LKA gratis

10 Peralatan Dokter untuk Pelajaran Anak TK

Pelajaran di TK seperti tema pekerjaan (profesi) menjadi patokan bagi guru untuk digunakan sebagai pengembangan materi pelajaran yang bermanfaat bagi siswa dan juga materi harus di isi dengan kegiatan yang menyenangkan.

Tema pekerjaan dan profesi memang terdapat banyak pilihan, sebagai guru harus memprioritaskan daftar pekerjaan yang berpengaruh besar karena keberadaannya sebagai contoh pekerjaan seperti tentara, polisi, petani dan pedagang.

Pada tema profesi dan pekerjaan, anak TK harus dijelaskan dengan materi terkait dengan berbagai profesi yang harus diketahui oleh siswa sebagai contohnya adalah profesi Dokter.

Seorang dokter membutuhkan berbagai alat yang mempermudah proses bantu perawatan kepada pasien. Alat alat dokter digunakan untuk mempermudah pekerjaan dan sebagai standar penanganan pasien.

Sebagai guru TK harus mengetahui dahulu berbagai peralatan yang sering digunakan dokter. Untuk bisa mengetahuinya guru harus pintar pintar mencari informasi agar bisa menyampaikan materi terkait profesi ini kepada anak TK.

Profesi dokter juga menjadi cita cita bagi beberapa anak TK, Pengenalan dengan alat alat kedokteran ini dapat membantu mengenalkan dan menginspirasi anak TK agar dapat menggapai cita cita menjadi seorang dokter.

Selain itu untuk menambah informasi pengetahuan para guru terdapat artikel terkait yang berkaitan dengan tugas dokter berikut.

Baca juga : 9 Tugas Dokter untuk Pelajaran Anak TK

Untuk membantu guru dalam memberikan penjelasan materi kepada anak TK, sebagai asisten saya menginformasikan alat yang dokter pakai dan digunakan sebagai berikut.

Perlengkapan dokter

10 Peralatan Dokter untuk Pelajaran Anak TK

Nama nama peralatan dokter sebagai berikut.

1. Tensimeter

Alat yang sering disebut dengan alat tensi ini digunakan dokter untuk mengecek dan memperoleh informasi terkait nilai tekanan darah pasien.

Informasi ini dibutuhkan untuk mengetahui perkembangan kondisi pasien yang datang untuk menemui dokter dan selanjutnya dokter akan memberikan informasi dan nasihat jika nilai tensi terlalu tinggi.

2. Stetoskop

Alat stetoskop sering digunakan oleh dokter untuk memeriksa kondisi pernapasan dan kesehatan jantung pasien. Banyak pasien yang sering diperiksa dengan alat ini sebagai salah satu syarat pengecekan kesehatan.

3. Timbangan berat badan

Alat yang digunakan pasien yang sering ada dan merupakan fasilitas kesehatan adalah timbangan berat badan. Alat ini sering digunakan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait keadaan pasien.

4. Jarum Suntik

Jarum dan alat suntik merupakan peralatan yang sering dibutuhkan oleh dokter sebagai alat untuk memasukkan obat berupa cairan ke dalam tubuh pasien.

5. Pisau bedah

Peralatan yang ada di rumah sakit dan digunakan oleh dokter spesialis bedah berupa pisau bedah. Alat ini berguna bagi dokter untuk merobek kulit pasien yang sedang di operasi penyakit dalam.

6. Sarung tangan

Peralatan dokter yang digunakan untuk menjaga kebersihan berupa sarung tangan yang berguna agar tidak terinfeksi kuman bila bersentuhan.

Alat ini selalu ada sebagai pelengkap peralatan dokter yang harus diketahui oleh anak TK sebagai pelajar yang mengandung pengetahuan penting.

7. Termometer

Bila pasien mengalami sakit demam, alat yang berguna untuk mengetahui suhunya menggunakan alat yang bernama termometer ini.

Termometer merupakan alat dokter yang berguna dan sering digunakan untuk mendapatkan informasi suhu agar dapat ditangani lebih lanjut agar cepat disembuhkan.

8. Glukometer

Untuk mengetahui informasi terkait kadar gula darah alat ini sering digunakan untuk mengecek kondisi pasien yang hendak ditangani oleh dokter.

Bila terdapat masalah pada kadar gula darah maka Dokter dengan informasi yang didapat dapat diberikan nasihat untuk mengatur pola hidup yang sehat.

9. Masker

Alat ini sering dipakai oleh dokter saat menangani pasien yang mengalami flu atau infeksi penyakit dari perantara udara.

Masker ini merupakan peralatan wajib yang ada di ruang dokter yang berguna bagi dokter dari penyebaran penyakit melalui udara.

10. Mesin Rontgen

Alat dokter yang juga ada di rumah sakit yang digunakan untuk mengecek kondisi tulang pasien yang mengalami Kecelakaan berupa mesin Rontgen.

Mesin Rontgen dibutuhkan bagi dokter spesialis tulang untuk mendapatkan informasi foto tulang yang mengalami kerusakan untuk dioperasi agar kembali sehat.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar