Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

Jadwal Homeschooling anak TK Setiap Hari

1 min read

anak bermain warna

Orang tua dapat mengikuti saran dari guru TK yang menasihati akan pentingnya pendidikan dari rumah yang dimana bersifat formal.

Homeschooling merupakan ide yang bagus untuk cara mengajari anak tentang pentingnya belajar secara mandiri dari rumah.

Selain orangtua sebagai guru di rumah , beberapa orangtua di kota menyewa seorang guru les yang masih mahasiswa sebagai guru homeschooling untuk anak TK.

Jadi homeschooling bisa diselenggarakan setelah anak TK pulang sekolah, tidak perlu waktu lama cukup 1 jam saja per hari.

Homeschooling juga bisa diadakan di pagi hari karena beberapa alasan seperti anak yang tidak senang belajar di sekolah sebagai mana anak TK pada umumnya.

Sehingga guru dan orangtuanya berupaya memberikan solusi pendidikan dari rumah, tentu juga adanya biaya tambahan untuk mengundang guru ke rumah.

Sebagai orangtua mandiri anda bisa menyelenggarakan homeschooling di rumah dengan menggunakan buku pelajaran dan gambar untuk kegiatan mewarnai.

Kegiatan homeschooling bisa disamakan dengan pembelajaran di sekolah TK yang mengembangkan 8 aspek perkembangan anak usia dini pada masa keemasan.

Tapi pada umumnya anak TK harus bisa menguasai 3 dasar belajar yaitu 1. Membaca, 2. Menulis, 3. Menghitung selain itu ada tambahan lagi yaitu berupa seni seperti menggambar dan mewarnai.

Berikut saya membuat contoh jadwal Homeschooling anak TK untuk setiap hari di rumah entah didampingi orangtua atau guru.

HariJadwal Pelajaran
SeninMembaca + Mewarnai
SelasaMenulis + Mewarnai
RabuMenghitung + Mewarnai
KamisMenggambar + Mewarnai
JumatHafalan Surat Pendek
SabtuMembaca Alquran

Saat pembelajaran homeschooling orangtua atau guru mentor harus bisa memberikan materi pendidikan yang lengkap maka anda harus menggunakan buku pelajaran sendiri sebagai sarana belajar anak.

Orangtua dan guru dapat membuat lembar kerja anak berupa buku bergambar untuk diwarnai anak, disamping dari pelajaran utama seperti membaca, menulis dan menghitung.

Homeschooling menjadi sarana yang bagus untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah dan melatih perkembangan kognitif.

Pelajaran homeschooling bisa menggunakan basis pendidikan bertema dan sub tema pelajaran sama seperti pendidikan di sekolah TK pada umumnya.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *