LKA gratis

10 Materi Pelajaran Komputer Untuk Anak TK

Taman kanak-kanak yang sudah memiliki lab komputer sendiri, bisa memanfaatkan lab untuk kepentingan pembelajaran anak didik.

Lab komputer biasanya sangat jarang dimiliki oleh sebagian besar sekolah TK. TK dengan mutu pendidikan tinggi yang bisa memiliki lab komputer milik sendiri dan memanfaatkan nya untuk sarana edukasi.

Pada pembelajaran komputer di taman kanak-kanak, sebaiknya materi yang diajarkan tentang penggunaan komputer.

Tujuannya dari pembelajaran komputer untuk membekali anak didik supaya mempunyai kemampuan dalam mengoperasikan sebuah unit komputer.

Pengalaman dalam menggunakan teknologi seperti komputer membawa progres kemajuan bagi anak TK khusus dalam menggunakan teknologi.

Jika dibandingkan dengan anak TK generasi dahulu, anak TK generasi sekarang mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk menggunakan teknologi sebaik mungkin.

Diketahui bahwa komputer sebagai media teknologi yang paling maju, berbagai pekerjaan dapat terselesaikan dengan bantuan komputer.

Diketahui juga bahwa komputer digunakan untuk ujian nasional, dengan pembekalan ini diharapkan anak didik saat mereka duduk di bangku sekolah dasar dapat menggunakan komputer dengan baik dan paham cara menggunakan software tertentu.

Saran lainnya, guru harus memberikan arahan cara menggunakan komputer langkah demi langkah agar anak didik bisa mengikuti latihan cara menggunakan komputer dengan benar.

10 Materi Pelajaran Komputer untuk Anak TK

1. Belajar cara menyalakan dan mematikan komputer

Sebagai pemula, anak TK harus mengetahui cara menyalakan komputer dengan benar sesuai langkah cara yang sudah dijelaskan oleh guru.

Selain itu, anak juga harus bisa mematikan komputer setelah digunakan untuk pembelajaran dengan benar sesuai tutorial yang diajarkan.

2. Mengenalkan perangkat keras dan komponen Komputer

Anak didik harus dikenalkan dengan nama dan sebutan perangkat keras yang ada di sebuah komputer, anak harus mengetahui nama dan kegunaannya setiap komponen dengan baik.

Anak harus mengetahui dasar dasar perangkat keras antara lain mouse, CPU, monitor dan keyboard.

3. Mengenalkan software penting pada Komputer

Selain perangkat keras komputer, guru harus menjelaskan berbagai nama dan fungsi software penting yang berguna untuk dimanfaatkan oleh anak usia dini seperti Microsoft office, windows 11, Browser dan Game sederhana.

Dengan pengenalan software, anak mendapatkan pelajaran yang penting yang harus mereka kuasai sejak dini sebagai bekal keterampilan mereka saat menjelang remaja.

4. Mengenal fungsi CPU, monitor, mouse dan keyboard.

Anak usia dini perlu di kenalkan tentang berbagai fungsi yang terkait dengan perangkat keras pada komputer. Anak harus mengerti hal yang bersifat dasar.

Guru perlu menjelaskan fungsi dari 4 bagian pada komputer seperti CPU, Monitor, Mouse dan Keyboard. Diharapkan dengan mengetahui fungsi berbagai bagian komputer, anak mendapatkan pelajaran penting terkait komputer.

5. Belajar menggunakan mouse dan mengarahkan kursor

Sebagai pemula dalam menggunakan komputer, anak mungkin akan bingung dengan cara menggunakan mouse dan belajar mengarahkan kursor dengan benar.

Anak perlu diajari agar bisa mengendalikan kursor dengan baik, sehingga dapat dengan mudah mengoperasikan komputer.

Juga anak harus bisa menggunakan kursor untuk mulai menggunakan software yang sudah dipasang pada sistem komputer.

6. Belajar Mengetik menggunakan keyboard pada komputer

Bekal pengetahuan lain seperti menggunakan jari tangan untuk mulai belajar menggunakan keyboard untuk menulis postingan, anak dapat menggunakan Microsoft word untuk belajar membuat dokumen. Anak harus dapat mengetik kata seperti mencari informasi dengan menggunakan google.

7. Belajar menggunakan komputer untuk bermain permainan

Anak dapat bersenang senang dengan komputer yang mereka tempati, guru dapat memasangkan software berupa game untuk menjadi sarana belajar komputer sambil bermain.

Anak-anak cenderung menggunakan komputer untuk bermain dan mengasah kognitif mereka dengan mengakses permainan yang sudah terpasang di komputer mereka.

8. Belajar browsing menggunakan Browser

Selain game, anak juga harus bisa menggunakan mesin penelusuran seperti Google search untuk mencari kebutuhan informasi dan edukasi terkait berbagai halaman yang muncul di hasil penelusuran google.

Google search merupakan mesin penelusuran yang mampu menjawab berbagai pertanyaan yang perlu diketahui. Google juga menyediakan berbagai alat yang berguna untuk kebutuhan sekolah seperti google classroom dan Google Drive.

9. Belajar pengertian Wi-fi dan Internet untuk komputer

Anak juga harus mengerti tentang fungsi dan manfaat internet dan Wi-Fi yang ada dan terpasang di sekolah mereka. Anak TK juga harus mengetahui pengertian Wi-fi dan Internet pada saat menggunakan komputer.

Manfaat internet pada WiFi di sekolah mereka berguna untuk terhubung ke dunia Maya seperti google search dan sosial media.

10. Belajar menggunakan komputer untuk mengerjakan Soal Kuis dan Ujian

Anak bisa langsung menggunakan website pendidikan untuk mengerjakan soal kuis yang sudah guru persiapkan. Anak bisa memanfaatkan komputer yang ada di sekolah untuk sarana mengerjakan tugas kuis dengan materi soal yang mudah dikerjakan.

Jadi saat menyelesaikan kuis, anak juga mendapatkan pengalaman tentang bagaimana menggunakan komputer untuk hal yang positif dan bermanfaat.
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar