Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

10 Fakta Faktor Peringkat Google Terpenting

4 min read

Berikut adalah 10 fakta faktor Peringkat Google Terpenting yang perlu diketahui terutama bagi content writer. Halaman posts lebih banyak paling berinteraksi dengan pengguna dibandingkan halaman landingpage (homepage).
Content writer adalah seseorang yang bertanggung jawab menjadi penulis postingan pada suatu blog website. Tapi tahukan bahwa penentu SEO sebuah postingan tergantung dari kualitas konten yang dibuat oleh content writer. Seperti Profesi SEO content writer.
Kualitas konten dipengaruhi oleh pendalaman informasi seorang content writer dalam bidang pekerjaan tertentu yang hendak akan membagikan pengalaman dan keahlian di sebuah posts.

10 Faktor Peringkat Google yang Wajib diketahui

1. Nama domain

Faktor pertama saat google penelusuran menentukan sebuah peringkat ditentukan dari Otoritas dan Keahlian yang ditemukan di dalam sebuah nama domain. Nama domain yang menggunakan kata kunci umum ataupun rinci di dalamnya akan mendapatkan otoritas pertama untuk tampil di hasil penelusuran dengan lebih baik dibandingkan nama domain yang menggunakan nama pemilik asli sebagai nama domain website.
Tapi bukan berarti blog dengan penggunaan nama domain pemilik tidak mendapatkan peringkat baik, Google penelusuran akan mengkategorikan blog tersebut sebagai blog yang menggunakan dasar pengalaman author sebagai cara membagikan pengalaman dan tutorial kepada pengguna baru.
Web yang dibuat dan sudah didesain khusus oleh author untuk menguasai otoritas kata kunci yang sudah direncanakan dikenal dengan blog Mikro Niche. Blog ini hanya membuat postingan blog seperti biasa, tapi yang membedakan isinya yang hanya membagikan cerita pengalaman tentang Niche (topik) tertentu saja. Author berupaya profesional untuk hanya membagikan pengalaman di kata kunci tertentu saja sebagai upaya memperjelas otoritas dan dipercaya oleh beberapa blogger, bahwa cara ini digunakan untuk mendapatkan CPC adsense dengan nilai yang besar.

2. Search Intent (Pengetahuan Awal)

Saat anda mengetahui postingan yang sudah anda buat berhasil terindek, setidaknya postingan harus mempunyai usia indek yang lama misal 1 tahun sejak penerbitan agar memiliki performa peringkat yang baik di hasil penelusuran.
Google penelusuran menggunakan search Intent sebagai cara menentukan peringkat bagi halaman web untuk 1 kata kunci dengan trafik yang cukup banyak. Search Intent adalah sebuah informasi yang terdapat di dalam konten postingan yang informasinya dibutuhkan untuk memberikan wawasan kepada pengguna.
Informasi search intent ini hanya menjelaskan beberapa wawasan saja seperti definisi, arti kata, penggunaan dan pengertian untuk pemula.
Contoh dari penggunaan search Intent di dalam konten postingan adalah saat pengguna menggunakan kata kunci “Lowongan kerja barista“, Search Intent (Pengetahuan awal) google penelusuran akan menampilkan beberapa postingan yang didalamnya terdapat kata informasi terkait
  1. Bidang lowongan kerja,
  2. Deskripsi tugas pekerjaan,
  3. Alamat lowongan kerja
  4. Informasi kualifikasi pekerja
Dari sini dapat diketahui bahwa google penelusuran sudah menetapkan standar pengetahuan awal untuk postingan yang memuat sinyal ranking search Intent ini.

3. Algoritme Google Penelusuran

Algoritma menjadi ketua penentu peringkat bagi faktor sinyal seperti nama domain, search Intent, umur domain, backlink, kualitas konten, UX, UI, mobile friendly dan struktur data situs.
Algoritme inilah yang menjadi orang dengan kecerdasan tinggi yang tugasnya hanya memilih dan memilah ratusan konten untuk menempatkan peringkat di hasil SERP google penelusuran.
Jika anda menggunakan cara kotor (blackhat) anda dapat memanipulasi peringkat dengan hanya menggunakan beberapa faktor-faktor peringkat seperti mengandalkan backlink saja, tapi konten anda yang disajikan didalamnya bernilai low value content alias kurang memberi manfaat, ini disebut dengan manipulasi google penelusuran.

4. Umur domain

Walaupun domain masih baru, kira kira berusia 1 bulan sampai 12 bulan masih bisa untuk mendapatkan peringkat dan trafik dari SEO. Faktor penentu domain baru mendapatkan trafik dari SEO adalah faktor nama domain dan search Intents. Tapi, rata rata bisa mendapatkan performa yang baik dengan SEO karena target kata kunci masih memiliki volume penelusuran yang rendah dan kompetisi kata kunci sedikit.
Diketahui bahwa domain yang sudah ber umur lebih dari 4 tahun akan berperforma baik di google penelusuran terutama pada blog micro Niche dan sudah menerbitkan banyak konten yang berkualitas. Domain berumur yang Domain Authority dan Page Authority tinggi juga dimanfaatkan oleh blogger sebagai backlink.

5. Backlink Situs

Selain dari dalam situs, faktor dari pendukung web merupakan bagian yang sangat penting. Backlink digunakan sebagai faktor penting yang tidak boleh anda lewatkan. Minimal buatlah backlink 10 blog dengan trafik, DA dan PA yang lumayan tinggi untuk situs baru anda.
Backlink digunakan untuk matrik seberapa terkenalnya sebuah web di dunia internet. Salah satu penyedia matrik backlink terbaik adalah ahrefs, Perlu diketahui bahwa domain yang mendapatkan backlink yang besar akan berperforma baik, tapi juga di iringi dengan konten yang berkualitas dengan begitu akan mendapatkan kesuksesan di dunia digital.

Performa Google Search Console

6. Kualitas konten dan User experience

Hal yang tidak terlepas dari penulisan konten adalah pengarangan informasi untuk dikemas sebaik mungkin agar pengguna lebih mengerti. Pengarangan informasi harus menggunakan sudut pandang terhadap informasi yang unik, tujuannya agar lebih SEO friendly.
Para content writer yang sukses mengembangkan blog perusahaan menggunakan sudut pandang informasi yang unik, membuat blog mendapatkan lebih banyak trafik dari mesin penelusuran.
Semakin lengkap informasi yang diungkapkan di konten akan membuat merasakan pengalaman terbantu. Indikasi pengalaman terbaik dari sebuah konten bacaan seperti menimbulkan rasa senang untuk menggali potensi seperti apa yang diungkapkan dalam informasi konten, inilah yang dimaksud dengan user experience.

7. Pemuatan halaman yang cepat

Faktanya faktor pemuatan halaman yang sudah disempurnakan hingga mendekati nilai 100 google pagespeed insight menjadi penentu peringkat hasil penelusuran Google. Halaman yang lebih cepat termuat membuat pengguna tidak akan beralih ke halaman dibawahnya. Faktor bounce rate atau rasio pantulan menimbulkan lebih banyak halaman jatuh dari peringkat teratas SERP.
Kebiasaan pengguna yang perlu diketahui adalah saat pengguna memilih halaman anda tapi saat pemuatannya sangat lambat, membuat pengguna merasa kecewa, karena hal tersebut, pengguna langsung menekan halaman kembali dan beralih ke halaman lain yang ada dibawahnya. Faktor bounce rate ini menjadi faktor sinyal utama algoritma peringkat google yang membuat peringkat halaman mudah berubah.

8. User interface blog dan website

User interface atau tampilan halaman blog menjadi faktor yang tidak boleh dilewatkan terutama dalam mendesain blog yang interaktif. Optimalkan seperti warna logo, warna latar belakang, jenis huruf dan warna teks. Jika anda juga seorang desainer web, Gunakan framework CSS populer seperti bootstrap dan tailwindcss agar lebih cepat dalam membuat desain web.
Berikan kesegaran pada desain web dengan penggunaan font logo yang modern.
Google lebih memilih desain situs yang bagus dengan desain situs satu-satunya, alias tema yang hanya didesain untuk 1 web. Biasanya desain dibuat oleh frontend development yang direkrut sendiri untuk mendesain kembali situs mereka, agar situs tampak modern dengan tampilan milik sendiri.

9. Mobile Friendly

Hampir keseluruhan halaman di hasil google penelusuran sudah mobile friendly. Sudah banyak situs memiliki desain yang responsif di handphone, tablet dan komputer.
Jika anda ketahui, trafik situs lebih banyak datang dari google penelusuran adalah pengguna smartphone, jika dibandingkan dengan pengguna desktop masih kalah banyak. Agar halaman anda masuk dalam kriteria halaman yang muncul di SERP google penelusuran, anda bisa menggunakan template yang responsif.
Anda bisa menggunakan blogger dan wordpress, kedua platform CMS ini sudah banyak tersedia template yang responsif dan desain yang termasuk modern.

10. Struktur data WebSite

Agar google penelusuran dapat memahami keseluruhan teks yang ada di konten dan mengoptimalkan kata kunci yang ada didalam nya, anda harus menggunakan markup struktur data. Contoh markup struktur data yang dapat membuat halaman anda masuk ke dalam peringkat terbaik seperti
  1. Markup data Rating bintang
  2. Markup data Resep
  3. Markup data FAQ
  4. Markup data Harga produk
  5. Markup data blog
  6. Markup data Header dan Footer
Tapi tidak perlu khawatir karena hampir keseluruhan template situs sudah menerapkan markup struktur data agar template buatannya dapat SEO friendly di google penelusuran dan juga banyak plugin wordpress yang terdapat fitur struktur data.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *