LKA gratis

10 Kegiatan Hari Pahlawan untuk Anak TK

Pada hari pahlawan semua tingkat di jenjang sekolah TK, SD, SMP dan SMA merayakan dan memeriahkan hari pahlawan.

Di Taman kanak-kanak sendiri terdapat berbagai kegiatan yang positif yang juga memeriahkan hari pahlawan.

Anak TK menyambut hari pahlawan dengan siap mengikuti kegiatan yang direncanakan oleh guru, anak TK harus mau untuk mengerjakan tugas kegiatan seperti membuat kartu ucapan dan poster.

Tidak hanya itu saja, saya sudah mengetahui berbagai kegiatan yang sering dijumpai pada perayaan hari pahlawan. Saya sudah membuatkan konten berupa 10 kegiatan anak TK saat perayaan hari pahlawan.

Bendera Indonesia

10 Kegiatan Hari Pahlawan untuk Anak TK

Berikut daftar kegiatan pada perayaan hari pahlawan untuk anak usia dini :

1. Upacara Hari Pahlawan

Kegiatan upacara menjadi bagian wajib dalam memeriahkan hari pahlawan. Upacara di TK tidak seperti upacara bendera seperti di SD atau SMP.

Upacara di TK lebih menekankan simulasi berbaris dan mengajari berdisiplin pada kegiatan upacara. Upacara di TK digunakan untuk memberikan informasi kegiatan yang dilakukan pada perayaan hari pahlawan.

Setelah upacara kegiatan umum di TK dilanjutkan dengan kegiatan senam atau olahraga sebelum masuk kelas.

2. Menyanyi lagu lagu kepahlawanan

Pembelajaran di sekolah TK berisi kegiatan yang menyenangkan, bagian yang tidak terlepas dari pembelajaran anak TK adalah bernyanyi.

Kegiatan hari pahlawan bisa di isi dengan menyanyikan lagu lagu kepahlawanan dan lagu nasional.

Kegiatan bernyanyi menjadi bagian yang mengisi kegiatan pembelajaran, cara ini digunakan sebagai kegiatan ice breaking.

3. Membuat kartu ucapan Hari Pahlawan

Sama seperti perayaan hari hari penting terkait pendidikan, kegiatan membuat kartu ucapan bisa ditugaskan kepada anak didik.

Dengan membuat kartu ucapan sederhana ini dapat memeriahkan hari pahlawan dengan cara perayaan versi anak TK.

Setelah kartu ucapan jadi selanjutnya di kumpulkan atau berfoto bersama sebagai cara mengingat perayaan hari pahlawan.

4. Membuat Poster Hari Pahlawan

Selain kartu ucapan, tugas lain yang bisa diberikan kepada anak TK adalah membuat poster yang menggambarkan hari pahlawan.

Selain itu ada juga kegiatan mewarnai gambar tokoh pahlawan, anak TK harus kreatif dalam mewarnai gambar yang sudah diberikan.

5. Tabur bunga ke makam Pahlawan

Kegiatan di luar kelas yang umum dilakukan dalam merayakan hari pahlawan berupa tabur bunga di makam para pahlawan yang gugur demi membela Indonesia.

Anak TK dapat diberikan stimulasi perkembangan emosional dengan berziarah ke makam pahlawan.

Kegiatan ini juga sering dilakukan oleh guru di tingkat SD, SMP dan SMA. Cara ini merupakan wujud kepedulian sosial kepada tentara yang menjadi pahlawan negara.

6. Fashion Show tema Hari Pahlawan

Hari pahlawan dapat dimeriahkan dengan acara fashion show dengan berbusana tradisional dan tentara nasional untuk menyesuaikan dengan tema hari pahlawan.

Kegiatan ini merupakan inovasi perayaan hari pahlawan yang bisa di laksanakan sebagai program kegiatan semester yang bagus.

7. Membuat Drama Hari pahlawan Singkat

Anak TK berkontribusi dalam membuat teater atau drama tema hari pahlawan yang didesain menyerupai kegiatan masyarakat dan pemerintah dalam menjaga keutuhan NKRI.

Kegiatan ini dapat direkam dan dijadikan sebagai dokumentasi untuk di upload di YouTube atau Tiktok sebagai cara sekolah merayakan hari pahlawan.

8. Kuis Cerdas Cermat tema Hari Pahlawan

Tugas lain untuk merayakan hari pahlawan dengan cara mengajak menyelesaikan kuis yang soalnya berisi pertanyaan seputar pahlawan.

Kuis ini dapat digunakan sebagai cara merangsang kognitif dan ilmu pengetahuan anak tentang pahlawan.

Soal dapat dideskripsikan semudah mungkin agar dapat dijawab oleh anak usia di usia 4-6 tahun. Dan sesuai dengan materi yang diajarkan oleh guru TK di kelas.

9. Tepuk tepuk dan yel yel Hari Pahlawan

Kegiatan tepuk tepuk dan yel yel bagian dari pembelajaran di TK, guru harus bisa membuat tepuk tepuk yang bertemakan pahlawan.

Selain itu ada juga yel yel yang digunakan untuk menjaga kekompakan anak didik serta mengajak agar tetap fokus mengikuti kegiatan hari pahlawan.

10. Menonton bareng Film dan Kartun pahlawan

Kegiatan nonton bareng bisa dilaksanakan di taman kanak-kanak dengan video konten yang bertemakan pahlawan banyak konten yang bertemakan hari pahlawan untuk anak TK baik berupa kartun atau film dokumenter.

Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan dan mengamati saat memerhatikan video yang ditayangkan.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar