Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

8 Manfaat Tanah untuk Pembelajaran anak TK

2 min read

Pada pembelajaran tema alam semesta terdapat kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan tanah, salah satu pelajarannya terkait manfaat tanah.

Dari mempelajari kegunaan tanah, anak TK dapat belajar tentang ilmu pengetahuan alam disekitar rumah dan dapat memanfaatkan tanah sebagai alat bermain dan nilai edukasi untuk bercocok tanam.

Tanah merupakan bagian dari alam yang berguna bagi makhluk hidup di bumi, bumi sebagai tempat tinggal yang diciptakan oleh Allah untuk tempat tinggal manusia, tumbuhan dan hewan.

Pada tema alam semesta terdapat sub tema lain yang merupakan satu kesatuan seperti Kegunaan tanah, kegunaan api dan manfaat air.

Pada tema alam semesta guru harus mampu menjelaskan tentang berbagai kegunaan dan manfaat dari tema alam semesta, salah satunya Kegunaan tanah untuk pelajaran anak TK.

Sebagai asisten, untuk membantu guru dalam mengembangkan materi pelajaran yang bermuatan ilmu pengetahuan saya menyebutkan Kegunaan dan manfaat tanah untuk materi belajar anak TK.

Informasi terkait manfaat tanah ini sangat penting dan berguna untuk guru TK terutama bagi guru TK pemula yang belum banyak wawasan terkait dengan pengalaman lama bekerja sebagai guru TK.

8 Manfaat dan Kegunaan Tanah untuk Pelajaran Anak TK

Poin materi dan penjelasan materi sebagai berikut :

1. Menanam pohon atau tanaman

Tanah dapat digunakan untuk kegiatan reboisasi hutan bagi pekerja perhutani. Selain berupa pohon, kita dapat menanam tanaman seperti bunga atau pohon buah seperti bunga melati dan buah naga.

Berbeda lagi dengan tanaman air yang tidak membutuhkan media tanah untuk terus tumbuh.

2. Sebagai biopori atau Penyerap air

Tanah mempunyai kemampuan untuk menyerap air, sehingga air yang mengalir dari air hujan akan langsung terserap ke dalam tanah. Air yang berlimpah juga dimanfaatkan sebagai sarana pertanian untuk kebun jagung dan persawahan.

3. Sebagai sumber sumur air

Karena tanah bisa menyerap air maka tanah mampu menyimpan air bersih di kedalaman tanah, cara untuk mengambil air dari tanah dengan cara di bor yang hasilnya disebut dengan sumur air.

Air dari tanah ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita sebagai sarana untuk minum, mandi dan mencuci pakaian.

Selain itu air tanah dibutuhkan untuk mengairi persawahan bagi para petani dengan menggunakan air sumur bor.

4. Sebagai tempat tinggal tumbuhan dan hewan di bumi

Allah menciptakan segala sesuatu untuk kehidupan segala makhluk hidup agar dapat bertahan hidup. Bumi merupakan planet di tata Surya yang hanya bisa ditinggali maka kita sebagai anak TK harus bersyukur hidup di bumi dan dapat melakukan kegiatan bercocok tanam.

5. Sebagai pijakan berjalan di permukaan bumi

Bumi yang luar ini terdapat daratan yang berguna untuk dijelajahi dengan menggunakan kendaraan, selain itu tanah menjadi cara agar dapat berjalan yang dimana kita tidak bisa berjalan di atas air.

Tanah dimanfaatkan untuk tempat tinggal dan membuat jalan penghubung sehingga tanah disekitar jalan menjadi bernilai jika dibandingkan tanah perkebunan yang berada jauh dari jalan.

6. Dimanfaatkan membuat baru bata, genteng dan gerabah

Sejak dari zaman dahulu masyarakat masih menggunakan media tanah untuk menyimpan dan memasak, tanah dapat dimanfaatkan untuk membuat tempat penyimpanan seperti air minum dan untuk memasak makanan tradisional.

Tanah liat dimanfaatkan untuk mencetak batu bata dan genteng sebagai bahan dasar mendirikan bangunan yang kuat dan tahan air hujan.

7. Sebagai media perkebunan dan pertanian para petani

Tanah kosong dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk kegiatan perkebunan untuk menanam jagung dan singkong.

Selain itu tanah yang subur juga dimanfaatkan untuk lahan persawahan bagi para petani untuk menyediakan pasokan beras masyarakat kita.

8. Dasar untuk mendirikan rumah dan bangunan

Tanah yang datar di manfaatkan oleh warga masyarakat untuk mendirikan bangunan seperti rumah, rumah sakit dan sekolah. Selain itu tanah yang luas juga dimanfaatkan untuk lapangan.

Tanah ini merupakan warisan yang bernilai dan dibutuhkan oleh pemilik sertifikat tanah sebagai tabungan berharga dan warisan tanah dari orangtua ke anak yang dapat dimanfaatkan untuk dibangun rumah atau perkebunan.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *