10 Cara Membujuk Anak Agar Mau Sekolah TK

Anak usia dini pada umur 4 tahun harus mau bersekolah di TK. Usia tersebut direkomendasikan karena agar anak dapat mengikuti jadwal usia untuk bersekolah yang ditetapkan oleh pemerintah melalui undang-undang yang dikeluarkan terkait pendidikan anak usia dini.

Diketahui bahwa pemerintah mengharuskan anak usia 4 tahun untuk mulai menempuh pendidikan di tingkat pendidikan anak usia dini seperti TK sebagaimana anak seusianya.

Sebagai ayah dan ibu, harus bisa menyakinkan anak tentang pentingnya sekolah untuk dirinya sendiri, semua itu memberikan kebaikan demi masa depannya.

Takutkan anak tentang masa depan yang suram jika tidak mau sekolah, sekolah diperlukan untuk mengembangkan kemampuan yang dibutuhkan untuk bertahan hidup dan memperoleh kesempatan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Orang yang tidak mau sekolah akan menjumpai banyak penyesalan karena tidak mempunyai kemampuan untuk memperoleh pengalaman pendidikan yang seharusnya bisa dikuasai ketika bersekolah.

Banyak kasus yang terjadi, saat anak tidak mau masuk bersekolah yang erat kaitannya dengan takut teman anak yang tidak bersahabat.

Anak usia 4 tahun bersekolah

10 Saran Cara membujuk Anak Agar mau masuk sekolah TK

1. Tanyakan mau minta di belikan apa agar mau sekolah

Biasanya anak ada keinginan buat di belikan sesuatu entah itu mainan atau barang favorit tapi gak disetujui oleh ayah ibu.
Celah ini dapat dimanfaatkan untuk anak agar mau sekolah jika sudah dibelikan barang yang dia suka.

Anak mungkin akan mau sekolah jika barang yang disukainya sudah dibelikan seperti sepeda, mainan dan barang sekolah.

2. Berikan penjelasan pentingnya sekolah untuk dirinya

Penjelasan juga dibutuhkan untuk memberikan nasihat yang bermanfaat untuk anak nantinya saat ia menjelang remaja dan demi kebaikan saat dewasa.

Sekarang segala sesuatu membutuhkan pendidikan, tanpa pendidikan yang baik mungkin akan menjumpai banyak kesulitan dan pendidikan di sekolah cara untuk mendapatkan kesuksesan.

3. Ajak anak untuk berbelanja peralatan sekolah

Diharapkan saat anak diajak beli peralatan sekolah seperti tas dapat memberikan motivasi agar bisa menggunakan nya untuk kepentingan sekolah. Cara ini terbukti dapat menarik minat sekolah anak agar mau ke sekolah.

Anak menyukai barang yang baru dan bagus, karena kecenderungan itu ibu dan ayah dapat memanfaatkannya agar anak secara senang hati mau bersekolah di TK dengan baik tanpa ada paksaan.

4. Beri tahu kalau dia mau sekolah, ibu akan selalu menunggu dan menemaninya

Banyak anak yang takut saat mereka sekolah, dan mereka mau selalu ditemani saat ia belajar di kelas. Berikan jaminan dengan ucapan bahwa ibu akan selalu menunggunya saat ia belajar.

Anak usia TK memang erat kaitannya dengan takut ketika ia berada di luar rumah. Diharapkan dengan menemani dan menunggu anak dapat belajar dengan tenang dan tidak rewel lagi.

5. Berikan motivasi tentang pentingnya sekolah untuk masa depan dirinya

Motivasi sangat dibutuhkan oleh anak, sebagai orangtua wajib memotivasi anak untuk mau maju berkembang sesuai dengan tahap perkembangan usianya.

Perlu diketahui bahwa anak selalu mengingat lebih banyak atas motivasi yang diucapkan oleh orangtuanya.

Ucapkan motivasi yang berkaitan dengan masa depannya nanti kalau dia tetap tidak mau sekolah. Dengan itu anak mungkin akan mengerti dan tetap mau sekolah.

6. Bandingkan dampak anak yang tidak mempunyai kesempatan sekolah dan kerugiannya

Orangtua juga perlu membandingkan masa depan anaknya yang masih beruntung jika dibandingkan dengan orang miskin yang mengharuskan anaknya tidak bisa sekolah.

Ajak anak agar mau memahami kelebihan keluarganya yang lebih baik, jika dibandingkan dengan teman sekolah nya yang mungkin masih kurang mampu untuk membeli peralatan sekolah.

7. Berikan bekal dan fasilitas penting saat dia mau sekolah

Buat kesepakatan kalau anak mau sekolah akan diberikan bekal yang enak dan menu yang disukainya.

Beritahu juga bahwa anak akan mendapatkan fasilitas sekolah yang akan terpenuhi jika dia mau sekolah setiap hari.

8. Beritahukan dia kalau guru dan teman sekolah semuanya ramah dan mau bersahabat

Anak mungkin memikirkan bahwa guru dan teman sekolah sangat tidak ramah, beritahu kalau guru dan temannya akan ramah dan bersahabat tanpa pamrih.

Guru menjadi pengajar yang mempunyai pengalaman teori mendidik anak dari pendidikan kuliah jadi anak tidak perlu takut kalau guru tidak akan ramah kepadanya.

9. Beritahukan kalau pelajaran di sekolah TK menyenangkan dan banyak menggambar serta bernyanyi

Beritahukan bahwa pelajaran di taman kanak-kanak tidak susah dan kegiatan utamanya hanya menyanyikan lagu dan menggambar.

Kegiatan tersebut sangat mudah dan menyenangkan untuk dikerjakan. Selain itu ia juga diajarkan tentang beriman terhadap moral dan agamanya.

10. Beritahu kalau mainan di TK itu banyak baik di indoor dan outdoor

Di TK terdapat banyak mainan terutama di indoor, kegiatan kreatif juga banyak dilakukan saat belajar seperti membuat lipatan origami untuk hiasan kelas.

Selain itu di outdoor juga banyak alat permainan edukatif yang juga dapat dimainkan oleh anak. Diharapkan dengan banyaknya alat peraga edukatif anak dapat senang belajar di TK tanpa harus ditemani oleh ayah dan ibu.
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar