LKA gratis

10 Permainan Seru Saat MOS Untuk Anak TK

Masa orientasi siswa tidak hanya di SD dan SMP saja tapi di TK juga ada Kegiatan MOS. MOS merupakan program pengenalan sekolah bagi siswa baru yang masuk bersekolah.

Tapi berdasarkan aturan baru dari Kemdikbud RI kegiatan MOS sekarang diganti dengan sebutan MPLS. MPLS singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Di TK kegiatan MPLS di isi dengan kegiatan yang positif dan aktivitas yang dilakukan bermakna sesuai dengan namanya pengenalan lingkungan sekolah.

Selain itu MPLS di TK juga mengenalkan bagaimana pembelajaran harian dan kebiasaan harus dipatuhi di TK. Untuk mengetahui contoh kegiatan positif selama MPLS di TK anda dapat membaca artikel berikut ini.

Baca Juga : 10 Contoh Kegiatan selama MPLS di Taman kanak-kanak

Agar kegiatan MPLS berjalan dengan baik, maka guru TK harus merencanakan Jadwal program MPLS untuk anak TK dengan jadwal kegiatan yang positif.

Dalam jadwal kegiatan MPLS harus ada kegiatan berupa permainan yang dilakukan saat jam tertentu sesuai jadwal yang sudah dibuat.

Agar kegiatan MPLS menjadi lengkap maka guru harus memilih permainan yang seru dan edukatif.

Untuk membantu anda dalam menentukan permainan yang bagus, saya sudah menyiapkan saran dan ide permainan yang bagus dilakukan di acara MPLS di TK.

Permainan ini dapat dilaksanakan di dalam kelas dan aula sekolah, kegiatan ini menambah aktivitas menyenangkan di jadwal kegiatan acara MPLS di TK.

Kegiatan mos TK

10 Permainan di acara MOS untuk Anak TK

10 Permainan disampaikan sebagai berikut :

1. Menyanyikan Yel Yel

Permainan di dalam kelas yaitu menyanyikan yel yel bersama siswa baru, kegiatan ini menambah keceriaan di acara MPLS di TK.

Permainan ini juga menambah kekompakan siswa baru di kelas, agar mereka mempunyai keselarasan antar siswa yang belum dikenal.

2. Menyanyi Lagu Anak

Permainan sederhana yang bisa dilakukan di aula saat siswa TK berkumpul yaitu menyanyikan lagu anak - anak yang biasa guru TK nyanyikan di siswa TK terdahulu yang sudah lulus.

Permainan ini cocok dilaksanakan karena tidak termasuk dalam aktivitas berat dan tidak membuat kericuhan antara siswa.

3. Tepuk Tepuk

Kegiatan berupa permainan sederhana yang umum dilakukan anak TK adalah tepuk tepuk berupa yel yel atau lagu mars sekolah.

Kegiatan tepuk tepuk juga bisa mengisi waktu di sela sela istirahat dan pemberian materi umum MPLS.

4. Ice Breaking

Pada saat istirahat, siswa baru dapat mengisi waktu istirahat untuk kegiatan permainan yang dinamakan ice breaking yang berfungsi untuk melepaskan suasana yang keras karena pemberian materi MPLS yang melelahkan otak.

Ice breaking memberikan manfaat untuk menambah keceriaan dengan permainan yang mengasah otak dan merangsang kesenangan agar tidak kelelahan.

5. Bermain Puzzle

Puzzle yang di kelas dapat dimanfaatkan untuk kegiatan permainan anak saat jadwal kegiatan berupa jam permainan dimulai, diharapkan dengan mengisi waktu dengan permainan dapat menambah antusias selama mengikuti MPLS.

6. Permainan Estafet Air

Permainan yang dilakukan di lapangan sekolah ini berupa permainan air yang dikenal dengan sebutan estafet air.

Permainan itu melatih perkembangan motorik halus dan kekompakan agar mendapatkan air yang banyak agar dapat memenangkan permainan ini untuk mendapatkan hadiah.

7. Mewarnai Sketsa Gambar

Guru dapat menyediakan kegiatan MPLS berupa kegiatan mewarnai gambar sketsa yang harus dikerjakan oleh siswa baru.

Tema ini berkaitan dengan bangunan sekolah yang memberikan kesan mengenal sekolah sebagai tempat tinggal yang baru untuk belajar selain di rumah.

8. Bermain APE Indoor

APE indoor di dalam kelas sangat banyak dan bisa dimanfaatkan untuk acara MPLS. APE indoor ini dipilih untuk dimainkan oleh siswa baru secara berkelompok untuk melatih kerja sama.

Selain itu juga ada perkembangan pada interaksi sosial antar siswa baru agar mereka mengenali teman teman baru di TK.

9. Bermain APE Outdoor

Permainan yang dapat dimainkan selama MPLS tidak perlu memikirkan permainan yang sulit dilakukan, hanya dengan memanfaatkan APE Outdoor yang sudah ada dapat dimanfaatkan untuk mengisi waktu istirahat acara tersebut.

10. Bermain Kuis Tebak Tebakan

Guru dapat membuat kuis permainan yang merupakan konten tebak tebakan seperti ciri ciri hewan dan suara hewan.

Permainan kuis ini bagus dilakukan di waktu jam siang, anak TK bisa merangsang kognitif dalam menjawab kuis yang dibuat oleh guru.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar