LKA gratis

10 Kegiatan Numerasi yang Bagus untuk Anak TK

Pengertian Numerasi bagi anak TK adalah konsep belajar yang mengenalkan penalaran dalam menggunakan alat dan bilangan matematika yang dimana dalam proses penalarannya menggunakan kemampuan kognitif dan matematis.

Diketahui bahwa numerasi ini sangat penting terutama bagi perkembangan akademis anak TK saat sedang menempuh pendidikan taman kanak-kanak.

Keterampilan numerasi sangat dibutuhkan oleh anak untuk kelancaran dan kemudahan dalam mengerjakan soal atau kegiatan yang berkaitan dengan pemahaman matematika.

Selain itu kegiatan numerasi berguna untuk mengajarkan anak TK untuk dapat memecahkan masalah matematika dan mampu membuat analisis jawaban saat membaca gambar atau grafik.

Stimulasi numerasi di TK dan Paud sangat penting terutama untuk mengajarkan anak didik dalam menggunakan alat bantu dalam mengukur dan menimbang berat.

Kegiatan numerasi sangat penting dan diajarkan sejak taman kanak-kanak demi mencerdaskan generasi bangsa, khususnya pada bidang penalaran matematika yang berguna dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang pelajar.

Kegiatan numerasi di taman kanak-kanak tidak perlu yang rumit dan susah cukup dengan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu matematika sudah bisa merealisasikan kegiatan numerasi yang baik dan benar.

Numerasi anak tk

10 Kegiatan Numerasi untuk Anak Usia Dini

Ide kegiatan numerasi untuk anak TK dan paud sebagai berikut :

1. Mengukur panjang menggunakan penggaris

Belajar menggunakan penggaris untuk mengukur panjang benda dengan begini pengenalan tentang numerasi bagi anak TK bisa berjalan dengan baik.

Penggaris merupakan alat yang bisa membantu dalam kegiatan numerasi khusus dalam menggunakan alat matematika. Ini dapat menjadi pengenalan yang bagus bagi anak agar mereka paham.

2. Mengukur sudut menggunakan busur

Ide kegiatan numerasi yang bisa dilakukan oleh anak TK bersama guru dikerjakan dengan pembelajaran menggunakan busur untuk mengukur sudut.

Anak TK diajarkan cara membaca sudut dengan bantuan alat bantu berupa busur sebagai bekal pengetahuan ilmu numerasi.

3. Membuat setengah lingkaran dan lingkaran menggunakan jangka

Kegiatan yang bertema ilmu matematika bisa memanfaatkan alat berupa jangka untuk membuat setengah lingkaran atau lingkaran dengan mudah dan cepat.

Tapi biasanya anak akan kesulitan untuk mencoba pertama kalinya karena menggunakan alat ini yang sulit dipegang dan diputar.

4. Membuat pohon berbuah bilangan angka

Kegiatan yang berkaitan dengan numerasi bisa dilakukan guru bersama siswa dengan membuat karya baru bernama pohon berbuah angka.

Pohon yang buahnya dituliskan angka ini merupakan pengenalan numerasi di TK sebagai salah satu kegiatan yang bermanfaat.

5. Bermain sempoa untuk mengajarkan berhitung

Alat permainan edukatif yang ada di kelas dapat dimanfaatkan untuk kegiatan numerasi untuk anak TK.

Mainan yang berkaitan dengan matematika ini bernama sempoa yang berguna untuk alat bantu berhitung.

Alat ini berguna dan membantu bagi siswa yang kesulitan dalam menghafalkan penjumlahan dan menghitung cepat.

6. Bermain Puzzle dan balok untuk mengenalkan bentuk geometri

Bermain puzzle dan balok juga dapat mengenalkan numerasi di kelas terutama untuk mengenalkan bentuk geometri.

Bermain puzzle membutuhkan kesabaran dan kognitif untuk menata potongan potongan dengan bentuk yang sesuai.

7. Soal Menghitung gambar buah dengan jumlah buah yang sesuai

Materi pembelajaran yang bertema numerasi bisa ditugaskan ke anak TK dengan pemberian tugas soal menghitung gambar buah atau gambar apapun sesuai dengan jumlah yang benar.

Soal dengan tema kegiatan ini membantu dalam melatih numerasi pada anak usia dini terutama bagi anak TK sebagai rangsangan belajar untuk siap belajar di SD.

8. Mencocok gambar sesuai pola dengan tusuk gigi

Kegiatan yang berkaitan dengan pola yang biasanya ada di matematika bisa dilakukan anak TK dengan kegiatan mencocok gambar dengan menggunakan tusuk gigi.

Kegiatan ini bertema numerasi yang mengajarkan kesabaran dan ketelatenan saat mencocok gambar sesuai pola yang ada.

9. Mengenalkan cara membaca jam dinding yang benar

Kegiatan numerasi di kelas juga bisa dilakukan dengan ide kegiatan membaca jam dinding dengan cara yang sudah diberi tahu dan benar.

Kegiatan belajar membaca jam ini merupakan kegiatan numerasi yang sederhana yang berguna dalam kehidupan sehari-hari anak TK terutama saat di rumah.

10. Menjawab bilangan benar antara di angka

Guru juga bisa memberikan kuis pertanyaan yang berkaitan dengan angka dan tebak tebakan yang seru.

Idenya guru menanyakan bilangan angka yang benar antara angka sebelum dan sesudah nya. Contohnya angka berapa diantara angka 2 dan angka 4 ? Jawaban angka 3.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar