LKA gratis

10 Tugas Polisi untuk Pembelajaran Anak TK

Anak didik yang sedang menempuh pendidikan taman kanak-kanak atau TK harus mengetahui tugas polisi. Anak TK harus bisa menyebutkan tugas polisi sama seperti yang orang lain ketahui.

Pembelajaran taman kanak-kanak harus memberikan ruang pengetahuan tentang tugas dari berbagai profesi salah satunya Polisi.

Profesi polisi merupakan profesi yang banyak di cita-cita kan khusus untuk anak TK yang sangat mendambakan saat dewasa dapat menjadi seorang polisi yang tegas dan dapat membanggakan orangtua mereka.

Guru TK dapat mengajarkan pengetahuan umum tentang bagaimana tugas polisi dalam melayani masyarakat kita.

Untuk mempermudah anda dalam memberikan pengajaran kepada anak TK khusus untuk apa saja tugas polisi, berikut saya akan menginformasikan 10 tugas polisi yang harus guru dan anak TK ketahui.

Sekolah dapat membuat program semester yang mengajak anak anak TK untuk datang berkunjung ke polres terdekat.

Atau bisa lebih mudah kalau polisi datang ke sekolah untuk memberikan pendidikan khas polisi sebagai tambahan program edukasi yang bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengalaman anak didik.

Foto polisi

10 Tugas Polisi untuk Pembelajaran Anak TK

Berikut deskripsi pekerjaan penjaga keamanan masyarakat yang wajib di ketahui :

1. Menjaga Keamanan wilayah dan masyarakat

Tugas polisi ikut menjaga keamanan di wilayah kota bersama masyarakat. Keamanan masyarakat sangat diperhatikan oleh polisi dan polisi sangat sigap saat muncul masalah keamanan seperti kasus dan pencurian yang meresahkan masyarakat kita.

2. Menjaga Ketertiban Kegiatan umum yang beresiko muncul kegaduhan

Kegiatan masyarakat berpotensi muncul kegaduhan yang tidak ingin terjadi, maka polisi melakukan pencegahan terhadap munculnya kegaduhan ini, maka polisi melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan masyarakat agar tetap dalam kondisi yang aman dan damai.

3. Penyelidikan terhadap Kasus Kejahatan

Kejadian pencurian atau kasus kematian harus di selidiki dan ini menjadi salah satu tugas polisi dalam menangani kasus yang terjadi di masyarakat.

Bahkan polisi mempunyai tim khusus yang bertugas untuk melakukan penyelidikan agar bisa dengan cepat menyelesaikan suatu kasus dengan baik.

4. Melayani Pembuatan SIM dan menerima Pengaduan Masyarakat

Polisi juga ada yang bekerja di polres untuk melayani pembuatan SIM kepada masyarakat yang menginginkan untuk memiliki SIM sendiri.

Selain itu polisi juga sigap dalam menerima pengaduan dari masyarakat untuk ditindaklanjuti dengan baik dan cepat.

5. Berkeliling Patroli di jalan Raya

Polisi menggunakan kendaraan mobil untuk berkeliling melakukan patroli di jalan raya untuk melakukan pengawasan terhadap kegiatan masyarakat serta bertujuan untuk mencegah kondisi yang tidak di inginkan saat di jalan raya seperti kecelakaan dan kejahatan di jalanan.

6. Mengamankan Pencuri dari Amukan Massa

Di jalanan bisa saja mendapati suatu kasus pencurian yang sedang ditangkap oleh masyarakat yang mengamuk terhadap pelaku pencurian.

Tugas polisi yaitu mengamankan pelaku dari amukan massa yang kesal dengan pelaku. Untuk itu maka polisi sangat sering melakukan patroli demi mencegah gangguan keamanan di masyarakat.

7. Memberikan teguran dan tilang terhadap pelaku Pelanggaran

Polisi saat melakukan pengaturan lalu lintas sering menjumpai pelaku pelanggaran yang melanggar aturan berkendara.

Seperti tidak memakai helm dan pengendara usia di bawah umur yang seharusnya belum boleh untuk menggunakan kendaraan bermotor.

Kegiatan polisi yang sering dilakukan adalah razia kendaraan bermotor yang bertujuan untuk menilang pengendara yang melanggar aturan berkendara.

8. Mengatur lalu lintas dan memantau Kondisi Keramaian kendaraan di Jalan Raya

Polisi bertugas untuk mengatur lalu lintas di jalan raya agar tidak terjadi kemacetan dan berupaya melakukan pencegahan terhadap kemacetan.

Dengan memantau kondisi keramaian di jalan raya pengendara dapat patuh dan berhati hati di rambu rambu karena polisi mengawasi sehingga sangat kecil muncul pelanggaran lalu lintas.

9. Mengamankan Kendaraan rusak yang mengalami Kecelakaan

Pasca kecelakaan polisi akan melakukan investigasi dan ikut membawa dan mengamankan kendaraan yang mengalami Kecelakaan ke kantor polres untuk di pelajari apa penyebab utama kecelakaan antar kendaraan di jalan raya.

10. Memberikan edukasi terkait keamanan berkendara di Sekolah TK, SD, SMP dan SMA/SMK

Polisi selain bertugas di jalan raya dan menjaga keamanan ternyata juga sering memberikan edukasi berkendara di sekolah - sekolah.

Diharapkan dengan edukasi ini peserta didik dapat mematuhi aturan berkendara seperti memakai helm dan tidak menggunakan kendaraan bermotor sendiri saat akan pergi ke sekolah demi mencegah terjadinya hal urakan yang sering pelajar lakukan saat di jalan.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar