LKA gratis

4 Arti BB, MB, BSH dan BSB pada Nilai Anak TK

Semakin banyak jumlah bintang yang diberikan maka semakin bagus perkembangan anak selama ia belajar dan bersekolah di TK tersebut.

Penilaian berupa singkatan ini merupakan skor khusus untuk menilai 8 perkembangan anak usia dini.

Penilaian ini cocok untuk diterapkan di TK karena TK tidak mengedepankan pada nilai 100 sebagai nilai terbaik tapi lebih kepada penyiapan anak TK agar mereka bisa lulus dari TK sehingga ia siap masuk SD.

Penilaian di TK berbeda dengan jenjang sekolah lebih tinggi seperti SD, SMP dan SMA yang menggunakan skor 0 sampai 100 untuk menilai tes ujian di mata pelajaran tertentu.

Siswa aktif belajar

4 Arti Singkatan pada Nilai anak TK

1. BB

Arti kata BB merupakan singkatan dari Belum Berkembang. BB merupakan skor dengan jumlah bintang 1 untuk menilai perkembangan anak selama belajar di taman kanak-kanak.

Bila anak mendapatkan nilai BB arti mereka perlu belajar lebih giat agar dapat menyusul dengan teman kelas yang mendapatkan nilai MB, BSH dan BSB.

Nilai ini merupakan catatan sementara dan bisa berubah lagi jika anak mengalami peningkatan selama dalam perkembangan belajar.

2. MB

Arti kata MB merupakan singkatan dari Mulai Berkembang. MB merupakan skor dengan jumlah bintang 2 untuk menilai perkembangan anak selama belajar di taman kanak-kanak.

Bila anak mendapatkan nilai ini berarti perkembangan tidak buruk dan masuk ke dalam kategori nilai rata rata anak TK dapatkan selama belajar di sekolah TK.

3. BSH

Arti kata BSH merupakan singkatan dari Berkembang Sesuai Harapan. BSH merupakan skor dengan jumlah bintang 3 untuk menilai perkembangan anak selama belajar di taman kanak-kanak.

Jika anak mendapat kata BSH berarti perkembangan mereka sudah berkembang sesuai harapan para guru. Artinya skor yang didapatkan sudah bagus dan lebih baik dibandingkan BB dan MB. Dengan kata lain skor berupa 0 sampai 100, anak sudah mendapatkan nilai di atas 80.

4. BSB

Arti kata BSB merupakan singkatan dari Berkembang Sangat Baik. BSB merupakan skor dengan jumlah bintang 4 untuk menilai perkembangan anak selama belajar di taman kanak-kanak.

Jika anak TK yang sudah diberi nilai dengan kata BSB maka anak sudah sangat bagus perkembangan belajarnya. Dengan kata lain skor nilai di atas 90 sampai 100.

Nilai ini merupakan nilai terbaik yang didapatkan anak saat mereka berusaha belajar dengan giat dibuktikan dengan hasil akhir mendapatkan nilai BSB.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar