Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

Soal Interview Asisten Apoteker di RS & Apotek

2 min read

Wawancara adalah salah satu bagian dari proses rekrutmen yang penting, tidak boleh diabaikan dalam mencari tenaga kerja profesional.
Untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan dapat dilakukan dengan interview.
Interview bertujuan untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan lulusan yang di inginkan dan dapat mematuhi kebijakan di lokasi kerja.
Bagi penerimaan pegawai, mungkin kesulitan dalam memikirkan seperti apa pertanyaan yang perlu ditanyakan saat interview kepada asisten apoteker.
Kendala tersebut dapat diatasi, berikut 10 soal-soal interview yang penting untuk mendapatkan asisten apoteker yang dibutuhkan.

10 Soal untuk Interview terkait Asisten Apoteker

Pertanyaan-pertanyaan wawancara berikut dapat anda tanyakan kepada setiap calon asisten apoteker yang datang melamar kerja.

1. Apakah pendidikan terakhir anda ?

Penting untuk mengetahui apa pendidikan terakhir bagi setiap calon asisten apoteker. Pastikan jawabannya sesuai dengan kualifikasi asisten apoteker yang berkompeten.
Setidaknya asisten apoteker harus lulusan D3 Farmasi dan lebih baik lagi kalau S1 Farmasi. Tapi ada juga asisten apoteker yang dari lulusan SMK Farmasi atau SMF.

2. Apakah anda dapat bekerja dalam tim atau individu?

Mampu bekerja secara tim merupakan tuntutan bagi setiap rumah sakit dan apotek, rata rata asisten apoteker bisa bekerja secara tim atau bahkan secara individu.
Asisten apoteker yang dapat bekerja secara tim dan individu akan mendapatkan salah satu dari persetujuan menjadi karyawan di rumah sakit dan apotek tersebut.

3. Apakah anda seorang yang jujur, bertanggung jawab dan pekerja keras ?

Asisten apoteker harus dapat bekerja secara jujur kepada owner, sesama karyawan dan kepada pembeli. Karena kejujuran itu sangat penting bagi pekerjaan ini.
Selain itu, asisten apoteker harus mau bertanggung jawab dan mempunyai semangat pekerja keras karena itu dibutuhkan di RS & apotek.

4. Apakah anda dapat mematuhi setiap kebijakan di sini ?

Setiap tempat kerja mempunyai kebijakan yang harus dipatuhi oleh semua karyawan. Baik itu asisten apoteker, anda harus mau melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai asisten apoteker.
Bagi setiap pelanggaran terhadap kebijakan di tempat kerja akan mendapatkan teguran keras hingga pemecatan karyawan.

5. Apakah anda mampu mengoperasikan komputer ?

Di tahun 2023, karena tuntutan zaman sekarang mengharuskan setiap jabatan asisten apoteker harus memiliki kemampuan dalam menggunakan komputer dan Ms. Office.
Karena asisten apoteker juga harus memasukkan data penjualan obat ke dalam aplikasi pada komputer.
Pencatatan dan memasukkan data penjualan melalui komputer ini akan membantu dalam perkembangan apotek dan rumah sakit kedepannya.

Wawancara

6. Apakah anda seorang yang rajin beribadah ?

Beberapa rumah sakit dan apotek mengharuskan asisten apoteker dapat bekerja secara semangat dan harus mengutamakan ibadah, baik itu di lingkungan kerja sekalipun. Biasanya apotek dan rumah sakit ini terikat dan menjalin hubungan dengan organisasi keagamaan di indonesia.

7. Apakah anda memiliki STRTTK Aktif ?

Pastikan setiap Asisten Apoteker mempunyai STRTTK yang aktif karena setiap tenaga kefarmasian harus mempunyai ini sebagai bukti akan kompetensi yang dimiliki setiap asisten apoteker.
Selain itu STRTTK dibutuhkan dalam proses pencarian kerja, karena setiap apotek dan rumah sakit mengharuskan setiap calon asisten apoteker memiliki surat ini, sebagai salah satu persyaratan lowongan kerja.

8. Apakah anda sudah mempunyai pengalaman atau fresh graduate ?

Pengalaman sangat dibutuhkan bagi setiap tempat kerja tidak terkecuali di apotek dan rumah sakit. 
Karyawan yang sudah berpengalaman menjadi asisten apoteker sebelumnya, akan lebih diutamakan diterima di tempat kerja yang baru.
Karena asisten apoteker yang berpengalaman lebih cakap dan cekatan dalam melayani pembelian obat.
Selain itu ada juga apotek dan rumah sakit yang menyambut baik, Asisten apoteker yang baru lulus dari jurusannya seperti D3 farmasi dan S1 Farmasi.

9. Apakah anda mau bekerja secara shift ?

Sistem kerja di apotek dan rumah sakit mengharuskan setiap tenaga Asisten Apoteker bekerja secara tim dan terbagi dalam beberapa waktu atau juga disebut dengan shift.
Beberapa tenaga kefarmasian dan asisten apoteker yang bekerja terbagi menjadi dua paruh waktu, seperti shift pagi dan shift malam.
Kebijakan ini harus dipatuhi oleh setiap tenaga kefarmasian dan asisten apoteker karena bila tidak dipatuhi akan mendapatkan teguran dan bisa dipecat dari pekerjaan.

10. Apakah anda dapat bekerja standby ?

Beberapa apotek mengharuskan asisten apoteker bekerja secara standby, asisten apoteker harus menjadi seseorang yang tersedia dan selalu ada untuk bekerja melayani pembelian obat.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Gaji Asisten Apoteker [SMK, D3 dan S1 Farmasi]

Riwayat pendidikan dan lulusan menjadi faktor penting dalam pemberian gaji (upah kerja) selama bekerja di rumah sakit (RS), Klinik dan apotek. Gaji setiap tenaga...
Giofanny Sabekti Giofanny Sabekti
2 min read

10 Daftar Lowongan Kerja Asisten Apoteker

Berikut 10 daftar lowongan kerja (loker) pekerjaan asisten apoteker (AA) dan tenaga teknis kefarmasian yang berkompeten dan profesional. Lowongan asisten apoteker yang ditampilkan dibawah...
Giofanny Sabekti Giofanny Sabekti
1 min read

Asisten Apoteker dalam Bahasa Inggris

Dalam penggunaan ejaan yang benar dalam kamus bahasa inggris (English). Profesi pekerjaan asisten apoteker dalam bahasa inggris disebut dengan kata Pharmacist assistant. Nama pekerjaan...
Giofanny Sabekti Giofanny Sabekti
21 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *