LKA gratis

9 Kegunaan Air Untuk Pembelajaran Anak TK

Pembelajaran di taman kanak-kanak berdasarkan basis pendidikan berorientasi pada 8 aspek perkembangan anak dan tema sehingga di TK tidak ada jadwal pelajaran yang sama.

Karena berbasis pada tema maka kegiatan harian selalu berorientasi pada tema tertentu sebagai contoh tema air.

Pada tema air pelajaran yang diajarkan bisa tentang kegunaan dan manfaat air dalam kegiatan sehari hari yang sering anak TK manfaatkan untuk banyak hal.

Pada pelajaran kegunaan air guru dapat menjelaskan ulang materi yang sudah dibuatkan dibawah ini.

9 Kegunaan air ini berdasarkan pendekatan khusus untuk anak TK yang perlu masih belajar banyak hal tentang pengetahuan tentang pemanfaatan air.

Walaupun penjelasan ini untuk anak TK tapi terdapat kesamaan pemahaman antara kegunaan air bagi anak TK dan bagi orang dewasa.

Selain tentang kegunaan dan manfaat air, guru juga perlu menjelaskan bahaya air bagi manusia seperti banjir dan tenggelam.

Selain itu tadi, ada juga pembelajaran tentang cara penghematan air bersih yang perlu anak TK ketahui sebagai pembiasaan sampai ia dewasa.

Air minum

9 Kegunaan Air untuk Pembelajaran Anak TK

1. Air Minum

Air sumur dimanfaatkan masyarakat untuk Air minum yang menyegarkan saat haus.

Air digunakan sebagai sumber kehidupan makhluk hidup kita manusia dan hewan serta tumbuhan.

Selain masyarakat ada pula pabrik air yang memproduksi air minum kemasan baik botol atau pun gelas untuk di pasarkan di toko atau supermarket.

2. Pembangkit listrik tenaga air

Air terjun dan bendungan raksasa memanfaatkan aliran air yang deras untuk membuat pembangkit listrik tenaga air.

Kegunaan air untuk PLTA ini merupakan langkah pemerintah dalam memasok listrik di kota besar.

3. Irigasi Sawah

Aliran air dari sungai dan kali diarahkan ke area persawahan untuk digunakan sebagai pengairan sawah, dimana sawah yang ditanami padi harus dapat pengairan yang banyak agar tetap tumbuh dengan hasil panen yang memuaskan.

4. Kegiatan Berenang

Kolam renang membutuhkan air yang banyak untuk mengisi semua kolam renang, air ini digunakan sebagai kegiatan olahraga dan latihan berenang yang juga merupakan sarana bermain bagi anak anak hingga orang dewasa.

5. Sarana Transportasi air

Kapal dan sampan hanya bisa bergerak bila sungai dan danau terdapat banyak air, air digunakan untuk membuat tambak ikan sebagai mata pencarian warga dan menyuplai ikan ke pasar.

6. Mencuci Tangan dan Pakaian

Kegiatan ibu di rumah menggunakan air untuk kegiatan mencuci pakaian, mencuci membutuhkan air yang banyak selama proses mencuci.

Selain itu air digunakan untuk mencuci tangan yang kotor agar bersih agar bisa makan siang.

7. Mandi dan Gosok Gigi

Agar badan bersih, air dimanfaatkan untuk kegiatan mandi dan gosok gigi. Air dari sumur dan PDAM banyak dimanfaatkan banyak warga untuk mandi dan gosok Gigi.

8. Menyiram tanaman

Di rumah Tamanan yang dirawat membutuhkan air agar tetap hidup, ini juga merupakan penggunaan air untuk kebutuhan dan kegiatan sehari hari.

Anak didik mungkin mengetahui Kegunaan air yang biasa orangtua digunakan di rumah.

9. Sarana Rekreasi

Air terjun dan kolam renang dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi bagi keluarga. Air terjun digunakan untuk menarik perhatian wisatawan untuk berfoto dan kolam renang dimanfaatkan untuk kegiatan belajar berenang dan bermain bagi anak TK.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar