LKA gratis

10 Peralatan Polisi Untuk Pelajaran Anak TK

Pada tema profesi ataupun tema pekerjaan terdapat profesi yang tugasnya melakukan pengamanan lingkungan di masyarakat yaitu polisi.

Tugas polisi melayani masyarakat dengan baik seperti pembuatan SIM dan menangani penjahat yang tertangkap dan diserahkan.

Polisi merupakan profesi yang banyak di cita-cita kan oleh anak TK terutama cowok tapi ada juga yang ingin menjadi polwan bagi cewek.

Polisi merupakan organisasi yang ditakutkan karena kemampuan dalam memecahkan masalah dan kasus kejahatan. Tapi ada juga yang takut polisi karena alasan takut ditangkap atau ditilang.

Polisi juga bertugas dijalan mengatur arus lalu lintas dan melakukan razia surat kendaraan sebagai bakti terhadap negara dan masyarakat.

Biasanya sekolah mengadakan program mengundang polisi untuk memberikan edukasi terkait aturan dan berkendara di jalan.

Polisi mempunyai alat dan perlengkapan peralatan yang berguna untuk melengkapi cara berpakaian yang baik dan benar.

Alat ini digunakan untuk bertugas mulai dari memborgol penjahat, mengatur lalulintas dengan tongkat lalu lintas dan telepon HT untuk komunikasi.

Sebagai anak TK harus mengetahui lebih tahu lagi terkait peralatan polisi karena sebagai sarana edukasi tema pekerjaan yang bermanfaat.

Bagi guru TK yang melakukan pendalaman materi khusus pada alat yang digunakan Polisi bisa mengetahui peralatan yang digunakan di penjelasan berikut.

Alat alat polisi

10 Alat Alat yang digunakan Polisi untuk Anak TK

Daftar nama peralatan polisi sebagai berikut :

1. Borgol

Alat yang digunakan oleh polisi untuk mengamankan penjahat biasanya menggunakan borgol untuk mengikat kedua tangan penjahat yang ditangkap.

Borgol ini terbuat dari besi agar tidak mudah dirusak dan terdapat kunci agar tidak mudah dibuka sembarangan. Borgol merupakan alat penting yang pasti dimiliki oleh polisi.

2. Pistol

Polisi juga mempunyai senjata yang digunakan untuk menembak penjahat agar tidak bisa kabur jauh.

Pistol merupakan senjata polisi yang digunakan untuk menakut-nakuti para penjahat yang hendak kabur saat hendak ditangkap.

Pistol merupakan peralatan polisi yang paling terkenal dan digunakan replikanya sebagai mainan anak anak.

3. Tongkat Lampu lalu lintas

Biasanya saat dijalan polisi menggunakan tongkat lampu lalulintas yang digunakan untuk memberikan aba aba hati hati saat melewati jalan yang rusak, jalan ditutup atau perempatan yang penuh kendaraan.

Tongkat lampu lalulintas juga berguna untuk mengarahkan arus lalulintas sesuai dengan kehendak polisi yang berguna untuk mengatasi kemacetan di jalan raya.

4. Rompi Baju Polisi

Supaya tidak keluar darah saat tertembak musuh biasanya polisi menggunakan rompi polisi untuk mengamankan tubuhnya.

Selain itu rompi polisi juga merupakan peralatan yang wajib digunakan walaupun tidak dalam kondisi perang. Rompi polisi merupakan pakaian yang merupakan pelengkap untuk bertugas mengatur lalulintas dan ketertiban umum.

5. Telepon HT

Polisi juga bisa menggunakan telepon tapi telepon yang digunakan merupakan telepon HT yang hanya bisa untuk berkomunikasi dengan sesama polisi.

Telepon HT ini digunakan polisi untuk memberikan arahan berkumpul ke lokasi tertentu ke sesama polisi yang membawa HT.

6. Peluit

Peluit merupakan alat yang berguna untuk memberikan peringatan ke pengendara yang mendengar, biasanya peluit digunakan untuk memberikan arahan bagi pengendara yang hendak melewati jalan yang sedang diawasi oleh polisi.

Peluit ini tidak hanya digunakan oleh polisi saja tapi digunakan oleh tukang parkir dan satpam saat mereka sedang bertugas.

7. Tongkat T (Pentungan)

Pentungan merupakan alat yang digunakan untuk memukul orang yang tidak mau menjaga ketertiban umum.

Tongkat pentungan ini digunakan polisi saat ada demo atau kericuhan yang membuat polisi menjadi marah.

Tongkat Pentungan ini tidak hanya digunakan oleh polisi tapi digunakan juga oleh satpam yang bertugas di kantor atau sekolah.

8. Surat Tilang

Surat tilang merupakan Alat yang digunakan polisi untuk memberikan tilang pada pengendara motor yang melanggar aturan atau rambu lalulintas.

Surat tilang ini berguna untuk memberikan hukuman ke pelanggar agar mereka tidak mengulangi pelanggaran yang dilakukan.

9. Lencana Polisi

Polisi juga mempunyai lencana yang digunakan untuk identitas bahwa dirinya seorang polisi yang sedang bertugas.

Lencana Polisi ditunjukkan ke seseorang yang hendak ditanyai atau diminta sebagai saksi yang membantu penyidikan kasus kejahatan.

10. Kopel Polisi (Sabuk)

Polisi mempunyai sabuk yang namanya disebut dengan sebutan kopel, kopel polisi digunakan untuk pelengkap untuk menggantungkan peralatan polisi seperti borgol dan tongkat.

Para guru dan anak anak itulah peralatan polisi yang digunakan untuk bertugas dimanapun polisi berada. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk pembelajaran anak TK.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar