LKA gratis

10 Pelajaran Les Anak TK yang Sering Diajarkan

Les merupakan cara yang bagus untuk mendidik anak diluar lingkungan sekolah. Hanya dengan les, anak akan mendapatkan perhatian lebih spesial agar termotivasi untuk semangat belajar.

Les sebagai cara belajar ke dua yang direkomendasikan setelah anak belajar di sekolah. Dibandingkan belajar dengan orangtua, les memungkinkan anak mendapatkan guru yang spesial dan lebih ke privat.

Disarankan les anak TK harus belajar bersama kelompok belajar yang terdiri dari 5 - 8 anak agar anak bisa belajar sambil bermain.

Keberadaan teman belajar sangat dibutuhkan oleh semua peserta didik untuk dijadikan sebagai ikatan pertemanan untuk bersama menjadi pintar.

Sebagai guru les anak TK harus dapat menguasai pemahaman tentang buku pelajaran anak TK yang lebih menekankan pada tugas mandiri.

Guru les anak TK harus bisa mengajari anak TK agar mau belajar tentang pelajaran bertema. Pelajaran tersebut tersusun dari tema - tema yang merupakan tugas rumah dari guru di sekolah.

Sebagai lembaga pendidikan alternatif selain sekolah, lembaga les sebagai cara terbaik dalam belajar anak sambil ditemani guru yang berperan sebagai perawat anak. Terutama bagi anak didik yang lebih memilih belajar di lembaga bimbingan belajar tersebut dibandingkan lembaga bimbel lain.
Anak TK les belajar huruf

Saat anak sedang mengikuti les di lembaga bimbingan belajar, mereka akan diajarkan berbagai mata pelajaran dan pembekalan yang berguna untuk pelajaran berkelanjutan setelah mereka lulus dari Taman kanak-kanak.

10 Pelajaran Les Anak TK yang Sering Diajarkan

1. Menggambar di Lembar kerja Anak

Anak TK dalam les akan biasa diberi tugas untuk menggambar sesuai kreatifitas dan kemampuan dasar menggambar si kecil.

Dari lembar kerja anak akan digunakan sebagai penilaian akan perkembangannya selama menyelesaikan tugas menggambar sebelumnya.

2. Membaca kalimat dalam buku sekolah

Guru les akan mengajarkan cara cepat membaca huruf dan kalimat agar anak TK semakin cakap.

Guru les akan mengajari anak membaca secara konsisten agar semakin bisa membaca kalimat secara panjang dalam buku pelajaran sekolah.

3. Mencocokkan dan menghubungkan gambar dengan Pola

Dengan menghubungkan titik titik gambar dapat melatih motorik halus anak agar bisa mampu menulis dan menggambar bentuk dengan baik.

Guru les akan memberikan tugas ini sebagai cara bahan belajar anak agar semakin menguasai berbagai pelajaran dari pembelajaran di sekolah.

4. Menghitung jumlah gambar dan bentuk

Anak juga harus diajarkan menghitung dengan tips yang sederhana, guru les akan memberikan berbagai wawasan cara menghitung yang benar dan cara yang pelan untuk anak dapat menguasai matematika sederhana ini.

Pelajaran matematika ini meliputi menghitung gambar dengan cara manual dan cara menghitung menggunakan jari tangan.

5. Belajar menggunakan pensil untuk menulis huruf dan angka

Guru akan memberikan tugas lain seperti belajar menulis huruf dan angka agar mampu menulis dengan bentuk tulisan yang bagus dan mudah dibaca. Cara ini bermanfaat untuk melatih otot tangan anak agar mampu menulis dengan baik tanpa bantuan guru.

Guru les disini berperan sebagai pembimbing yang menemani anak didik dalam belajar agar anak mendapatkan orang yang cocok untuk dijadikan sebagai orang terdekat dan perawat yang baik.

6. Mendengarkan pemaparan guru dari buku pelajaran sekolah

Buku pelajaran harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk membantu cara belajar anak, guru les biasanya akan memberikan berbagai pemaparan deskripsi dari buku pelajaran sekolah.

Diharapkan dengan begitu anak akan mendapatkan cara belajar intensif di tempat les dan di sekolah.

7. Belajar berteman dengan kelompok belajar dan bermain bersama

Teman les merupakan kawan yang baik bagi semua anak, guru tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan saja.

Tapi juga menekankan belajar bersama dengan teman kelompok belajar agar tercipta ikatan untuk saling mengenali diantara teman belajar.

Untuk itu disarankan anak didik belajar harus ditemani oleh 5-8 anak didik yang seusianya agar bisa mendapatkan motivasi belajar yang sama.

8. Belajar seni mewarnai gambaran

Dalam seni penilaian tidak hanya dari Kebagusan dalam memadukan warna tapi lebih menekankan pada pengembangan imajinasi anak untuk menyalurkan hobi yang disenangi ke dalam bentuk karya seni yang bersifat abstrak.

Guru les anak memberikan lembar kerja berupa bentuk gambar agar dikerjakan anak dengan baik. Walaupun sederhana tapi tindakan yang diberikan sangat bermakna bagi anak walaupun penilaian karya seninya sangat kurang baik.

9. Belajar dasar tentang agama, moral dan bentuk beriman

Guru les juga mengajarkan cara membaca kitab dan bagaimana cara orang dewasa beriman terhadap tuhan.

Pendidikan terakhir moral juga sangat dibutuhkan oleh anak sebagai bekal menjadi anak Indonesia yang mempunyai nilai ketuhanan terhadap penciptaannya.

Tidak hanya dalam bentuk penjelasan saja tapi guru les juga bisa membuat lagu yang bertema tentang agama dan moral yang baik kepada anak saat pembukaan pembelajaran sampai waktu akan pulang.

10. Mengasah kemampuan kognitif dalam menyelesaikan tugas sederhana

Di tempat les akan terdapat berbagai alat yang berguna untuk melatih kemampuan kognitif anak entah itu benda biasa atau mainan khusus anak.

Dari tugas yang diberikan juga dapat melatih kemampuan kognitif anak seperti mampu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru les dengan hasil yang memuaskan.

Dibutuhkan intensif belajar kepada anak tidak hanya sekali atau dua kali tapi harus rutin agar anak sedikit demi sedikit semakin mampu meningkatkan kemampuan seni, membaca, memahami, menulis dan menghitung.
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar