Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

5 Tugas Asisten Kepala Sekolah & Keuntungannya

1 min read

Asisten kepala sekolah umumnya dijabat dan diperankan oleh guru mata pelajaran. Guru mata pelajaran tertentu bisa merangkap tugas menjadi asisten kepala sekolah. Selama menjadi asisten kepala sekolah, dia harus mampu dalam merencanakan kegiatan dan menjadi pembicara yang cakap.
Sebagai Asisten kepala sekolah tugasnya adalah membantu kepala sekolah dalam kegiatan perencanaan suatu kegiatan yang besar. Kegiatan yang sering direncanakan setiap tahunnya di sekolah seperti acara ulang tahun sekolah, pameran dan perpisahan.
Menjadi asisten kepala sekolah setidaknya harus mempunyai banyak waktu luang, untuk dapat membantu kepala sekolah.
Sebenarnya sebagai asisten kepala sekolah seseorang harus mempunyai reputasi yang baik di sekolah. Asisten kepala sekolah biasa ditunjuk oleh kepala sekolah bagi seorang guru yang dianggap sanggup menjalani jabatan tersebut. Asisten kepala sekolah bertanggung jawab secara langsung kepada kepala sekolah atas kelancaran kegiatan yang direncanakan.
Kepala sekolah bisa saja memberikan gaji selama seorang guru menjadi asisten kepala sekolah. Jabatan ini sering diberikan kepada guru laki-laki yang sudah berumur dan sudah bekerja lama. Tapi tidak jarang juga asisten kepala sekolah dijabat oleh guru perempuan muda selama dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

5 Tugas seorang Asisten Kepala Sekolah 

1. Menemani Kepala Sekolah dalam kegiatan

Kepala sekolah perlu didampingi terutama saat melakukan pemantauan kegiatan, seperti saat pembangunan kelas baru, biasanya kepala sekolah dan asistennya bercengkerama terkait progres pembangunan kelas baru.
Contoh lain Saat menghadiri undangan sekolah lain, kepala sekolah bisa didampingi oleh asisten agar tidak dia sendirian menghadiri acara tersebut.

2. Menjadi perencana dan penanggung jawab kegiatan

Selama perencanaan kegiatan, asisten menjadi orang yang bertanggung jawab dalam kelancaran pelaksanaan kegiatan.

3. Menjadi Pembicara dalam acara kegiatan

Tidak hanya bertanggung jawab atas kegiatan, tapi asisten harus mampu menunjukkan kualitasnya dengan menjadi pembicara agar kegiatan dapat berjalan dengan baik tanpa kendala.

4. Membantu menyelesaikan tugas administrasi sekolah

Saat kepala sekolah sedang sibuk dengan rutinitas nya sebagai kepala sekolah, sebagai asisten harus mampu bekerja sama menyelesaikan berbagai tugas administrasi seperti penyelesaian dokumen dan surat.

5. Berdiskusi dengan kepala sekolah untuk perencanaan kegiatan.

Saat rapat terkait pelaksanaan kegiatan tertentu, asisten kepala sekolah harus mampu menunjukkan dedikasi terhadap kegiatan tersebut dengan aktif dalam rapat.

Foto Kepala sekolah

Keuntungan selama menjadi asisten kepala sekolah

1. Menjadi guru yang aktif dan kreatif

Selama bekerja menjadi asisten, akan dibebankan beberapa tugas wajib selama menjadi asisten kepala sekolah. Karena beberapa tugas tersebut, guru akan punya sedikit waktu untuk mengajar dan harus diimbangi dengan masalah tanggung jawab sebagai asisten kepala sekolah.

2. Mendapatkan reputasi yang baik

Dengan menjadi asisten kepala sekolah, anda seperti membangun reputasi diri. Dengan baiknya nilai reputasi, kemampuan anda dapat diandalkan dan bisa ditunjuk sebagai panitia penanggung jawab acara di kegiatan sekolah selanjutnya.

3. Terlihat integritasnya sebagai asisten kepala sekolah

Guru lain akan menganggap, asisten kepala sekolah sebagai orang yang paling berpengaruh terhadap perkembangan dan pembangunan sekolah. Guru akan menghargai dan menghormati asisten kepala sekolah karena dedikasinya yang membuat sekolah menjadi maju.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *