LKA gratis

9 Manfaat PKL Bagi Mahasiswa Wajib Diketahui

Mahasiswa memang banyak tugas yang diberikan, ini sudah termasuk dalam standar kurikulum yang sudah diterapkan fakultas sejak lama.

Bagi mahasiswa yang berada di semester 4 sampai semester 7 akan mendapatkan tugas berupa praktik kerja lapangan yang wajib diikuti oleh mahasiswa.

Pengadaan program PKL setiap kampus berbeda beda, tapi rentang semester yang sering diadakan program PKL antara semester 4 sampai semester 7.

Diketahui dalam memperoleh izin bagi mahasiswa untuk magang, biasanya pihak fakultas akan mengadakan kerja sama untuk bisa menempatkan mahasiswanya untuk magang di lembaga / perusahaan tertentu.

Mahasiswa pada kegiatan PKL ini harus menunjukkan skill dan mendedikasikan diri untuk bekerja secara magang di lembaga/ perusahaan.

Banyak manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa yang mengikuti program PKL di lembaga / perusahaan tertentu yang menjalin hubungan dengan pihak kampus.

Bagi mahasiswa dan dosen dapat mengetahui manfaat yang didapatkan saat mahasiswa mengikuti program wajib PKL ini antara lain sebagai berikut :

Magang pkl

9 Manfaat Program PKL bagi mahasiswa yang wajib diketahui

1. Menerapkan pelajaran di tempat kerja

Pada saat PKL mahasiswa berbekal pengetahuan dan materi yang sudah dijelaskan oleh dosen di beberapa semester sebelumnya harus bisa bekerja dengan baik.

Pada saat PKL ini tidak hanya pengetahuan saja yang perlu ditunjukkan tapi juga skill kemampuan bekerja keras yang sungguh sungguh juga harus di nomor satukan.

Diharapkan berbekal materi yang sudah diajarkan para dosen dan pihak fakultas mempercayakan kemampuan mahasiswa dalam bekerja di perusahaan walaupun hanya magang sementara.

Walaupun statusnya bukan karyawan tetap tapi terkadang mahasiswa PKL juga digaji oleh perusahaan, jadi tidak semua kegiatan PKL itu tidak dibayar.

2. Mendapatkan pengalaman dari profesi kerja

Tujuan dari program PKL untuk mahasiswa agar mereka mendapatkan pengalaman selama kuliah di kampusnya.

Tapi pengalaman yang didapat mahasiswa tidak sekecil itu melainkan banyak manfaat yang diperoleh, salah satunya kepercayaan diri untuk melamar kerja dan bekerja dengan mencantumkan pengalaman PKL yang sudah dijalani saat berstatus menjadi mahasiswa di CV mereka.

3. Memahami alur kerja di tempat kerja

Saat bekerja mahasiswa harus mengikuti alur kerja di lembaga dan perusahaan tempat bekerja, tujuannya agar mereka dapat bekerja dengan baik dan mampu menempatkan diri pada posisinya di lembaga dan perusahaan tersebut.

Alur kerja juga dapat menjadi bagian dari pengalaman yang didapatkan mahasiswa selama PKL, selain itu PKL membekali mahasiswa dengan cara bekerja yang baik di lembaga / perusahaan.

4. Mampu menyesuaikan diri pada aturan tempat kerja

Berbeda saat di kampus, saat di lembaga perusahaan wajib mampu menyesuaikan diri dengan aturan tempat kerja yang meliputi pakaian, perilaku, kedisiplinan dan komunikasi.

Bagi mahasiswa yang kesulitan dalam menyesuaikan diri pada lingkungan kerja kemungkinan akan diberikan tugas yang sederhana atau dipindah tugaskan.

Maka mahasiswa harus wajib beradaptasi dengan lingkungan kerja agar mereka Lulus pada program PKL dan tidak terkena masalah nantinya.

5. Mengetahui praktek lebih mudah dibandingkan pemahaman teori di kampus

Saat PKL mahasiswa akan mengetahui beberapa hal yang terkait dengan jurusannya yang berbeda kompetensi antara yang diharapkan oleh fakultas dengan standar harapan yang di inginkan lembaga / perusahaan.

Walaupun begitu fakultas berupaya memberikan kurikulum dan materi pembekalan yang berguna nanti bagi mahasiswa bila ia nanti bekerja di luar lingkup dari jurusannya.

6. Menambah Pengalaman kerja yang dapat ditulis di CV

Manfaat pernah mengikuti PKL yaitu pengalaman kerja bisa di tuliskan di CV dengan berisi posisi dan nama perusahaan tempat bekerja.

Jadi lulusan dapat mendapatkan kesempatan untuk diterima di tempat kerja nanti yang sesuai dengan kualifikasi karyawan.

7. Mendapatkan jaringan pertemanan dari perusahaan

Saat menjalani program magang di lembaga / perusahaan, mahasiswa akan mendapatkan rekam kerja yang berstatus sebagai karyawan tetap.

Mahasiswa juga akan mendapatkan lingkaran pertemanan yang disesuaikan dengan posisi yang dikerjakan.

Selain itu mahasiswa akan mendapatkan banyak kontak berupa jaringan yang saling berkomunikasi meliputi departemen yang ada di perusahaan.

8. Mendapatkan pengalaman terkait pentingnya kerja sama tim

Pengalaman yang dibutuhkan dan diharapkan didapatkan oleh mahasiswa yang penting yaitu pengalaman dalam bekerja sama.

Pengalaman pernah bekerja sama ini dibutuhkan oleh mahasiswa saat ia bekerja di perusahaan yang besar yang terdiri dari banyak tim.

Selain itu dengan pengalaman bekerja sama juga dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan yang selalu di ingat setelah selesai program PKL.

9. Melatih kedisiplinan kerja terkait waktu saat PKL

Selain memahami alur kerja dan mampu menyesuaikan diri dengan aturan lembaga / perusahaan, mahasiswa juga mendapatkan kedisiplinan dalam mengelola waktu seperti datang pagi hari dan tepat waktu bekerja setelah istirahat.

Kedisiplinan ini dibutuhkan oleh mahasiswa di setiap waktu walaupun saat di rumah dan ditempat kerja.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar