LKA gratis

10 Ide Kegiatan Tema Rekreasi untuk anak TK

Kegiatan pembelajaran harian anak TK memang selalu bertema dan tujuan pembelajarannya berkaitan dengan mengembangkan 8 aspek perkembangan anak.

Di TK dalam kegiatan memang terdapat banyak tema dan sub tema, tema yang sering digunakan dalam pembelajaran harian bertema rekreasi.

Dalam tema rekreasi, guru harus membuat kegiatan yang dapat dikerjakan oleh anak dalam belajar harian. Agar menemukan kegiatan yang cocok untuk dilaksanakan di tema rekreasi, sebagai asisten saya membagikan ide kegiatan tema ini untuk guru kelas agar tidak bingung menentukan kegiatan yang bagus.

Rekreasi TK

10 Ide Kegiatan Tema Rekreasi untuk Pelajaran

1. Tepuk tepuk bertema rekreasi

Guru dengan kemampuan membuat lagu dan di iringi dengan kegiatan tepuk tepuk tangan.

Kegiatan tepuk tepuk dibuat dengan irama yang mudah di ikuti dan menyenangkan untuk mengisi waktu belajar anak didik di sekolah, selain penyampaian informasi dan materi tema rekreasi.

2. Melipat origami tema rekreasi

Guru juga dapat membuat topi rekreasi dan melipat kertas membentuk taman bunga yang berisi origami tumbuhan dan origami hewan yang sangat kreativitas.

Kegiatan ini sering dilakukan oleh guru kelas untuk mengisi tema pembelajaran rekreasi dan sub tema tempat rekreasi yang di isi dengan kegiatan yang menyenangkan untuk dikerjakan.

3. Mewarnai Gambar tempat rekreasi

Guru bisa mencari gambar tempat rekreasi yang digunakan nanti dalam kegiatan harian. Terdapat banyak gambar yang bertemakan rekreasi seperti kebun binatang dan taman bunga kota.

Kegiatan mewarnai dapat meningkatkan kemampuan seni dan kreativitas anak agar dapat menggambar dengan warna dan corak yang mereka sukai.

4. Menyanyikan lagu Perjalanan rekreasi

Kegiatan menyenangkan di TK berkaitan dengan bernyanyi dengan berbagai irama lagu yang menyenangkan dan edukasi.

Guru tidak boleh lupa dengan kegiatan wajib ini karena memberikan efek positif bagi anak yang mengikuti lagu yang dibawakan oleh guru.

Agar tampak seru bisa ditambah kegiatan tepuk tepuk untuk merangsang kognitif dalam mengikuti irama dan melatih perkembangan motorik halus anak.

5. Menggambar Bebas Tempat Rekreasi

Kegiatan menggambar bebas juga bisa untuk mengisi waktu belajar setelah penyampaian materi oleh guru.

Memanfaatkan buku gambar siswa bisa menunjukkan kreativitas dalam menggambar khususnya dalam menggambar tempat rekreasi yang cocok dan disukai siswa saat sedang berlibur.

6. Menyebutkan Nama Nama Tempat Rekreasi

Penyampaian materi di kelas guru bisa menanyakan nama tempat rekreasi yang sesuai dengan sub tema rekreasi.

Kegiatan ini dapat merangsang anak untuk memberikan jawaban yang inspiratif untuk sesama teman kelas.

Untuk menambah wawasan tentang sub tema rekreasi anda bisa membaca artikel terkait berikut ini :

Baca juga : 10 Nama tempat rekreasi untuk anak TK

7. Menyampaikan Materi Aturan yang boleh dan tidak boleh saat sedang Rekreasi

Guru dapat memberikan pesan penting yang harus diketahui anak saat sedang Rekreasi dan saat rekreasi bersama keluarga.

Informasi apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan anak ketika rekreasi dapat di ingat anak sehingga mereka patuh dan berhati hati walaupun sedang rekreasi di tempat wisata.

8. Bercerita dan mendongeng tentang tokoh yang sedang rekreasi

Kegiatan bercerita dan mendongeng bisa dilakukan oleh guru di kelas dengan menggunakan boneka tangan. Tema cerita disesuaikan dengan skenario cerita rekreasi tokoh kartun yang juga sedang rekreasi menyenangkan bersama keluarga.

Kegiatan ini dapat mengisi waktu belajar anak sesuai dengan tema kegiatan ini sehingga mereka mendapatkan materi belajar yang bermanfaat untuk perkembangan sosial emosional mereka.

9. Simulasi piknik rekreasi di dalam sekolah

Kegiatan tema rekreasi dapat berupa aktivitas piknik yang bisa dilakukan di aula atau lapangan sekolah.

Simulasi piknik ini dapat menjadi contoh kegiatan rekreasi yang menyenangkan dan dapat mengisi waktu belajar anak di TK.

Selain itu kegiatan piknik bisa dilakukan di taman dengan mengajak siswa ketaman dapat menjadi waktu rekreasi sederhana untuk anak TK.

10. Membuat kolase tema tempat rekreasi

Kegiatan tema rekreasi yang bisa diajarkan di kelas di isi dengan kegiatan membuat kolase dengan pola gambar berupa tempat rekreasi.

Guru harus mempersiapkan kebutuhan untuk kegiatan hari ini seperti pola gambar dan manik manik serta hiasan yang digunakan untuk dekorasi kolase.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar