Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

8 Kriteria Penilaian Lomba Kolase Anak TK

2 min read

kolase buatan anak tk

Kegiatan pembelajaran anak TK sangat berkaitan dengan melatih kreativitas dan seni sebagai kegiatan pelengkap pembelajaran harian.

Kegiatan seni di TK merupakan kegiatan rutin, anak TK bisa menghasilkan karya seni yang bagus karena kegiatan yang dilakukan berulang-ulang hingga terdapat perubahan pada kualitas seni dari yang semula berantakan menjadi lebih realistis dan bagus.

Kegiatan terkait dengan perkembangan seni contohnya menggambar, mewarnai, mendaur ulang barang bekas menjadi karya dan seni melipat kertas kreatif.

Kegiatan lomba yang bagus terkait dengan seni dan kreativitas untuk anak TK adalah lomba membuat kolase, lomba kolase ini sering diadakan oleh kampus jurusan PG PAUD.

Di taman kanak-kanak, siswanya juga pernah membuat karya seni berupa kolase yang dibuat dengan memanfaatkan ornamen dan komponen penyusun kolase yang terbuat dari daun kering dan plastik bekas.

Kegiatan lomba ini direncanakan dan diselenggarakan di kampus untuk memastikan diterapkannya program semester rutin untuk jurusan pendidikan anak usia dini.

Target kegiatan kampus ini untuk memfasilitasi anak TK yang jago dan kreatif dari beberapa sekolah taman kanak-kanak di kabupaten untuk datang untuk unjuk kemampuan agar memperoleh piala dan hadiah uang pembinaan.

Tahap kegiatan lomba membuat & mendesain kolase yang tidak mungkin dilewatkan adalah tahap penilaian. Karena seni dari setiap siswa TK itu tidak sama maka perlu instrumen penilaian yang bagus juga, agar memperoleh juara yang bersifat jujur dan berdasarkan kemampuan sendiri dalam membuat seni.

Untuk penilaian lomba kolase mungkin anda belum memahami apa yang perlu diperhatikan dalam memberikan penilaian dari setiap karya seni dan membandingkan perbedaan diantara setiap kolase yang dibuat anak TK.

Untuk Kriteria penilaian lomba karya seni terdapat kesamaan, penilaian tersebut terdiri dari 8 buah kriteria penilaian yang banyak dilakukan orang awam dalam menilai seberapa bagus seni yang dibuat.

8 Kriteria penilaian lomba kolase anak TK

Berikut isi dan penjelasan lengkapnya :

1. Kebersihan kolase

Kebersihan menjadi penilaian penting saat menilai karya seni baik itu gambaran atau kolase.

Lembar kerja anak dalam membuat kolase perlu diperhatikan dengan baik, Tumpahan dan Coretan yang tidak disengaja dapat mempengaruhi nilai karya kolase peserta.

Maka siswa TK harus mengetahui kriteria penilaian ini dan harus hati – hati dalam mengerjakan karya seni tersebut.

2. Kerapian kolase

Kerapian ornamen dan komponen penyusun kolase harus diteliti dan di nilai dengan baik. Semakin tidak rapi / meluber kemana – mana hasil kolase yang dibuat maka nilai yang diberikan akan dikurangi dari pada karya seni yang rapi.

3. Kesesuaian dengan warna dan corak seperti pada hewan / tumbuhan aslinya

Gambar kolase yang dibagikan biasanya bertema gambar pemandangan, hewan atau tumbuhan. Karya kolase yang rupa nya mirip dengan warna dan corak yang sama seperti hewan dan tumbuhan hidup harus dinilai lebih baik.

Hal ini termasuk dalam realistis karya seni, semakin mendekati corak asli yang dijumpai pada hewan maka dapat dinyatakan sebagai juara.

4. Ketepatan waktu dalam menyelesaikan kolase

Karena kegiatan lomba sangat padat dan terbatas dalam waktu maka penilaian terkait waktu penyelesaian harus juga diperhatikan oleh juri.

Peserta yang belum menyelesaikan karya kolase saat jam mengerjakan selesai akan menghasilkan karya yang kurang bagus karena masih belum selesai. Maka nilai yang diberikan sedikit dan kecil kemungkinan untuk menang.

5. Pemilihan Penggunaan bahan penyusunan kolase

Bahan atau komponen ornamen untuk kolase yang disediakan banyak dan siswa dituntut menggunakan ornamen untuk menghias seindah mungkin kolase yang dibuat.

Pemilihan komponen ornamen juga mempengaruhi hasil akhir tampilan kolase, maka juri dapat menjadikan bagian ini sebagai cara menilai karya kolase yang dibuat peserta.

6. Keunikan kolase berdasarkan kreativitas

Yang namanya keunikan bisa berkaitan dengan keterkaitan dan pemahaman abstrak juri, keunikan ini menjadi faktor yang sering juri gunakan dalam menilai karya seni.

Keunikan ini terkait dengan kecocokan karya dalam mendominasi pemikiran juri dibandingkan karya seni lain yang juga menyerupai karya seni tersebut.

7. Realistis karya seni kolase

Hasil kolase yang realistis atau dikatakan sebagai karya seni mirip makhluk hidup bisa menjadi kriteria penilaian juri yang bagus.

Biasanya karya seni yang realistis akan menjadi pemenang karena dibuat dengan perasaan dan kehati-hatian dalam menentukan ornamen yang bagus.

8. Kerapatan komponen penyusun kolase

Ornamen yang tidak rapi atau kerapatan yang terlalu renggang membuat kolase yang dibuat terlihat tidak realistis dan dianggap sebagai karya kolase yang jelek.

Kerapatan ini juga menjadi faktor dan kriteria penilaian juri saat menjadi juri lomba membuat dan mendesain kolase ini.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *