LKA gratis

9 Kegunaan Api untuk Pembelajaran Anak TK

Pembelajaran anak usia dini menekankan pada 6 aspek perkembangan dan juga tema yang harus disesuaikan dengan kebutuhan guru.

Pada pembelajaran khusus pada tema api, mengharuskan guru menjelaskan tentang berbagai manfaat kegunaan api bagi kehidupan sehari-hari.

Anak TK identik dengan belajar sambil bermain. Untuk dapat menjelaskan kegunaan api guru harus memberikan pengertian yang mudah di mengerti.

Untuk membantu anda mengetahui kegunaan api pada kehidupan sehari-hari, sebagai asisten saya akan menginformasikan 9 kegunaan api yang penting bagi kehidupan manusia.

Guru dapat menjelaskan berbagai kegunaan api dengan cara yang biasa dilakukan guru TK, yaitu dengan cara berbicara lantang agar anak didik mau mendengarkan pemaparan guru.

Ditambahkan lagi, wajib adanya lembar kerja yang harus disesuaikan dengan tema api seperti berkaitan dengan api unggun, lilin dan kompor gas.

Guru juga harus menjelaskan bahaya api yang harus diketahui oleh anak didik. Diharapkan dengan mengetahui bahaya api, anak TK dapat menjauhkan diri dari pengguna api yang diluar 9 kegunaan yang akan dijelaskan berikut ini.
api unggun

9 Kegunaan api bagi kehidupan sehari-hari untuk Anak TK

Jelaskan 9 kegunaan api sebagai berikut kepada anak usia dini :

1. Memasak

Ajarkan anak TK untuk mengenal api dala. kehidupan sehari-hari, contoh yang mudah dijumpai tentang kegunaan api adalah untuk memasak.

Tanpa api kita tidak bisa memasak nasi dan lauk pauk. Api digunakan untuk mematangkan makanan supaya dapat di makan dan menjauhkan makanan dari bakteri serta kuman yang ada di makanan.

Makanan seperti ikan dan daging dapat dipanggang dengan mengunakan api sebagai cara untuk mematangkan makanan kita.

2. Lampu penerangan alternatif

Jika listrik padam, orangtua kita memanfaatkan lilin untuk menjadi lampu penerangan yang baik, lilin menggunakan api untuk bisa mengeluarkan cahaya.

Kegunaan api sangat penting pada kondisi mati lampu. Untuk mencegah dari bahaya penggunaan api seperti kebakaran, kita harus hati-hati dengan menjauhkan barang-barang yang mudah terbakar.

Selain lilin, lampu penerangan dapat menggunakan obor untuk menerangi jalan kita saat tidak ada lampu senter.

3. Menghangatkan tubuh

Api unggun dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh yang merasa kedinginan.

Api sebagai solusi menghangatkan tubuh yang paling banyak dipakai oleh anak Pramuka, kegiatan Pramuka sangat erat dengan membuat api unggun.

4. Mengeringkan pakaian

Selain matahari, ada alternatif cara mengeringkan pakaian yang basah, baju yang basah bisa di dekatkan dengan api agar bisa mengeringkannya dengan bantuan panas api.

5. Menjauhkan dari hewan buas

Hewan buas seperti ular dan babi hutan bisa ketakutan dengan api, tentara nasional umumnya menyalakan api untuk menjauhkan diri dari hewan yang berbahaya di malam hari.

Selain menjauhkan dari hewan buas juga dapat menghangatkan dari suhu malam yang dingin.

6. Meningkatkan suhu ruangan 

Dengan bantuan api, ruangan menjadi hangat tapi harus hati-hati dengan api yang besar karena bisa menyebabkan resiko kebakaran yang merugikan pemilik rumah.

7. Digunakan sebagai tradisi dan upacara

Pada kegiatan utama Pramuka akan ada upacara khusus yang berkaitan dengan api, api ini dinamakan api unggun.

Api unggun dijadikan sebagai upacara puncak yang selalu ada pada kegiatan Pramuka.

8. Sumber Energi menggerakan kendaraan

Api digunakan untuk menggerakkan piston pada motor dan mobil. Selain itu, api digunakan untuk meluncurkan roket luar angkasa ke atmosfer bumi. Api sangat bermanfaat untuk kendaraan, tanpa api kendaraan tidak akan bergerak.

9. Untuk membakar Sampah

Sampah di rumah bisa dibakar, pembakaran ini membutuhkan bantuan api. Sampah perlu dibakar agar tidak menjadikan penyebab banjir dan cara agar rumah selalu bersih dari sampah yang bau dan kotor.

Api yang kecil bermanfaat tapi api yang besar dapat membahayakan kita semua. Jadi kita harus selalu berhati-hati dengan api yang besar.
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar