Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

12 Ide Bekal Ikan Untuk Anak TK yang Sehat

3 min read

ikan bakar

Bekal anak TK sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. Bekal anak TK yang baik adalah bekal yang dapat memberikan manfaat yang lebih terhadap otak dan kecerdasan.
Sebagai ibu yang baik direkomendasikan memberikan bekal yang merupakan olahan dari ikan yang segar.
Anak TK bakal beruntung karena makan bekal yang berasal dari olahan ibu berbahan dasar ikan, karena banyak ke keuntungan pada gizinya.
Sebaiknya ibu memilih ukuran wadah bekal yang cukup besar agar olahan ikan tertampung lebih banyak dan olahan ikan tersebut bisa menjadi lauk yang terbaik buat anak TK.
Agar tidak mudah bosan, anda bisa memilih beberapa menu bekal ikan berikut untuk disajikan dalam bentuk bekal untuk anak anda yang sedang duduk dan belajar di Taman kanak-kanak.
Agar isi bekal anak memiliki bentuk yang lucu, anda bisa menggunakan metode hiasan bento untuk setiap bekal anak tersebut.
Diketahui bahwa bento merupakan salah satu cara menghias bekal dengan bentuk mirip wajah tokoh kartun populer kesukaan anak dan sering di tonton.
Menggunakan hiasan bento anak akan berminat dengan selera makan yang banyak terhadap bekal yang ibu buatkan.
Agar tidak terbuang, ibu dapat membuat bekal bento dengan ukuran yang kecil agar selain cepat habis juga bisa mengajarkan untuk tidak membuang makanan yang halal.
Para guru TK juga merekomendasikan anak untuk membawa bekal untuk makan siang dan dimakan bersama teman – teman anak saat istirahat.
Jam istirahat sering digunakan untuk makan siang dan tidur yang digunakan sebagai cara untuk mencairkan suasana belajar dan menyegarkan kembali dari rutinitas belajar yang membutuhkan fokus yang tinggi.

Ikan gurame bakar

12 Bekal Ikan untuk Anak TK yang Enak

1. Ikan Sarden dan Saus tomat

Ibu dapat memasak ikan kalengan yang berisi saus tomat dan sarden untuk dijadikan lauk pendamping nasi putih dan menjadi menu yang juga disukai anak untuk dimakan waktu istirahat siang dimulai.

2. Lele Goreng

Selain sarden, ikan lokal seperti lele dapat menjadi pilihan menu bekal makan siang yang juga enak untuk dimakan anak waktu makan siang. Disarankan Ibu juga harus menghilangkan duri tulang ikan agar anak mudah untuk makan dan menghindari tersedak duri ikan.
Lele goreng bisa dipadukan dengan nasi tim dan sambal tomat yang tidak pedas untuk memberikan nutrisi untuk bisa semangat lagi saat belajar dan selesai istirahat makan siang.

3. Tahu Tuna

Tahu Tuna juga merupakan bekal yang direkomendasikan untuk dibawa anak ke sekolah, tahu ini terbuat dari ikan tuna yang digiling halus dan gilingan tersebut dimasukkan ke dalam tahu.
Tahu Tuna memiliki rasa yang enak dan bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak.
Tahu Tuna tersedia banyak di pasar dan toko yang jual nugget dan Tempura.

4. Tongkol Goreng

Ikan tongkol ini banyak dikreasikan oleh sesama ibu yang bisa dipilih sebagai lauk bekal anak TK ke sekolah. Tongkol dapat di olah menjadi sayur tongkol dan tongkol goreng.
Tongkol goreng dan nasi putih bisa menjadi nikmat pada saat anak lapar dan waktu istirahat siang menjadi jam yang pas buat makan bekal ini.

5. Peyek Ikan

Lauk peyek ikan juga menjadi pilihan lain yang bagus, masyarakat kita sering membuat peyek ikan sebagai lauk nasi putih. Selain untuk orang dewasa, peyek bisa menjadi lauk yang tepat untuk anak TK.
Peyek ikan bisa menjadi lauk yang renyah dan enak untuk menemani nasi putih yang pulen. Ikan yang cocok untuk peyek adalah ikan yang memiliki ukuran yang kecil-kecil.

6. Bakwan ikan

Selain peyek ada juga bakwan yang dibuat dari olahan ikan, ibu bisa mencari resep bakwan ikan yang enak yang bisa menjadi lauk nasi pulen.
Bakwan ikan ini hampir mirip dengan bentuk bakwan sayur tapi bakwan ikan lebih enak karena terbuat dari ikan gilingan yang selain sehat juga kaya manfaat bagi otak anak.

7. Gurame bakar

Gurame bakar dan sambal terasi sangat enak loh bunda, gurame bakar memiliki daging yang lunak dan bisa menjadi salah satu menu bekal yang cocok untuk anak TK, karena terbuat dari pemanggang jadi rasanya enak dan cocok dihidangkan menjadi bekal untuk dibawa ke sekolah.
Selain ikan gurame, ibu dapat menggantikan ikan yang lebih mudah di dapat dan harga yang murah.

8. Pepes ikan

Ibu bisa mencoba membuat pepes ikan yang bisa dipilih menjadi lauk bagi seluruh anggota keluarga, terutama untuk anak yang sedang sekolah. Pepes ikan menjadi menu favorit masyarakat kita yang terbuat dari olahan ikan

9. Nugget ikan

Nugget selain terbuat dari daging ayam juga ada nugget yang berbahan dasar ikan, nugget dengan olahan ikan contohnya seperti otak – otak ikan dan Tempura.
Olahan nugget ini biasanya digoreng dan bisa menjadi bekal favorit anak TK, karena tergolong dengan lauk anak orang kaya.

10. Gulai ikan patin

Gulai atau bahasa jawanya gule merupakan olah dalam bentuk jangan (sayur ikan) yang dibuat dari resep gulai yang enak. Bunda dapat menjadikan gulai menjadi salah satu lauk rekomendasi untuk menjadi bekal anak ke sekolah.
Gulai ikan bisa dipilih dengan berbagai jenis ikan lokal karena gulai ikan ini bisa di olah menggunakan semua jenis ikan lokal yang mudah didapat dan murah, salah satunya ikan patin.

11. Kroket ikan

Olahan yang terbuat dari ikan contohnya seperti kroket, kroket ini sering menjadi lauk program PMT (pemberian makanan tambahan) yang biasanya diberikan kepada anak sekolah dan lansia.
Kroket ini ada yang terbuat dari ikan giling yang prosesnya harus di goreng hingga matang. Kroket ini juga memiliki rasa enak dan bisa menjadi menu olahan ikan pilihan bunda.

12. Pindang ikan

Menu olahan ikan yang terakhir adalah pindang ikan, menu ini juga enak lho dan pengolahan dan pembuatan juga mudah dibuat. Banyak yang menjadikan menu ini sebagai bekal makan siang dan makan malam masyarakat kita.
Sebagai asisten, Saya sudah menjelaskan 12 olahan ikan ya bunda, semua olahan ini cocok dijadikan pendamping nasi putih dan bisa menjadi bekal anak TK yang nikmat.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *