LKA gratis

6 Manfaat Pakaian Untuk Pelajaran Anak TK

Pembelajaran di TK selalu identik dengan tema dan sub tema tertentu, kegiatan yang dilaksanakan harus terdapat tujuan pembelajaran.

Tujuan pembelajaran selalu berorientasi pada perkembangan jasmani dan rohani anak, selain itu juga berorientasi pada pengembangan 8 aspek perkembangan anak usia dini.

Pada tema kebutuhanku dan sub tema pakaian dan sub sub tema manfaat pakaian, mengharuskan guru untuk menjelaskan materi dari manfaat menggunakan pakaian yang harus diketahui oleh seluruh anak TK.

Manfaat pakaian bagi anak TK terdapat banyak kegunaan yang jarang guru pikirkan, karena anak usia dini mempunyai sudut pandang berpikir yang berbeda dari orang dewasa.

Tapi walaupun begitu, guru harus memperjelas tentang manfaat dan kegunaan pakaian bagi anak TK sesuai dengan pola berfikir logis orang dewasa.

Tujuan berpikir logis ini untuk mengedukasi anak TK agar semakin cerdas dalam memahami situasi dari lingkungan belajar di sekolah.

Secara umum pakaian menunjukkan perkembangan peradaban dari manusia pedalaman hutan dengan manusia modern yang tinggal di peradaban kota.

Pakaian juga menunjukkan nilai moral dan kesopanan yang harus diberitahukan kepada anak TK agar mereka mengingat penjelasan yang berdampak pada nilai agama dan moral anak usia dini.

Manfaat dari pakaian tidak banyak dan Kegunaan tergantung dari cara menggunakannya yang dijabarkan sebagai berikut.

Pakaian

6 Kegunaan dan Manfaat Pakaian untuk Pelajaran Anak TK

Penjelasan detail sebagai berikut ini :

1. Pakaian mampu menghangatkan tubuh

Pakaian yang dipakai setelah mandi digunakan untuk menghangatkan tubuh dari kondisi dingin akibat berendam di air.

Tanpa berpakaian tubuh akan berdampak sakit atau kedinginan yang berakibat pada penurunan kesehatan hingga harus dibawa ke rumah sakit.

Menggunakan pakaian merupakan dari perkembangan peradaban yang harus kita ikuti demi keselamatan dan ajaran agama.

2. Pakaian untuk menutupi bagian tubuh yang termasuk Aurat

Ajaran agama mengharuskan manusia yang berakal untuk menutupi bagian tubuh yang termasuk dalam bagian yang menjadi aurat. Contohnya untuk perempuan seluruh tubuh kecuali wajah dan sedangkan untuk laki - laki harus menutupi aurat pada bagian kemaluan.

Ajaran agama sejalan dengan peradaban modern yang merupakan zaman yang berisi manusia cerdas dan bermoral untuk itu pakaian harus dipakai untuk hal penting seperti menutup aurat ini.

3. Pakaian digunakan untuk bergaya sesuai acara tertentu

Pakaian ada banyak jenisnya contohnya ada pakaian seragam sekolah, pakaian renang, pakaian tidur pakaian acara undangan pernikahan dan pakaian hari raya idul fitri.

Kegunaan pakaian lebih dari sekedar menghangatkan tubuh dan melindungi bagian tubuh yang termasuk Aurat saja.

4. Pakaian mampu Melindungi Tubuh dari Panas dan dingin

Pakaian mampu melindungi tubu anak dari cahaya matahari yang panas saat terkena kulit dan udara yang dingin saat hujan.

Pakaian merupakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh manusia karena fungsinya yang penting dan berkaitan dengan ajaran agama yang bermoral dan beradab.

5. Pakaian mampu menyerap air saat basah karena keringat

Ada manfaat pakaian yang belum banyak diketahui oleh anak TK, saat anak menggunakan untuk bermain hingga berkeringat, pakaian mampu menyerap air keringat dengan baik sehingga fungsi lebih dari sebagai penghangat dari udara dingin dan cuaca panas.

Karena fungsi ini pakaian merupakan wujud perkembangan zaman yang modern sesuai dengan kebutuhan makhluk hidup yang berakal.

6. Pakaian menunjukkan Status Sosial

Saat berpakaian menggunakan seragam sekolah menunjukkan bahwa pemakai baju merupakan seorang pelajar. Sama seperti guru yang menggunakan seragam guru untuk membedakan guru dengan karyawan lain.

Saat seseorang menggunakan jas dan kemeja putih menunjukkan bahwa pemakainya merupakan seorang yang sedang ada acara penting, seperti pekerja kantoran dan penjabat pemerintah.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar