LKA gratis

15 Contoh Nama Kelas TK Islam yang Bagus

Sekolah taman kanak-kanak yang berbasiskan pada penerapan ajaran agama Islam seperti RA dan TKIT mempunyai perbedaan dengan TK Dharma Wanita atau TK umum.

Di RA dan TKIT menerapkan ajaran yang berlandaskan nilai agama dan moral pada Al-quran dan muatan keislaman sehingga dalam pembelajaran harian selalu mengajarkan perilaku dan moral yang baik.

Umumnya di sekolah terdapat kelas TK terdiri dari 2 kelas yaitu TK A dan TK B, selain itu beberapa sekolah TK mempunyai ruang kelas yang lebih dari 2 kelas.

Karena terdiri dari banyak kelas maka setiap kelas harus diberi nama yang berbeda - beda agar mudah dicari dan kecil kemungkinan untuk salah masuk kelas.

Karena berbasis Islam maka RA dan TKIT agar cocok dengan jati diri sekolah maka pemberian nama kelas harus memiliki nama yang berarti baik dan bagus.

Inspirasi nama kelas di artikel ini diambil dari nama baik sahabat nabi Muhammad atau Asmaul Husna, selain itu juga ada tambahan nama kelas yang terinspirasi dari nama periwayat hadits.

Beberapa nama kelas bertema Islam ini dapat menjadi contoh pemberian nama kelas yang bertema Islam.

15 Nama yang tertulis ini sudah banyak dipilih dan digunakan sebagai sebutan kelas - kelas, khususnya di RA dan TK Islam Terpadu sehingga anda dapat mengikuti contoh pemberian nama kelas di TK dari beberapa sekolah TK lain yang serupa basis pendidikannya.

Nama kelas TK

15 Ide Nama Kelas TK yang bertema Islam

Sebutan nama kelas yang bagus sebagai berikut :

1. Kelas Abu Bakar As-Siddiq

Nama kelas ini terinspirasi dari para nama sahabat nabi Muhammad SAW, total ada 10 nama sahabat nabi yang tertulis dibawah ini.

2. Kelas Umar bin Khattab

Anda dapat memilih dan menyeleksi nama kelas yang bagus penyebutannya dan singkat katanya, anda bisa menggunakan nama Umar bin Khattab sebagai nama kelas.

3. Kelas Utsman bin Affan

Nama nama sahabat nabi ini membantu nabi dalam berdakwah dan menegakkan Islam setelah kematian nabi Muhammad, namanya dapat diabadikan sebagai nama kelas untuk mengingat perjuangan para sahabat nabi.

4. Kelas Ali bin Abi Thalib

Keunggulan menggunakan Nama nama sahabat nabi ini dapat membantu siswa TK agar mereka mengetahui para sahabat nabi Muhammad.

5. Kelas Abdurrahman bin Auf

Selain baik tujuan pemberian namanya, anak TK bisa bangga terhadap masing masing kelas yang mereka tempati karena namanya bertema Islam sehingga label Islam dapat melekat di perasaan anak TK.

6. Kelas Saad bin Abi Waqqas

Bila nama sahabat nabi sudah terlalu populer di penyebutan setiap kelas TK maka anda dapat mencari sumber inspirasi nama seperti di nama surah di Al-Qur'an atau Salah satu nama Asmaul Husna.

7. Kelas Abu Ubaidah bin Jarrah

Walaupun beberapa nama berikut tidak terlalu populer seperti Umar bin Khattab dan Abu Bakar tapi tetap saja ini merupakan ide nama kelas bertema Islam.

Karena mencari nama kelas bertema Islam sangat sedikit salah satu sumber inspirasi nya hanya dari hadits, sahabat nabi dan Asmaul Husna saja.

8. Kelas Talhah bin Ubaidillah

Selain bertema Islam, nama kelas bisa terinspirasi dari nama pahlawan yang ada di Indonesia atau anda dapat menggunakan nama nama bunga untuk menamai setiap kelas.

9. Kelas Zubair bin Awwam

Jika nama sebutannya terlalu panjang anda dapat menamai kelas dengan nama sebutan nabi seperti Zubair atau Hurairah. Jadi untuk nama kelas bisa singkat dan muat bila di tulis di papan nama kelas.

10. Kelas Abu Hurairah

Nama kelas bertema sahabat nabi yang terakhir yaitu abu Hurairah yang merupakan nama yang banyak disebutkan dalam cerita perjalanan nabi Muhammad dalam menyiarkan Islam.

11. Kelas Bukhari

Nama kelas ke 11 sampai 15 terinspirasi dari nama periwayat hadits nabi yang mempunyai nama sebutan yang bagus sehingga nama namanya cocok dipilih untuk nama kelas di sekolah anda.

12. Kelas Muslim

Nama kelas Muslim mempunyai makna yang berarti beriman kepada nabi dan Al Qur'an, nama ini bagus dan siswa TK dapat merasa beruntung dengan nama kelas mereka yang disebut muslim.

13. Kelas Abu Daud

Nama periwayat hadits nabi merupakan seorang yang baik dan jujur, kelas Abu Daud juga merupakan nama yang bagus karena bertema Islam.

14. Kelas Tirmidzi

Tirmidzi merupakan nama periwayat hadits yang terkenal dan siswa TK akan bangga dengan penggunaan nama kelas yang terinspirasi dari para periwayat hadits berikut.

15. Kelas Nasaa`i

Nama periwayat terakhir yang dapat menjadi inspirasi anda bernama nasa'i yang merupakan periwayat hadits yang terkenal dan banyak hadits yang dijelaskan olehnya.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar