LKA gratis

11 Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Kegiatan berwirausaha yang bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga biasanya berjualan, berjualan lebih mudah dan banyak disukai dibandingkan usaha lain seperti laundry, catering dan toko roti atau kue.

Kegiatan berjualan dari beberapa ide bisnis ini sangat cocok dikerjakan oleh ibu rumah tangga karena erat kaitannya dengan kegiatan mengolah makanan dan menyajikan makanan.

Selain itu modal yang diperlukan kecil karena ini merupakan ide bisnis yang kecil kerugian sehingga cocok untuk perintis usaha yang pastinya belum ada pembeli tetap.

Perlu untuk diketahui kegiatan berwirausaha membutuhkan waktu untuk mendatangkan pembeli, maka sebagai ibu rumah tangga harus tetap konsisten buka walaupun belum ada pembeli yang datang.

Tips berbisnis bagi ibu rumah tangga harus ramah dan cepat dalam memberikan pelayanan dan penyajian makanan agar pembeli merasa senang.

Dalam berbisnis ada naik dan turun serta lika liku maka sebagai pebisnis harus mempunyai jaringan sosial yang baik agar jualan bisa menarik pembeli yang datang dari tetangga dekat.

Sebenarnya ada bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang modern tapi minimal mempunyai kemampuan dalam menggunakan komputer dan software, maka ide ini lebih cocok bagi ibu yang lebih menyukai berbisnis di dunia nyata.

Ide jualan irt

11 Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah tangga

Ide inspirasi bisnis jualan sebagai berikut.

1. Stand Jualan Pecel

Kegiatan berjualan yang bisa menjadi bisnis di bidang kuliner dilakukan dengan berjualan pecel, jualan pecel dalam bentuk stand kecil cocok dijadikan ide bisnis terutama bila dekat dengan jalan untuk acara car free day.

Kegiatan jualan pecel bisa dikerjakan di rumah dengan menargetkan pembeli tetangga kawasan desa yang banyak kegiatan masyarakat yang membutuhkan sarapan pecel bungkus.

2. Jualan minuman Es teh dan Jus Buah

Biasanya berjualan di rumah bila dekat dengan sekolah dan madrasah bisa memanfaatkan peluang bisnis untuk berjualan es teh atau minuman kemasan.

Selain itu bila dekat dengan jalan pasar bisa menjual jus buah yang menjual berbagai olahan jus buah segar dan pop ice.

Atau jualan bensin eceran yang bisa menambah pemasukan dari usaha sampingan yang pasti dibutuhkan oleh orang yang akan kehabisan bensin.

3. Jualan Rujak Petis

Ide bisnis jualan yang banyak dicari karena enak yaitu jualan rujak Petis, banyak yang suka dengan olahan dari sayuran ini.

Banyak pemburu rujak Petis dan peminatnya banyak diburu oleh masyarakat baik di desa atau di kota.

Jualan rujak Petis ini cocok dikerjakan oleh ibu rumah tangga yang bisa membuka usaha di rumah dengan menyiapkan stand kecil.

4. Jualan Seblak

Seblak merupakan makanan yang hits, targetnya berupa anak muda yang biasanya cewek yang menyukai makanan pedas ini.

Hal ini bisa menjadi ide bisnis rumahan yang bagus prospek ke depannya. Bisnis yang bergerak di dunia kuliner biasanya banyak pembeli dan mudah diolah sehingga senang untuk di kerjakan oleh ibu rumah tangga.

5. Jualan es Degan

Tidak banyak yang menjual es degan, ini dapat menjadi ide bisnis rumahan yang berpeluang besar karena banyak yang membutuhkan olahan kelapa muda.

Baik di desa dan di kota, bisnis es degan banyak yang mencarinya dan pesaing sangat sedikit. Ini berpeluang lebih dikenal sebagai penjual es degan.

6. Stand Jualan sosis dan tempura goreng

Stand sederhana yang menjual makanan olahan dari daging ayam dan ikan ini bisa menjadi bisnis rumahan yang mudah dikerjakan.

Biasanya untung banyak jika menjual di acara festival event yang banyak orang berkumpul. Selain itu untung juga bila berjualan dekat dengan sekolah SD dan TK.

7. Stand Jualan Fried chicken

Penjual fried chicken bisa untung besar karena banyak orang yang menjadikan olahan daging ayam sebagai lauk nasi.

Jualan fried chicken bisa dijajakan di depan rumah terutama yang dekat dengan jalan raya atau jalan ke pasar.

Ibu rumah tangga harus mempunyai ilmu memasak dahulu sebelum berjualan berjualan agar hasil olahannya mirip penjual fried chicken lain.

8. Stand Jualan Daging ayam Potong

Walaupun berjualan di jalan desa yang kecil bisa juga berbisnis berjualan daging ayam potong dengan target pembeli masyarakat di kawasan desa.

Berjualan di depan rumah bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang berpeluang dikenal dengan penjual daging ayam potong.

9. Jualan otak otak dan pentol bakar

Bisnis rumahan berupa memproduksi otak otak bisa menjadi inspirasi berbisnis yang menguntungkan.

Bila dirasa tidak mungkin bisa berjualan otak otak goreng dan pentol bakar dengan berjualan di stand kecil.

Walaupun tidak banyak dilirik oleh ibu rumah tangga pada umumnya jualan pentol bakar banyak peminatnya bila tidak ada pesaingnya.

10. Jualan pentol goreng dan Pentol kuah

Baik gerobak atau stand berjualan bisa dilakukan di depan rumah jadi tidak perlu kawatir dengan kondisi rumah dan anak anak.

Ide jualan yang bisa menjadi ide yaitu berjualan pentol goreng dan pentol kuah yang merupakan olahan dari daging ayam.

Jajanan ini banyak yang suka terutama bagi anak kecil dan para perempuan yang suka camilan.

11. Jualan Bubur Sumsum dan mutiara

Ide berjualan lain yang tidak banyak yang jual yaitu berjualan bubur sumsum dan bubur mutiara yang targetnya anak anak dan orangtua.

Jualan ini menguntungkan bila dilakukan karena tidak banyak pesaing dan merupakan bisnis rintisan yang bagus dijual di stand kecil.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar