10 Tugas Asisten Fotografer dan Keuntungannya - Asistensaya

September 23, 2023

10 Tugas Asisten Fotografer dan Keuntungannya

Asisten fotografer adalah seseorang pembantu fotografer dalam membuat dan perancang desain background foto agar menarik. Tugas lainnya seperti memotret klien agar menghasilkan foto yang estetik dan bagus dengan sentuhan seni fotografi yang profesional.

Asisten fotografer dapat dikatakan sebagai seorang freelance (pekerja lepas), yang dikerjakan dan dibayar untuk membantu fotografer dalam merancang desain foto yang menarik.

Anda dapat menjadi seorang asisten fotografer untuk belajar tentang dunia fotografi secara profesional di dunia kerja.

Diharapkan dengan pengalaman tersebut, anda dapat berpeluang untuk dapat membuka potensi usaha fotografi sendiri, untuk beberapa produk yang ingin difotokan dengan menggunakan layanan foto anda. Sangat menjanjikan dan menyenangkan, bukan ?

Menjadi asisten fotografer tidak mudah, terdapat banyak tugas. Tugasnya tidak main-main kadang sangat melelahkan.

Anda dapat mengetahui tugas asisten fotografer dengan membaca beberapa jobdesk asisten Fotografer selama bekerja dibawah ini

Jobdesk Asisten Fotografer

1. Membawakan kamera, lensa, tripod dan background foto

Anda dapat membawakan peralatan yang digunakan selama sesi pemotretan, misalnya seperti kamera, lensa dan hiasan pemercantik foto.
Umumnya asisten fotografer setidaknya melakukan tugas ini karena tuntutan kerja sehingga anda harus mempunyai inisiatif yang tinggi terhadap pekerjaan tersebut.

2. Menangani latar belakang sesuai dengan tema dan petunjuk fotografer

Dalam seni pemotretan, terdapat latar belakang yang biasa disebut sebagai background foto. Agar foto tampak bertema dan hasil foto yang bagus.

Ada seseorang yang bertugas menyusun dan merangkai dekorasi dan menata benda-benda hiasan. Bila asisten tidak sibuk, tugas ini menjadi bagian dari jobdesk pekerjaan yang tidak boleh anda dilewatkan.

3. Mengurus Izin dan Mensurvei lokasi serta tempat yang dapat digunakan dalam sesi pemotretan

Di spot foto yang sudah dipilih dan ditentukan antara fotografer dan klien, asisten fotografer harus juga mengurus perizinan dan menyewa lokasi tempat untuk menjadi bagian dari spot foto yang keren.
Anda dapat mensurvei lokasi dan mendatangi tempat yang disarankan klien yang digunakan dalam bagian dari foto. Sarankan klien untuk memilih lokasi foto yang aman dan mempunyai seni. Biasanya seperti tempat wisata lokal dan taman bunga.
Agar bertema asisten fotografer juga harus membawakan dan menata dekorasi hiasan foto seperti deskripsi tugas kedua dalam jobdesk ini (mengatur dekorasi dan background foto).

4. Membantu memotret dengan tambahan 1 kamera pendukung

Fotografer juga tidak hanya sendiri tapi juga dibantu dengan beberapa fotografer tambahan yang juga membantu dalam sesi fotografi. Umumnya sesi foto jenis prewedding outdoor menggunakan Fotografer tambahan.
Anda dapat membantu fotografer dengan menjadi fotografer kedua, tujuannya agar foto mendapatkan beberapa momen yang bagus dan estetik.
Jasa fotografer

5. Membersihkan kamera dan peralatan yang digunakan dalam sesi fotografi

Setelah sesi foto-foto selesai, biasanya tugas anda lainnya yaitu membersihkan dan memasukkan kembali kamera dan peralatan kembali ke tas dan membawa untuk dimasukkan kedalam mobil untuk dibawa pulang.
Membersihkan kamera dan beberapa alat yang penting bisa dilakukan setelah pulang bekerja, tujuannya agar kamera terawat dan peralatan dapat digunakan kembali dengan baik untuk sesi foto lainnya.

6. Memeriksa dan Memastikan semua kamera berfungsi dengan baik sebelum berangkat

Agar tidak ada kendala saat sesi pemotretan, beberapa kamera perlu di cek dan di tes terlebih dahulu sebelum digunakan.
Pemeriksaan ini dilakukan sebelum berangkat dan saat persiapan agar operasional selama kerja dapat berjalan dengan lancar dan tidak mendapatkan masalah teknis.
Sehingga semua masalah terkait pekerjaan dapat teratasi dan dicegah sebelum masalah terjadi.

7. Membantu Mengatur janji dan kesepakatan dengan klien

Agar mendapatkan keselarasan antara fotografer dan klien, anda juga bisa membantu dalam kegiatan administrasi seperti mengatur janji dan kesepakatan dengan klien, Anda bisa menggunakan aplikasi perpesanan populer seperti WhatsApp untuk dapat berkomunikasi dengan klien.
Kesempatan seperti mengatur tanggal, tempat dan tema bisa anda sepakatkan dengan klien. Agar semua kegiatan terencana anda bisa membuat jadwal sesi foto agar semua bagian terancana dan bagus untuk profesionalitas.

8. Mengatur Model dan mengarahkan dengan posisi yang bagus serta menata aksesori

Selama sesi foto agar hasil foto memuaskan, model harus diatur khusus dalam gaya dan kerapian pakaian serta aksesoris yang digunakan.
Asisten fotografer dapat mengatur model dengan beberapa gaya yang bagus dan menata aksesoris yang dikenakan model agar tampak sempurna dan bertema.

9. Memindahkan file gambar dan membuat cadangan di cloud

Setelah sesi foto selesai, semua foto perlu dipindahkan terlebih dahulu dari kamera ke komputer untuk selanjutnya di edit dan diberikan efek yang bagus.
Hal lain yang tidak boleh dilupakan seperti melakukan pencadangan file foto agar jika terjadi kehilangan file foto, anda bisa mengunduh kembali file yang sebelumnya sudah di cadangan di penyimpanan cloud.

10. Membantu dalam proses pengeditan dengan Photoshop dan memberikan sentuhan efek pada gambar

Pengeditan foto diperlukan agar mendapatkan hasil foto yang dapat memuaskan klien. Beberapa hasil foto perlu di berikan efek yang cantik.
Sebagai asisten, anda dapat membantu menyelesaikan proses pengeditan foto, agar cepat selesai pada waktu yang sudah disepakati bersama klien.

Keuntungan menjadi Asisten Fotografer

1. Dapat Gaji yang Tinggi

Selama bekerja asisten fotografer dapat kewalahan saat bekerja, semua hal yang dikerjakan dapat menyenangkan bila setiap pekerjaan yang dilakukan mendapatkan pendapatan.

Diketahui biaya fotografi disetiap layanan foto mempunyai anggaran yang besar. Hal ini dapat dikatakan bahwa bisnis foto sangat menjanjikan, karena klien sanggup mengeluarkan anggaran yang besar agar hasil foto menjadi sangat bagus. Khususnya untuk foto prewedding outdoor.

2. Peluang Karier Ke Depan

Jasa foto prewedding tidak pernah lekang oleh waktu. Hampir setiap bulan pernikahan jasa prewedding mendapatkan banyak permintaan jasa foto.

Dari pekerjaan ini anda bisa mempunyai potensi yang besar untuk sukses di karier ini di beberapa tahun ke depan. Hanya bermodalkan kamera saja anda bisa memulai bisnis kecil ini.

3. Menambah Pengalaman Kerja

Saat anda menjalani pekerjaan menjadi asisten fotografer selama beberapa tahun, anda mendapatkan pengalaman yang banyak. Dengan pengalaman dan pengetahuan dari pekerjaan tersebut, anda dapat dengan percaya diri menjalankan usaha foto milik anda sendiri.

4. Mendapatkan kontak Klien dan mudah dikenal

Usaha tidak pernah mengkhianati hasil, dari permintaan jasa foto yang sudah berakhir dengan baik, anda dapat memiliki peluang untuk sukses dari jasa foto. 

Seseorang bisa menawarkan layanan anda kepada teman klien yang juga membutuhkan jasa foto. Dengan jaringan kontak Klien, anda dapat berpeluang dikenal sebagai jasa foto yang profesional dan sudah menghasilkan foto-foto yang bagus dan bertema.

Kompetensi menjadi Asisten Fotografer.

Setidaknya seseorang yang bekerja menjadi asisten fotografer mempunyai tidaknya 2 kemampuan dan kualifikasi kompetensi dibawah ini.

1. Mau belajar

Menjadi asisten fotografer pemula harus mau belajar lagi khusus soal seni pemotretan profesional.
Setidaknya sebagai pemula, anda memerlukan mentor yang sudah berpengalaman dalam dunia kerja jasa foto.

Dengan magang saja, anda bisa mendapatkan pengalaman yang bagus dengan belajar dari mentor yang sudah berpengalaman di bidang jasa tersebut.
Dengan pengamatan dan praktik anda bisa mempunyai kemampuan dalam menggunakan kamera untuk menghasilkan foto yang dapat estetik.

2. Semangat kerja

Sebagai pemula anda harus mempunyai jiwa semangat saat bekerja, anda memerlukan jiwa semangat untuk mau belajar dan praktik langsung saat magang.
Agar mendapatkan pengalaman yang berguna, anda harus bersungguh-sungguh dalam bekerja dan totalitas dalam belajar.

3. Tekun dan Jujur

Tekun berkaitan dengan konsisten, bila anda tekun dalam bekerja, akan berpengaruh terhadap hasilnya nanti. Usahakan diri untuk tetap konsisten dan pantang menyerah walaupun dihadapkan dengan masalah yang sulit sekalipun.

Agar memperoleh ingatan yang baik pada klien, anda juga harus jujur, seperti saat akan menetapkan harga dan kesepakatan, ajak klien untuk memberikan penilaian yang jujur terhadap layanan jasa foto anda, tujuannya untuk memperoleh pelajaran dari evaluasi penilaian dari layanan yang sudah anda berikan kepada klien.

4. Cekatan dan Ramah

Dalam bekerja kecepatan diperlukan, terutama saat mendesain dan menata dekorasi latar belakang. Anda harus cekatan dalam menghias latar foto yang bagus, utamakan setiap hiasan mempunyai tema yang bagus.

Kecekatan juga diperlukan dalam memotret, hal ini berpengaruh dengan momentum, jangan sampai anda melewatkan momen yang bagus untuk hasil foto.

5. Berkomitmen dan berdedikasi

Agar fotografer mendapatkan kepercayaan dari klien, anda dapat bekerja secara totalitas seperti mendedikasikan diri untuk profesional bekerja sebagai tukang foto.
Dengan berkomitmen, anda dapat mendapatkan kepercayaan dari klien.

Selain itu, anda dapat berpengaruh terhadap hasil foto. Foto dari seseorang yang berkomitmen dalam bekerja akan menghasilkan foto yang estetik dan bagus.

6. Suka Komunikasi

Anda harus aktif dan menghindari dari sikap pendiam, upayakan diri untuk bertanya dan berkomunikasi dengan mentor. Agar mendapatkan relasi dengan klien anda juga dapat menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan klien.

Klien sangat yakin dan percaya akan profesionalitas seseorang yang sering aktif saat komunikasi. Selain itu keramahan juga penting agar klien tidak merasa tertekan saat berkomunikasi dengan anda.

Share with your friends

Featured

[Anak-tk][recentbylabel]