LKA gratis

10 Kegiatan Pada Hari Jumat Untuk Anak TK

Anak TK mendapatkan berbagai kegiatan di taman kanak-kanak, kegiatan yang akan dilaksanakan setiap hari sudah direncanakan dan dipikirkan dengan matang oleh guru.

Setiap hari kegiatan di setiap sekolah TK berbeda - beda, tapi rencana kegiatan hampir keseluruhan sekolah terdapat kesamaan.

Anak TK suka kegiatan yang menyenangkan di luar kelas, sehingga agar anak tidak bosan guru harus sering mengajak anak untuk berkegiatan di luar kelas agar mereka senang.

Dalam merencanakan kegiatan setiap hari kepala sekolah dan guru harus memilih berbagai kegiatan positif dari beberapa sekolah TK Maju lain yang belum pernah diterapkan dan dicoba di TK anda.

Hari Jumat merupakan hari yang mulia dan pada hari Jumat banyak keberkahan. Di sekolah, hari Jumat menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh anak TK karena jadwal kegiatannya yang bagus dan sangat diminati oleh anak didik.

Dapat dibayangkan setiap hari Jumat sekolah menjadwalkan 10 kegiatan ini, mungkin anak didik sangat antusias dan menyambut baik kegiatan hari Jumat ini.

Untuk membantu anda dalam memilih rencana kegiatan untuk hari Jumat, sebagai asisten saya menyarankan 10 kegiatan positif berikut ini.

10 kegiatan ini sangat cocok dipilih untuk anak TK karena dapat meningkatkan perkembangan pada kemampuan, khususnya dalam nilai agama dan moral, kemandirian dan pertumbuhan anak TK.

Anak TK Camping

10 Kegiatan pada Hari Jumat untuk anak TK

Berikut saran pilihan kegiatan positif untuk anak TK khususnya untuk kegiatan pada hari Jumat :

1. Cooking Class

Kegiatan hari Jumat ini terinspirasi dari sekolah TK lain yang sudah masuk dalam sekolah yang memiliki program kegiatan terbaik.

Cooking Class atau Kelas Memasak ini dapat anda pilih sebagai kegiatan yang dijadwalkan dan dilaksanakan setiap hari Jumat.

Kegiatan ini dapat mengembangkan kemampuan dan potensi anak TK khususnya dalam mengolah dan memasak makanan.

2. Senam dan olahraga

Pagi hari di beberapa sekolah mengadakan olahraga dan senam untuk di ikuti anak didik sebelum jam pembelajaran di mulai.

Kegiatan ini positif dilakukan untuk anak untuk mengoptimalkan perkembangan emosional dan pertumbuhan anak.

Anda dapat memilih kegiatan ini untuk dilaksanakan pada hari Jumat sebagai cara mengawali hari dengan kegiatan untuk mencerdaskan otak dengan senam sehat.

3. Market Day

Kegiatan bagus untuk dilaksanakan hari Jumat bagi murid TK adalah market day. Market day bisa diterapkan di TK anda sebagai tambahan program kegiatan semester.

Program market day ini bagus dan sudah banyak diterapkan di berbagai sekolah TK negeri dan TK IT di daerah baik di kota dan desa.

Market day mengajarkan jiwa Wirausaha kepada anak TK sejak dini, harapan kegiatan ini adalah melatih perkembangan kognitif anak saat mereka berjualan dan bertransaksi dengan pembeli.

4. Mengaji dan hafalan surah pendek

Kegiatan IMTAQ dapat mengembangkan nilai agama dan moral anak, kegiatan belajar mengaji dibutuhkan oleh anak agar mereka mampu membaca al-quran dengan lancar dan baik.

Menghafalkan surat pendek diperlukan agar anak membaca berbagai surat pendek saat mereka shalat. Selain sebagai bekal shalat, hafalan dapat meningkatkan keimanan anak agar mereka beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

5. Praktek sholat berjamaah

Kegiatan shalat duha dilaksanakan pada hari Jumat bisa menjadi jadwal yang bagus. Kegiatan praktek sholat ini dapat dipilih sebagai kegiatan wajib di sela waktu pembelajaran di kelas.

Praktek shalat mengajarkan anak TK untuk bertaqwa kepada Allah SWT dan menanamkan nilai-nilai agama kepada anak sejak dini.

6. Bakti Sosial

Kegiatan yang bagus bagi anak adalah Bakti sosial yang mengajarkan anak TK untuk saling bergotong royong dan peduli membantu orang yang membutuhkan dengan bantuan yang mereka.

Kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap hari Jumat sebagai alternatif kegiatan lain yang juga penting untuk diselenggarakan oleh sekolah TK.

Kegiatan bakti sosial disarankan dilakukan 2 kali dalam 1 bulan agar tidak memberatkan orangtua dalam menyediakan bahan bantuan.

7. Mendengarkan dongeng

Bercerita dan Mendongeng merupakan kegiatan yang ditunggu oleh anak selain mengerjakan tugas pada pembelajaran.

Mendengarkan dongeng dapat meningkatkan imajinasi dan semangat dalam mengikuti pembelajaran setelah mendengarkan cerita dongeng.

Anak TK suka dengan cerita dongeng, pendongeng yang terkenal di berbagai sekolah bisa menjadi pilihan sekolah untuk di undang.

8. Belajar Renang

Sekolah TK dapat menambah program kegiatan baru seperti drumband, renang dan menari.

Kegiatan ini dapat membekali anak TK agar mereka mampu berenang dengan baik serta bermanfaat untuk menambah tinggi badan anak dengan baik.

Kegiatan belajar renang dapat menjadi pilihan baru untuk diterapkan setiap hari Jumat. Anak TK perlu berenang untuk meningkatkan prestasi belajar dan meningkatkan kesehatan jasmani anak.

9. Program PMT

Program kegiatan lain yang bisa dilaksanakan setiap bulan adalah menjalankan program PMT.

Program PMT merupakan kegiatan pemberian makanan tambahan untuk anak TK. Kegiatan ini dapat menambah gizi dan nutrisi anak yang dapat meningkatkan konsentrasi belajar.

Program PMT hampir sama dengan makan bersama tapi perbedaannya terletak pada bekal makan siang disediakan oleh sekolah.

10. Camping

Kegiatan hari Jumat terakhir sebagai contoh adalah camping, kegiatan ini menyerupai kegiatan Pramuka tapi ini versi khusus untuk anak TK.

Kegiatan camping hanya bisa dilaksanakan di dalam sekolah karena untuk menjaga keamanan dan keselamatan anak didik.

Tidak hanya di sekolah anda saja, kegiatan camping juga banyak diterapkan di berbagai sekolah TK lain yang juga mempunyai program kegiatan semester terbaik.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar