LKA gratis

Cara Menentukan Keyword Abstrak dan Contohnya

Keyword atau kata kunci pada skripsi dan jurnal penelitian di desain untuk dipakai dan dipahami oleh mesin penelusuran contohnya seperti Google Scholar.

Kata kunci ini bermanfaat agar artikel jurnal dan skripsi yang di upload di website kampus dapat ditampilkan pada pencarian jurnal melalui Google Scholar.

Google Scholar mempunyai alat penelusuran yang canggih yang bisa menemukan puluhan jurnal baru yang baru diterbitkan.

Sehingga hasil penelitian anda dapat ditemukan dan dibaca oleh mahasiswa lain yang sedang mencari referensi terkait dengan penelitian yang mungkin relevan dengan hasil penelitian anda.

Dari penelitian anda ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca yang sedang mencari informasi di dalam artikel jurnal anda.

Diharapkan dengan adanya tambahan teks berupa kata kunci ini dapat membantu Search Engine Google Scholar dalam menempatkan artikel jurnal pada kata kunci pengguna yang tepat.

Kata kunci atau keyword ini juga bisa diartikan sebagai label, fungsi melabeli artikel jurnal ini dapat membantu mesin penelusuran dalam memberikan peringkat teratas untuk hasil pencarian pada kata kunci tertentu.

Sebagai ilustrasi kata kunci diartikan sebagai label dapat berupa cerita berikut : Andi merupakan blogger yang sedang membuat artikel tentang "8 Manfaat coklat bagi kesehatan otak anak usia dini" karena postingan harus dilabeli maka Andi menggunakan label kata kunci umum contohnya seperti buah coklat, manfaat coklat, kesehatan otak dan anak usia dini.

Dalam menentukan kata kunci untuk artikel dan skripsi harus dipikirkan dengan benar jangan sampai salah memilih kata kunci. Karena dalam menentukan kata kunci ada praktik terbaiknya.

Perlu untuk diketahui cara cepat dalam menentukan keyword untuk skripsi dan jurnal bisa diketahui dari judul yang dipakai. Karena kebanyakan dosen menggunakan patokan judul untuk menyarankan kata kunci yang benar bagi mahasiswa bimbingannya.

Untuk mempermudah dan membantu anda dalam berpikir yang benar sesuai praktik terbaik maka saya menggunakan contoh kasus pada skripsi dengan judul berikut.

Penelitian

3 Contoh Menentukan Keyword Menurut Judul Penelitian

Judul penelitian ini bertemakan pendidikan anak usia dini karena diambil dari jurusan PG PAUD atau PIAUD.

Tips : Biasanya kata kunci ditentukan berdasarkan kandungan kata benda, kata populer dan obyek pada judul penelitian.

1. Penelitian Kuantitatif

Judul :

Pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di desa Somoroto, Kauman, Ponorogo

Kata Kunci :

  1. Smartphone
  2. Sosial emosional
  3. Anak usia dini

2. Penelitian Kualitatif

Judul :

Upaya melatih kreativitas anak melalui media vegetable painting di PAUD Al Fattah kota Bengkulu

Kata kunci :

  1. Guru
  2. Vegetable painting
  3. Kreativitas anak

3. Penelitian PTK

Judul :

Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Plastisin

Kata Kunci :

  1. Kemampuan menulis Permulaan
  2. Permainan Plastisin
  3. Anak usia dini

Wajib diketahui oleh mahasiswa yang sedang membuat artikel jurnal dan skripsi bahwa kata kunci minimal harus terdiri dari 3 buah kata keyword.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar