LKA gratis

8 Tugas Asisten Rumah Tangga Pemula

Sebagai seorang asisten rumah tangga, anda mempunyai tanggung jawab atas pekerjaan tersebut. Tentu, anda akan mendapatkan gaji dari pekerjaan yang dikerjakan dengan baik.

Tanggung jawab seorang asisten rumah tangga (ART) tidak berat, hanya saja membutuhkan komitmen untuk mau rajin bekerja keras.

Jika anda baru menekuni dunia ART, anda akan menemui barang-barang yang perlu dibereskan. Tugas-tugasnya sangat sederhana dan membutuhkan keterampilan misalnya memasak.

Hampir kebanyakan, lowongan asisten rumah tangga mengharuskan pekerja untuk menginap. Tapi ada juga yang memperbolehkan pembantu untuk pulang pergi jika jarak antara rumah dengan tempat kerja dekat.

Deskripsi lowongan kerja biasanya mencantumkan beberapa tugas yang harus dikerjakan. Biasanya disertai dengan ketentuan dan gaji yang sudah ditetapkan.

Anda dapat mendapatkan informasi lowongan kerja ART di Instagram contohnya Seperti Akun berbagi informasi lowongan kerja cepat di Ponorogo dengan username @Info_lowker_ponorogo.

Kualifikasi ART biasanya seorang ibu rumah tangga yang sudah memiliki anak diatas usia 18 tahun. Sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai tugas rumah tangga. Usia ideal ART antara 25-35 tahun, biasa digaji antara 1.200.000 - 2.000.000 rupiah tergantung tempat kerja.

Jika anda seorang asisten rumah tangga pemula, anda dapat membaca beberapa tugas ART dibawah ini.

Secara keseluruhan tugas asisten rumah tangga tidak banyak, anda bisa memerhatikan pekerjaan kecil yang tidak bisa ditampilkan disini.
Asisten rumah tangga profesional


8 Jobdesk Asisten Rumah Tangga Pemula

Deskripsi pekerjaan asisten rumah tangga pemula sebagai berikut:

1. Bangun Pagi belanja dan Memasak

Awali pagi hari dengan aktivitas wajib untuk pemenuhan nutrisi dan gizi seluruh penghuni rumah. Asisten rumah tangga diwajibkan dan mempunyai keterampilan penting seperti memasak.

Masakan bisa digunakan untuk sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Banyak ibu rumah tangga yang mengharuskan ART mempunyai keterampilan untuk memasak di deskripsi lowongan kerjanya.

Sebagai ART pemula, anda harus membekali diri dengan keterampilan ini. Anda bisa belajar dengan ibu di rumah dan mengikuti pelatihan memasak secara mandiri.
Anda harus menguasai beberapa resep masakan yang beragam dan penyajian makanan yang inovasi, agar menu makanan yang disajikan tidak itu-itu saja (bosan). Tugas pagi menyiapkan sarapan untuk tuan rumah dan anak-anak. Kemudian dilanjutkan dengan daftar tugas lainnya.

2. Mencuci Pakaian

Tugas pagi yang harus dikerjakan antara lainnya seperti mencuci pakaian, bisa dikerjakan dengan menggunakan mesin cuci jika tersedia. Tugas ini umumnya wajib dilakukan oleh asisten rumah tangga pemula, mencuci pakaian membutuhkan waktu yang lama terutama jika jumlah pakaian banyak.

Jika dirumah kamu sudah terbiasa mencuci pakaian sendiri, ini dapat menjadi pengalaman bagi anda dalam mengerjakan tugas mencuci pakaian dengan baik. Mencuci membutuhkan tenaga untuk mengucek-ucek baju hingga bersih, lalu kemudian dijemur hingga kering.

3. Menyetrika baju dan mencuci piring

Setelah mengerjakan tugas mencuci baju dan tugas beres-beres lainnya, anda masih harus mengurus pakaian yang sudah dijemur untuk diangkat dan selanjutnya di sentrika dengan baik. Baju dilipat dengan rapi kemudian ditumpuk. Tumpukan juga harus dibedakan dan di masukan ke dalam lemari baju.

4. Membersihkan dan menyapu lantai

Mengepel lantai bisa dilakukan di pagi hari, jika tidak sempat bisa dikerjakan sore setelah selesai mengerjakan tugas di pagi hari. Kegiatan mengepel di perlukan untuk membersihkan kotoran yang sulit disapu dan menghilangkan debu pada lantai. Jika tidak di pel, biasanya lantai hanya perlu di sapu.

5. Menyirami tanaman dan sapu halaman 

Hampir di setiap rumah yang bagus mempunyai tanaman penghias, fungsinya untuk mempercantik tampilan rumah. 

Selain itu sebagai penyegar udara rumah, tanaman hias biasa di taruh di dalam rumah bila ukuran tanaman kecil, bila besar tanaman di taruh di luar rumah khusus ditempatkan di depan rumah. Tanaman tersebut perlu di siram setiap hari agar terawat dan tumbuh dengan baik.
Halaman rumah juga perlu dibersihkan dan rumput yang panjang perlu di potong menggunakan mesin pemotong, tugas ini sering ditugaskan ke tukang kebun, tapi untuk rumah kecil ART juga memiliki tugas untuk mencabuti rumput.

6. Beres-beres Barang-barang

Barang-barang juga perlu dibereskan, biasanya anda akan mengurusi barang mana yang perlu di buang dan barang tertentu yang perlu di simpan.
Mainan anak yang berantakan juga harus dibereskan ke tempat wadah mainan agar dapat digunakan kembali. Ada barang yang berlu diangkat dan dipindahkan.

7. Momong Anak-anak

Bila ada, Pada pagi hari biasanya ART perlu menyiapkan sarapan untuk anak - anak. Bila terdapat bayi, anak perlu di suapi.

Terkadang sore hari, anak perlu di mandikan dan makan sore, agar malam bisa main dan tidur.

Tugasnya berlanjut seperti menemani bermain dan menjaga anak-anak selama di rumah. Bila terdapat waktu longgar bisa meneruskan melakukan pekerjaan lainnya.

8. Mengurus Lansia

Jika di rumah terdapat lansia, biasanya tuan rumah akan menugaskan anda untuk membantu merawat dan menolong lansia selama dirumah.

Lansia perlu dibantu jika ada keperluan lain perlu maka harus di tolong. Seperti menyiapkan makanan dan minuman, memindahkan lansia ke kamar. 

Itulah 8 tugas asisten rumah tangga pemula atas pekerjaan dan tugas-tugas yang perlu di lakukan selama tinggal di rumah majikan. Tugas-tugas tersebut merupakan tugas sehari-hari yang sama seperti ibu rumah tangga. Selain itu, anda juga akan mendapatkan berbagai fasilitas selama bekerja dirumah majikan. Contohnya seperti WiFi, kamar tidur dan uang pegangan selama bekerja.
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar