LKA gratis

10 Kegiatan Pembelajaran TK Tema Sekolahku

Pembelajaran tema Lingkungan Ku banyak diantara sub tema yang dapat dipilih, bisa juga memilih lingkungan Sekolahku.

Kegiatan tema sekolahku banyak, biasanya dilakukan dengan kegiatan intrakurikuler yang berkaitan dengan kurikulum pembelajaran.

Untuk membantu guru dalam memilih kegiatan intrakurikuler sub tema Sekolahku, saya memberikan ide berupa saran kegiatan untuk anak TK yang seru dan bisa digunakan untuk mengisi waktu belajar anak TK.

Kegiatan intrakurikuler pada sub tema sekolahku harus berkaitan dengan dokumen kurikulum seperti RPPH dan RPPM agar termasuk dalam kegiatan intrakurikuler yang bermanfaat.

Kegiatan intrakurikuler harus mengembangkan 6 aspek perkembangan anak usia dini sehingga kegiatannya termasuk kegiatan yang penting bagi anak.

Kegiatan tema sekolahku bisa digunakan untuk mengenalkan informasi terkait sekolah dan fasilitas sekolah. Atau juga bisa memanfaatkan fasilitas sekolah sebagai sarana bermain dan pembelajaran yang menyenangkan.

Guru bebas memilih kegiatan pada tema sekolahku, tapi beberapa guru tidak mempunyai ide kegiatan yang menyenangkan.

Maka agar dapat membantu guru saya menginformasikan ide kegiatan bertema sekolah ku berikut ini.

Tema sekolahku

10 Kegiatan Pembelajaran TK tema Sekolahku

Berikut saran kegiatan inspiratif dari sesama guru TK pemula :

1. Menyanyikan Mars Sekolah TK

Ide kegiatan yang bisa dilaksanakan bersama anak TK dengan guru pada tema sekolahku bisa dilakukan dengan menyanyikan mars sekolah atau tepuk tepuk khas sekolah TK masing masing.

Kegiatan ini termasuk dalam kegiatan intrakurikuler yang penting dan bermanfaat bagi anak dengan tujuan agar mereka mengenali sekolah dan bangga dengan almamater sekolah masing masing.

2. Membuat kolase gambar sekolah

Saran kegiatan yang seharusnya ada di pembelajaran bertema di TK agar bervariasi dibandingkan hanya mewarnai yaitu membuat kolase, kolase disini disesuaikan dengan tema sekolah contoh seperti gambar sekolah atau tampilan depan sekolah.

Dari kegiatan ini diharapkan anak TK menunjukkan kreativitasnya dalam membuat kolase agar tampak indah dan memberikan kesan pada penilaian yang positif.

3. Menempel kertas lipat membentuk bangunan sekolah

Kegiatan yang bisa dilakukan anak TK pada tema sekolahku ditugaskan dengan kegiatan menempelkan kertas lipat membentuk bangunan sekolah.

Siswa tidak dituntut banyak mereka hanya harus melakukan tugas sederhana yang melibatkan kognitif dan motorik halus anak pada saat mengerjakan tugas ini.

Kegiatan ini bagus ditugaskan ke anak TK karena terdapat banyak manfaat, salah satunya untuk mengisi kegiatan pembelajaran inti dengan kegiatan yang seru dan menyenangkan untuk dikerjakan.

4. Menggunting gambar sekolah TK

Kegiatan yang bisa dikerjakan anak TK pada tema sekolah ku di lakukan dengan kegiatan menggunting gambar sekolah TK dari lembar kerja yang diberikan.

Kegiatan menggunting gambar sekolah ini digunakan untuk membuat wayang kertas yang diberi stik panjang dan kardus.

Kegiatan ini melatih kehati-hatian anak dalam menggunakan gunting dan juga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak dalam memotong garis pada gambar.

5. Membuat purwarupa 3D sekolah dari kardus

Kegiatan yang bisa menjadi ide pembelajaran tema sekolahku ditugaskan ke anak untuk membuat miniatur bangunan sekolah yang meliputi bangunan kelas dan hiasan seperti pagar dan pohon.

Agar cepat selesai harus dibantu dan dikerjakan bersama dengan guru kelas sehingga cepat selesai dengan hasil yang memuaskan dan bagus.

Guru dapat memanfaatkan kardus, kertas lipat dan pewarna agar miniatur mempunyai tampilan yang keren dan hasil kegiatan disenangi oleh anak TK.

6. Mewarnai Gambar Sekolah dan lingkungannya

Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan yang umum yang paling banyak ditugaskan oleh guru kelas kepada anak didik.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang melatih kreativitas dalam berseni. Ada berbagai teknik pewarnaan yang bisa dilakukan oleh anak.

Bila anak berbakat dalam kegiatan mewarnai pasti bisa meniru dan menggunakan teknik mewarnai yang profesional yang biasa dilakukan oleh orang dewasa.

7. Menggambar sekolah impian

Kegiatan menggambar bebas tanpa bantuan gambar jadi bisa melatih imajinasi anak dalam membuat gambar sekolah yang bagus dan berseni.

Kegiatan menggambar ini sangat sulit bila tidak ada contoh gambar jadi, jadi usaha yang dilakukan anak harus dihargai dengan pemberian nilai yang bagus.

8. Kegiatan Tepuk tepuk kebanggaan kelas

Kegiatan tepuk tepuk biasanya ada di kelas yang menjadi kebanggaan setiap kelas untuk unjuk semangat.

Kegiatan tepuk tepuk bukan termasuk kegiatan inti dalam pembelajaran tapi hanya tambahan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa agar kembali bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran selanjutnya.

9. Kegiatan kerja bakti membersihkan sekolah

Kegiatan yang bisa ditambahkan dalam ide kegiatan yang menyenangkan tema sekolahku yaitu kerja bakti bersih bersih lingkungan kelas dan sekolah.

Kegiatan ini meningkatkan kemampuan menahan anak dalam menjaga lingkungan sekitarnya terutama di lingkungan belajar.

10. Menjawab kuis pertanyaan soal fasilitas sekolah TK

Setelah pemberian materi pembelajaran guru bisa menambahkan tambahan belajar berupa kuis yang berkaitan dengan lingkungan atau fasilitas sekolah yang bermanfaat di sekolah.

Kuis yang ditanyakan merupakan pertanyaan yang mudah dijawab anak TK, sehingga dapat membuat kuis menjadi sesuatu yang ditunggu anak didik setelah kegiatan belajar akan selesai.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar