10 Menu PMT untuk anak TK yang Sehat dan Gizi - Asistensaya

Oktober 17, 2023

10 Menu PMT untuk anak TK yang Sehat dan Gizi

Program PMT merupakan sarana yang bagus untuk memberikan nutrisi bagi anak untuk kecukupan gizi dan upaya mencegah terhadap lambatnya tumbuh kembang anak.

PMT sebaiknya di program secara rutin, karena program ini sangat bagus dan bermanfaat bagi semua kalangan yang mendukung terpenuhi gizi untuk anak usia dini.

Taman kanak-kanak menjadi tempat yang baik untuk menjalankan program PMT secara mandiri, selain program PMT yang ada di setiap posyandu.

Sekolah taman kanak-kanak dapat menjalankan program PMT 1 Minggu sekali atau 2 Minggu sekali. Tapi banyak yang setuju bahwa program PMT dijalankan setiap 1 bulan sekali. Rutinitas program pmt ini sangat disarankan dijalankan oleh setiap TK di seluruh kabupaten dan desa.

Program PMT ini sangat disarankan oleh pemerintah daerah untuk upaya mencegah Stunting pada anak di lingkungan taman kanak-kanak.

Kepala Taman kanak-kanak dapat menggandeng pemerintahan desa untuk membantu membiayai anggaran besaran biaya dalam menjalankan program PMT di taman kanak-kanak ini.

Bagi perangkat desa dan guru dapat membuat jadwal program PMT setiap bulan dengan contoh jadwal program PMT ini

Bagi guru yang masih bingung, menu apa yang paling cocok dan bergizi untuk anak usia 4 - 6 tahun dapat memilih beberapa contoh menu pmt berikut.

Menu dapat di inovasikan dengan tampilan yang menarik, ini cara pendekatan yang bagus untuk anak - anak agar mereka mau menghabiskan dan menikmati makanan tersebut.
Menu yang disajikan untuk anak usia dini sebaiknya makanan yang tidak terlalu berat dan tidak banyak, cukup sedikit tapi bergizi dapat berefek baik untuk perkembangan jasmani anak. Tentu harus diberikan secara rutin dan terjadwal agar hasil yang diusahakan dapat memuaskan.

Utamakan menu makanan PMT yang mudah dibuat dan menu lokal yang mudah didapat dan tersedia di desa.

10 Menu PMT anak TK (Usia 4-6 tahun) Sehat dan Bergizi

Daftar menu yang Disarankan dan direkomendasikan oleh kementerian kesehatan RI.

1. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau banyak disarankan oleh orang yang menjalankan program PMT di sekolah. PMT ini mudah dibuat dan cepat jadi dibandingkan menu PMT lain.

2. Sop Jagung

Sop Jagung banyak dipilih sebagai menu favorit di program pmt untuk posyandu. Makanan ini sangat sederhana tapi cocok untuk anak paud. Walaupun tidak cocok untuk anak TK karena terlalu sederhana.

3. Sayur Bening Bayam + Jagung

Menu sayur bening bayam sangat cocok diberikan untuk anak usia 4-6 tahun, airnya yang segar dan sayur bayam yang sehat dapat menaikkan nafsu makan anak-anak. 

Mungkin beberapa anak anak lebih suka ke makanan dengan tampilan menarik seperti gabungan nasi katsu dan telor puyuh / rebus.

4. Nasi tim dan Nasi Katsu

Nasi tim sangat bagus diberikan untuk anak usia TK karena dalam proses menggunakan cara tradisional dengan cara tim. Nasi ini sangat bagus untuk pencernaan anak.

Nasi tim dapat dibentuk dengan cetakan karakter kartun agar menarik minat anak - anak untuk makan habis. Nasi kuning juga disarankan dipilih dalam pendamping lauk utama.

5. Puding dan Agar-agar

Puding cocok ditambahkan dalam menu pendamping makan utama, pilih gelas mini untuk cetakan puding agar muat di kemasan. Agar-agar dan Puding cocok untuk anak paud dan sangat enak, sangat jarang anak-anak tidak menyukai puding.

6. Sate Buah

Buah-buahan lokal yang tersedia dapat dipotong kotak-kotak untuk dibuat seperti sate, ukuran yang dibuat kecil-kecil memudah anak untuk makan cepat habis. 

7. Bakwan sayuran dan Bakwan ikan

Bakwan sayuran dan Bakwan ikan dapat dijadikan sebagai lauk pauk pelengkap nasi katsu. Komposisi yang terdiri dari sayur dan ikan sangat bernutrisi dan baik untuk perkembangan otak anak.

8. Tempe Goreng dan Tahu Bulat

Walaupun sederhana tapi cocok dijadikan lauk tambahan bagi anak, pilih tempe bentuk kotak agar bentuknya menarik. Tahu bulat juga dapat dijadikan lauk sama seperti tempe, Sesuaikan dengan minat anda.

9. Bubur ketan Hitam

Sama halnya dengan bubur bubur lain, bubur ketan hitam sangat enak dan dipercaya sangat bagus karena gizinya lebih banyak dibandingkan nasi putih.

10. Susu kotak UHT

Susu kotak terutama yang UHT, dipilih dijadikan sebagai minuman pelengkap. Harganya mahal dan ukuran yang kecil tapi sangat bernutrisi dapat menggantikan susu bubuk. Contohnya susu kotak indomilk.

11. Yakult

Yakult di beberapa sekolah dijadikan sebagai pengganti susu kotak, Yakult dipercaya dapat memberikan nutrisi yang sehat dan menyehatkan usus anak.

12. Roti Susu dan Jasuke

Roti susu walaupun sangat sederhana tapi juga sangat enak bagi anak-anak, sekolah lain juga menjadikan roti susu dan jasuke sebagai menu lengkap PMT bagi anak TK. 

13. Telur Puyuh dan Telur Rebus

Telur puyuh dan telur rebus biasanya tidak diberikan secara utuh, tapi harus dikreasikan dan dijadikan lauk pelengkap bagi nasi dan lauk lain seperti daging ayam. Biasanya banyak dijumpai di pelengkap nasi katsu.

14. Nugget Ayam

Anak-anak sangat suka nugget ayam, anda dapat menjadikannya sebagai pelengkap nasi. Nugget paling banyak dipilih untuk dikreasikan bersama nasi katsu. 

15. Es Teler dan Kolak isi Buah-buahan 

Es buah sangat segar dan cocok disajikan saat siang hari, terutama sekolah yang menjalankan dan memberikan PMT untuk anak di jam makan siang anak.

16. Buah Lokal (Pisang, Jeruk dan Semangka)

Buah - buahan seperti apel, pisang, jeruk dan semangka dapat diberikan ke setiap anak-anak. Anak akan suka karena sangat jarang di rumah orangtua memberikan buah - buahan, Sehingga cocok dijadikan menu PMT bagi anak usia dini.

Share with your friends

Featured

[Anak-tk][recentbylabel]