LKA gratis

10 Kegiatan di Acara Hari Guru untuk Anak TK

Hari Guru merupakan hari khusus yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mendedikasikan perjuangan para guru dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada para calon generasi terbaik bangsa.

Hari Guru dirayakan setiap 25 November yang dimana setiap sekolah mempunyai banyak kegiatan dan acara untuk merayakan hari guru nasional.

Kegiatan acara hari guru tidak hanya dirayakan pada jenjang sekolah SD, SMP dan SMA saja, tapi di TK juga ada kegiatan khas yang dimana kegiatan tersebut sering dilakukan.

Ada banyak kegiatan dalam memperingati acara hari guru di sekolah taman kanak-kanak. Kira kira ada 10 kegiatan yang ada pada acara hari guru yang bisa dilakukan oleh anak TK dan Guru TK.

10 kegiatan ini bernilai positif dan bisa dijadikan sebagai kebiasaan pada saat perayaan hari guru.

Kegiatan pada acara hari guru ini bisa untuk dilakukan saat jam pelajaran harian, kegiatan ini sangat bagus dilakukan saat anak TK merayakan hari guru.

Sebenarnya ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan di perayaan hari guru, tapi yang terbaik terdapat pada 10 daftar kegiatan perayaan hari guru berikut ini.

Bunga hari guru

10 Kegiatan dan Acara Hari Guru untuk Anak TK

10 kegiatan perayaan hari guru tersebut disebutkan di bawah ini :

1. Membuat Kartu Ucapan Selamat Hari Guru

Taman kanak-kanak pada perayaan hari guru mengisi waktu belajar untuk membuat kartu ucapan selamat hari guru.

Kartu ucapan selamat hari guru ini tempel, gambar dan diwarnai sesuai dengan kreativitas anak TK sehingga karyanya sangat asli buatan anak didik sendiri, dimana setiap seni setiap anak berbeda beda.

Kartu ucapan ini selanjutnya diberikan kepada guru kelas sebagai cara merayakan hari guru, guru dapat membaca kartu ucapan buatan setiap siswa hingga membuat guru terharu dan bangga terhadap hasil karya anak didiknya.

2. Membuat Poster Selamat Hari Guru

Selain membuat kartu ucapan, anak TK bisa mencoba membuat poster yang bertemakan hari guru, poster ini dapat dibuat dengan menggambar dan mewarnai sendiri hasil setiap karya seni anak didik.

Poster yang dibuat didesain sendiri oleh anak TK sehingga setiap karya memiliki keunikan sendiri. Selain kontennya berupa tulisan selamat hari guru, juga ada ucapan terima kasih yang membuat pembacanya akan terharu.

Contoh Ucapan Selamat hari guru untuk poster dan kartu ucapan dapat anda baca dibawah ini :

Baca juga : 10 Contoh Ucapan Selamat hari guru dari anak TK

3. Mengadakan lomba berpuisi Terbaik

Selain membuat kartu ucapan dan membuat poster, Acara hari guru dapat dilakukan dengan kegiatan perlombaan untuk memeriahkan perayaan hari guru di sekolah anda.

Salah satu perlombaan yang bisa dilakukan seperti lomba puisi, lomba pantun, lomba menari dan lain sebagainya.

4. Mengadakan lomba Mewarnai

Perayaan hari guru di taman kanak-kanak tidak lengkap rasanya tanpa adanya lomba mewarnai. Menggunakan gambar tema guru, anak didik bisa mewarnai sesuai kemampuan dan kreativitas mereka.

Lalu pemenangnya bisa mendapatkan hadiah atau penghargaan hingga dapat membuat perayaan hari guru merupakan hari yang spesial bagi anak TK.

5. Mengadakan Lomba Hafalan Surat Pendek Terbaik

Khusus pada TKIT perayaan hari guru bisa dilakukan dengan membuat lomba hafalan surat pendek atau juz amma.

Lomba ini dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal anak didik sehingga dapat mampu menghafal surat pendek dengan baik. Tentu pemenang bisa mendapatkan hadiah dari panitia agar termotivasi untuk belajar lebih banyak lagi.

6. Mengadakan Upacara menyambut Hari Guru Nasional bersama anak didik

Upacara merupakan kegiatan wajib yang biasa di selenggarakan di TK, pada hari 25 November bisa mengadakan upacara untuk merayakan hari guru dengan memberikan penghargaan kepada anak didik dan guru yang berprestasi.

Upacara pada perayaan hari guru bisa di isi dengan pidato rencana kegiatan yang bisa di kerjakan oleh anak bersama guru di kelas salah satunya membuat poster, pada akhir upacara bisa saling bersalaman dengan guru guru agar tercipta rasa kepedulian dan perhatian antara guru dan anak didik.

7. Mengadakan Market Day Merayakan Hari Guru

Pagi hari perayaan hari guru bisa membuat market day, perayaan dengan mengadakan Market day merupakan cara yang positif dalam mengembangkan program kegiatan di sekolah.

Banyak manfaat pada penyelenggaraan market day salah satu dapat melatih anak didik dengan ilmu berdagang dan mengembangkan kemampuan cara bertransaksi yang baik dan benar.

8. Mengadakan kontes Seni Budaya untuk menyemarakkan hari Guru

Ide kegiatan Perayaan hari guru bisa membuat kontes Seni budaya yang merupakan cara untuk menjaga kelestarian budaya di masyarakat kita sekarang.

Kegiatan pentas seni budaya juga sering direncanakan dan bisa ditetapkan pada perayaan hari guru agar bisa menjadi tambahan program kegiatan semester. Kegiatan ini sangat positif dan dapat menarik minat anak untuk saling bekerja sama.

9. Membuat Origami Bunga untuk diberikan ke Guru

Kegiatan di kelas selain membuat kartu ucapan dan poster juga ada kegiatan membuat bunga dari kertas origami, lalu di foto kelas supaya cara untuk mengingat momen istimewa pada perayaan hari guru di Kelas.

Selain bunga origami, anak TK bisa memberikan beberapa bunga mawar asli kepada guru sebagai wujud terima kasih pada acara hari guru.

10. Baris dan bersalaman dengan Guru-Guru serta memberikan ucapan terima kasih.

Setelah upacara bisa melanjutkan kegiatan bersalaman dengan seluruh guru di halaman sekolah, anak didik bisa mengucapkan terima kasih di acara ini.

Bersalaman merupakan kegiatan yang bernilai moral yang tinggi, sebagai wujud kepedulian dan kasih sayang.

Diharapkan dengan acara ini anak TK bisa mengingat selalu apa saja kegiatan yang menyenangkan saat perayaan hari guru di sekolah mereka. Dan guru dapat terbantu dengan 10 saran kegiatan di acara hari guru untuk anak TK ini.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar