Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

12 Kegiatan Nilai Agama dan Moral Anak TK

2 min read

kegiatan membaca iqro

Kegiatan selama anak masih TK berupa aktivitas pembiasaan, aktivitas dan kegiatan yang dilakukan untuk mengoptimalkan 8 perkembangan anak usia dini.

Salah satu 8 perkembangan anak usia dini yang penting yang perlu menjadi perhatian dari guru dan orangtua adalah nilai agama dan moral atau singkat NAM.

Dari kegiatan nilai agama dan moral, guru berupaya membekali anak agar mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada sang pencipta.

Kegiatan dan pelajaran di Taman kanak-kanak berupa tema dan orientasi pasar perkembangan 8 aspek perkembangan anak usia dini.

Pembiasaan di kelas seperti tepuk tepuk, bernyanyi, bermain dan yel yel diajarkan untuk dapat meningkatkan perkembangan agama dan moral.

Nilai agama dan moral ini sangat penting bagi perkembangan selanjutnya setelah mereka lulus TK. Guru TK berusaha membekali ilmu agama dan moral yang baik kepada anak dengan berbagai permainan dan kegiatan.

Contoh kegiatan untuk mengembangkan nilai agama dan moral yang dapat guru TK lakukan dengan memberikan rangsangan kegiatan di daftar berikut ini.

12 Kegiatan Stimulasi nilai Agama dan Moral untuk Anak TK

Isi kegiatan terkait Nilai Agama & Moral untuk anak usia dini berikut :

1. Praktek Shalat

Di sekolah setiap hari Jumat identik dengan kegiatan IMTAQ, Pada pagi hari anak didik diajak guru untuk melaksanakan shalat Dhuha bersama sama.

Praktek tata cara shalat dapat diajarkan di rumah agar anak dapat melaksanakan shalat secara mandiri dan sebagai bekal saat praktek shalat di sekolah.

2. Belajar membaca Iqro

Menjelang pulang, guru meluangkan waktu pembelajaran dengan di isi dengan aktivitas membaca iqra.

Kegiatan membaca iqra di sekolah ini merupakan langkah usaha keras yang dilakukan oleh guru agar anak didik bisa membaca Alquran dengan lancar dan benar.

3. Membaca doa Harian

Di sekolah, anak didik tidak hanya diajarkan materi pembelajaran saja tapi juga pembiasaan moral yang baik.

Kegiatan menghafalkan berbagai doa doa harian ini masuk dalam kegiatan yang menstimulasi perkembangan nilai agama dan moral.

4. Bersedekah dan Infaq

Kegiatan terkait NAM yang bisa diajarkan kepada anak TK berupa bersedekah kepada masyarakat di sekitar taman kanak-kanak.

Selain itu ajaran untuk berinfaq agar mereka mendapatkan pahala dan ketenangan dalam belajar di sekolah.

5. Mewarnai dan menulis Huruf Hijaiyah

Pembelajaran di kelas yang merupakan kegiatan wajib yaitu melaksanakan pembelajaran yang berbasis tema.

Saat guru memberikan lembar kerja anak, guru menyusun kegiatan mewarnai bertema bahasa Arab. Lembar kerja mewarnai bahasa Arab menjadi salah satu cara sederhana mengembangkan nilai agama dan moral.

Di jam pembelajaran anak didik diajarkan untuk bisa menulis berbagai huruf Hijaiyah dengan bagus. Hal ini untuk menstimulasi cara menulis bahasa Arab anak agar lebih terbiasa dan tulisan Arab bagus dilihat.

6. Mendengarkan Cerita Nabi

Kegiatan mendongeng dengan konten cerita nabi juga bisa merangsang kognitif dan NAM.

Kegiatan mendengarkan dongeng meningkatkan ketebalan taqwa anak didik dan pengetahuan tentang berbagai cerita para nabi yang beriman kepada Allah SWT.

7. Sholawatan dan belajar adzan

Kegiatan sholawatan bisa diterapkan di sekolah, kegiatan termasuk muatan nilai agama dan moral. Kegiatan bersholawat dapat meningkatkan ketaqwaan anak didik dalam mengagumi nabi Muhammad SAW.

Anak TK juga perlu diberi tugas untuk menghafalkan cara adzan di rumah dan mempraktekan cara ber adzan di hadapan guru ketika di kelas.

8. Hafalan surah Pendek

Di TK berbasis islam seperti TK IT mengharuskan anak didik untuk dapat bisa menghafalkan surah pendek sebagai bekal untuk mengikuti praktek sholat.

Hafalan surah pendek diucapkan di dalam kelas dihadapkan guru untuk setoran bacaan surah pendek. Kegiatan ini terbukti dapat meningkatkan perkembangan agama dan moral anak dengan sempurna.

9. Menghafalkan Asmaul Husna

Selain menghafal surah pendek, anak TK dituntun bisa menghafalkan nama nama Allah yang dikenal dengan sebutan Asmaul Husna.

Kegiatan menghafalkan Asmaul Husna ini merupakan salah satu isi pembelajaran di kelas yang bermuatan nilai ketakwaan.

Kegiatan menghafalkan ini sulit dan bahkan tidak setiap orang dewasa mampu menghafalkan nama nama Allah ini.

10. Praktek Wudhu

Kegiatan praktek Wudhu perlu diajarkan kepada anak didik, praktek Wudhu dilakukan sebelum melaksanakan shalat Dhuha.

Praktek Wudhu ini juga membekali anak ilmu dan tata cara berwudhu yang benar serta harus bisa menghafalkan doa wudhu dengan benar sebagai syarat sah shalat.

11. Membaca hadits

Membaca hadist juga cara bagus untuk meningkatkan kepercayaan kepada Allah SWT dan rasulnya.

Kegiatan ini dapat mengembangkan nilai agama dan moral anak menjadi lebih bertakwa dari sebelumnya.

Kegiatan ini dapat membuat perasaan dan mental anak menjadi lebih tenang dan nyaman.

12. Membuat Kaligrafi

Menulis kaligrafi juga merupakan kegiatan yang dapat menstimulasi nilai agama dan moral anak karena kontennya berupa cara menulis kaligrafi.

Beberapa sekolah dalam pembelajaran hariannya, anak TK mendapatkan tugas untuk membuat dan mewarnai kaligrafi sebagai tugas di rumah yang juga harus dikumpulkan siswa dihari berikutnya.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *