Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

8 Manfaat Meniup Balon Untuk Anak TK

2 min read

Kegiatan di taman kanak-kanak sangat menyenangkan bila ikuti, karena berorientasi pada 8 aspek perkembangan anak maka setiap pembelajaran terdapat tujuan pembelajaran yang mengoptimalkan 8 aspek penting tersebut.

Guru harus menyediakan kegiatan dan aktivitas pembelajaran yang bagus untuk 8 aspek perkembangan anak tapi juga menyenangkan untuk dikerjakan.

Aktivitas menyenangkan yang diadakan untuk kegiatan anak salah satunya adalah meniup balon untuk kegiatan perayaan hari guru dan hari perayaan tertentu.

Kegiatan meniup balon merupakan aktivitas yang sederhana tapi terdapat banyak manfaat yang jarang guru ketahui.

Aktivitas meniup balon merupakan aktivitas yang berat dan sebaiknya tidak sering digunakan untuk kegiatan tambahan saat belajar.

Karena yang berlebihan tidak baik terdapat resiko gangguan pada pernapasan anak seperti batuk, mudah haus dan sesak napas.

Karena kegiatan ini bermanfaat untuk melatih daya tahan anak maka kegiatan ini boleh dilakukan di acara tertentu. Seperti membantu guru menyiapkan balon untuk acara ulang tahun salah satu siswa atau saat perayaan sekolah taman kanak-kanak.

Bagi guru harus mengetahui dampak buruk dan manfaat yang penting untuk anak usia dini, tapi jika dibandingkan dengan dampak buruknya lebih banyak manfaat yang diperoleh saat anak melakukan aktivitas ini.

Terdapat 8 manfaat saat anak melakukan aktivitas meniup balon bagi perkembangan jasmaninya, isi manfaat disampaikan pada daftar berikut ini.

8 Manfaat Meniup Balon bagi Anak TK

Penjelasan disampaikan berikut :

1. Melatih dan menyehatkan Paru Paru

Saat mengumpulkan udara maka paru paru mengembang untuk menampung udara sebanyak mungkin. Ini sudah diteliti manfaat meniup balon bagi pernapasan dan kesehatan serta ketahanan paru paru anak yang masih kecil.

Tapi aktivitas ini harus dilakukan dengan hati hati agar tidak mengganggu pola pernapasan yang semestinya.

2. Menyehatkan Jantung

Saat mengatur tekanan udara maka paru paru akan berpengaruh tapi menyehatkan tapi harus dilakukan dengan pelan pelan.

Penggunaan aktivitas paru paru dan udara yang mengandung oksigen ini berdampak bagus terhadap kesehatan jantung karena detak jantung dalam memompa semakin optimal.

3. Melatih Pola Pernapasan yang Sehat

Aktivitas ini mengatur pola pernapasan yang sehat karena paru paru bekerja dengan optimal sehingga agar tidak kelelahan maka sistem otak anak menciptakan pola pernapasan yang berbeda jika dibandingkan dengan bernafas seperti biasa.

Walaupun baik kegiatan ini harus dilakukan dengan perhatian guru agar anak Meniup Balon yang berdampak positif dan bukan malah berdampak negatif terhadap pernapasan.

4. Melatih jari dalam Menggenggam Balon

Saat meniup balon maka tangan serta jari anak akan memegang balon dengan kuat agar tidak lepas.

Aktivitas ini dapat melatih kemampuan motorik halus anak selama dalam aktivitas meniup balon hingga ke ukuran besar.

5. Melatih otot rongga mulut untuk memompa udara

Memompa udara tidak hanya pada paru paru, tapi rongga mulut anak juga ikut mengembung untuk mengisi balon dengan udara sebanyak banyaknya.

Aktivitas ini dapat melatih otot mulut, lidah dan kerapatan gigi sehingga berdampak positif bagi perkembangan otot rongga mulut.

6. Melatih diafragma anak usia dini

Pada anak usia dini menjaga kesehatan paru paru merupakan hal yang penting dan aktivitas meniup balon ink bagus digunakan untuk melatih bagian pernapasan yang penting selain paru paru.

Bagian tubuh sebagai pembantu pernapasan bernama diafragma yang ikut membuat pernapasan yang optimal untuk membantu kinerja paru paru.

7. Melatih Perasaan dan Kehati-hatian

Saat aktivitas meniup balon dikerjakan oleh anak maka anak mempunyai perasaan untuk mengisi balon agar terhindar dari meletus.

Aktivitas yang sederhana ini membantu melatih Kehati-hatian dalam mengisi balon agar tetap utuh untuk digunakan sebagai dekorasi ataupun mainan.

8. Menambah keceriaan untuk bermain

Selain bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan organ pernapasan, kegiatan dan aktivitas yang dilakukan juga berdampak untuk menambah keceriaan yang didapatkan saat kegiatan meniup balon bersama guru dan teman teman kelas yang juga melakukan aktivitas fisik ini.

Segala kegiatan yang direncanakan oleh guru harus berdampak baik bagi pertumbuhan dan keceriaan anak sehingga kegiatan yang dilakukan di sekolah saat baik bagi anak terutama sebagai bekal penting dalam masuk ketingkat jenjang pendidikan sekolah dasar.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *