan kekinian.
Tidak hanya diam, asisten manajer harus mampu dan cakap dalam menjawab seluruh pertanyaan dengan jawaban yang inspiratif. Secara umum asisten manajer harus mampu berkomunikasi kepada publik dengan baik dan menyakinkan terutama saat mempromosikan restoran dan inovasi makanan.

7. Aktif bergerak dan berbicara menjadi leader bagi semua karyawan

Di restoran, asisten manajer harus mampu menjadi pemimpin yang tegas dan menyayangi karyawan dengan baik. Tidak hanya memberikan contoh yang dapat menjadi panutan, tapi juga harus mampu memberikan semangat dan motivasi agar seluruh karyawan mendapatkan inspirasi Semangat dengan etos kerja yang bagus.
Sebagai pemimpin yang baik.
Anda harus dapat bekerja secara tim dengan karyawan dan seluruh pelayan agar tercipta rasa ketergantungan untuk saling percaya terhadap masalah akan dapat diselesaikan dengan kerja tim.

8. Membantu membuat laporan keuangan pengeluaran dan pemasukan restoran

Tugas administrasi asisten manajer dan manajer harus di pertanggungjawabkan kepada owner. Sebagai asisten manajer, wajib memberikan laporan keuangan dan laporan terkait masalah yang ada di restoran.
Diharapkan dengan memberikan laporan tersebut, owner akan mendapatkan informasi dan bertukar informasi untuk saling mempercayai antara bos dan karyawan.
Owner bisa saja memberikan bonus untuk setiap karyawan dan manajer atas kerja mereka yang bagus, biasanya dengan memberikan bonus gaji dan tunjangan bagi setiap karyawan yang berdedikasi kerja yang tinggi.

9. Mengurus Perizinan usaha dan Sanitasi Restoran

Manajer dan asisten manajer bertanggung jawab untuk mengurus perizinan usaha kepada instansi terkait terutama pemerintah daerah. Izin usaha restoran harus diurus, sebagai upaya pengendalian masalah terhadap izin operasional restoran di daerah tersebut. Biasanya perizinan bisa terkait pajak usaha dan bisnis.
Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah sanitasi restoran, sanitasi terkait dengan kebersihan tempat dan bagaimana cara memproduksi makanan serta alat alat kebersihan pendukung.
Restoran harus lolos inspeksi sanitasi, agar dapat mendapatkan kepercayaan dan boleh beroperasi melayani pelanggan untuk waktu yang lama, terutama untuk restoran besar dan modern.

10. Memastikan restoran beroperasi penuh dan karyawan bekerja secara baik

Untuk mendapatkan pendapatan yang besar, setidaknya restoran harus dapat beroperasi minimal 6 jam per hari. Manajer dan asisten manajer harus bertanggung jawab untuk selalu mengelola bisnis restoran dengan baik dan memberikan laporan terhadap owner terkait apapun yang berpengaruh terhadap bisnis yang dijalani.
Restoran modern cenderung tidak pernah tutup dan terus beroperasi dari pagi hingga sore. Mengatur karyawan juga perlu agar tidak berpengaruh buruk terhadap pelayanan. Asisten manajer bisa bertanggung jawab dalam membuka rekrutmen lowongan baru terkait pelayan dan interview, hal ini untuk menambah pelayan dan mengimbangi antara pelayan dengan besar kunjungan pelanggan per harinya.
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar