LKA gratis

10 Ide Kegiatan yang Menggunakan Dana Desa

Dana desa harus digunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang biasanya di selenggarakan di setiap desa.

Dana desa merupakan bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah dan pemerintah pusat yang tujuan untuk kegiatan pembangunan demi kemajuan masing masing desa.

Pemerintah desa berhak menentukan pemanfaatan dana desa demi mengadakan pembangunan dan kegiatan penting demi kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah mengatur penggunaan dana desa dan melakukan pengawasan penggunaan dana desa untuk hal yang positif.

Kegiatan yang bisa dilakukan dengan menggunakan dana desa banyak, informasi akan di sampaikan di konten berikut.

Dana desa harus dimanfaatkan sebaik mungkin dan di alokasikan ke pembangunan berkelanjutan yang ada di desa. Salah satunya untuk membangun fasilitas sekolah dan fasilitas kesehatan atau perbaikan jalan desa.

Untuk membantu dalam pemanfaatan dana desa, saya menginformasikan ide kegiatan yang bisa rencanakan dengan mengalokasikan dana desa ke kegiatan berikut ini.

Pemanfaatan dana desa

10 Ide kegiatan menggunakan Dana Desa

Daftar kegiatan pembangunan dan pemberdayaan sebagai berikut :

1. Perbaikan Jalan Desa

Dana desa bisa dimanfaatkan untuk perbaikan jalan desa agar jalan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan keseharian dan menunjang pertumbuhan ekonomi.

Perbaikan jalan merupakan ide kegiatan yang bagus yang dapat membuat masyarakat senang dan tau penggunaan dana desa untuk pembangunan fasilitas penting seperti jalan.

2. Perbaikan Saluran Air / Irigasi desa

Dana desa juga dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki saluran air atau irigasi desa agar tidak terjadi banjir dan genangan di jalan desa.

Penggunaan dana desa untuk perbaikan saluran irigasi sudah banyak diterapkan oleh banyak desa dengan persetujuan pihak kabupaten dan perencanaan anggaran yang benar.

3. Membiayai Program PMT

Dana desa juga dapat dimanfaatkan untuk menjalankan program program desa salah satunya program PMT atau pemberian makanan tambahan yang biasanya dijalankan di posyandu lansia dan posyandu balita.

Diketahui program PMT merupakan kegiatan yang penting yang berkaitan dengan pencegahan stunting dan ibu hamil yang kekurangan energi kronis.

4. Membiayai kader dan operasional Posyandu lansia / balita

Posyandu mempunyai kader dan mereka perlu diberi upah atau gaji atas kerja keras dan dedikasi dalam menjalankan kegiatan posyandu demi kesejahteraan masyarakat.

Selain itu banyak kegiatan di masyarakat yang bisa dibantu dan di dukung oleh pemerintah desa salah satunya dengan pemberian bantuan uang dengan menggunakan dana desa.

5. Pembangunan fasilitas sekolah dan pusat kesehatan yang dibutuhkan

Dana desa juga dapat dialokasikan untuk pembangunan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang dibutuhkan oleh desa.

Dengan pembangunan fasilitas penting seperti sekolah TK dan Puskesmas bisa memakmurkan anak anak desa dan masyarakat yang memerlukan bantuan tenaga kesehatan.

6. Bantuan tanaman dan hewan ternak ke masyarakat Miskin

Dana desa dapat disalurkan dengan pemberian bantuan tanaman atau hewan ternak ke masyarakat yang masuk dalam kategori masyarakat miskin.

Diharapkan dengan pemberian bantuan hewan ternak seperti kambing dan tanaman bisa membantu masyarakat desa yang membutuhkan dan pemanfaatan dana desa untuk kegiatan yang positif.

7. Membiayai operasional BUMDesa

Desa juga harus mempunyai BUMDesa yang merupakan aset desa dan pemanfaatan dana desa untuk pengembangan operasional BUMDesa.

Dana desa dimanfaatkan untuk operasional BUMDesa dan dapat melibatkan masyarakat untuk kegiatan pertumbuhan ekonomi milik pemerintah desa.

8. Membiayai kegiatan acara Kebudayaan Daerah

Kebudayaan di daerah masing masing desa beragam dan kegiatan kesenian daerah perlu dukungan dana dari pemerintah desa.

Dana desa dapat digunakan untuk kegiatan festival atau kebudayaan atau kesenian yang dapat menjadi hiburan bagi masyarakat dan melestarikan seni dari masing masing daerah.

9. Memberikan uang insentif guru PAUD di desa

Guru TK dan guru honorer di desa perlu disejahterakan dengan bantuan tambahan berupa uang insentif.

Kegiatan pemberian uang insentif dari pemerintah desa sudah banyak diselenggarakan oleh banyak desa dan merupakan pemanfaatan dana desa yang dibenarkan penggunaannya.

10. Membiayai pengembangan desa Wisata

Masing masing desa mempunyai potensi yang bisa dieksplorasi untuk kegiatan yang menguntungkan bagi masyarakat sekitar dan pemerintah desa.

Desa wisata perlu digiatkan terutama bagi desa yang mempunyai potensi wisata yang menjanjikan, diharapkan dengan pengembangan wisata ini dapat menarik pendapatan dari wisatawan.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar