LKA gratis

10 Kegiatan Tema Jagung Untuk Anak TK

Pada sub tema Tanaman pada tema lingkunganku, guru dapat memilih tanaman yang bisa dijadikan sebagai materi dan kegiatan pembelajaran untuk anak TK.

Jagung merupakan sayuran yang mudah ditanam dan sesuai dengan tanah perkebunan. Petani menanam jagung untuk menyediakan suplai jagung kering di pasar.

Secara umum kegiatan tema jagung dapat di isi dengan kegiatan yang umum ditugaskan ke anak TK sama seperti tema lain. Seperti mewarnai dan penyampaian materi tentang sayuran jagung.

Tapi bagi guru yang menginginkan kegiatan yang lebih bagus lagi dibandingkan hanya mewarnai bisa menugaskan kegiatan berikut.

Informasi kegiatan tema jagung ini diperoleh dari sesama guru TK yang mempunyai pengalaman lebih banyak terkait tema yang ada pada pelajaran TK.

Kegiatan tema jagung tidak banyak, maka saya membantu guru dalam mencari ide kegiatan yang berguna untuk materi pembelajaran harian.

Untuk membantu guru dalam menentukan kegiatan pada pembelajaran anak TK pada tema jagung, saya menginformasikan kegiatan yang bagus yang bisa menjadi ide kegiatan yang bermanfaat dan mendidik bagi siswa.

Gambar jagung

10 Kegiatan Tema Jagung untuk Pembelajaran anak TK

Ide kegiatan yang biasa dilakukan guru TK sebagai berikut :

1. Cooking Class membuat Jasuke

Kegiatan yang bisa guru kerjakan dan tugaskan kepada anak TK bisa dengan melakukan kegiatan cooking Class, dimana kegiatannya di isi dengan materi cara membuat olahan dari jagung contohnya jasuke.

Jasuke merupakan minuman sehat yang merupakan singkatan dari jagung, susu dan keju.

ini dapat menjadi ide kegiatan yang mendidik dan berguna bagi anak TK sebagai pengaplikasian kegiatan cooking Class.

2. Membuat kolase gambar Jagung

Kegiatan lain yang bisa ditugaskan sebagai kegiatan inti setelah penyampaian materi di lakukan dengan kegiatan membuat kolase dengan rupa jagung.

Guru perlu menyiapkan gambar jagung dan ornamen bebas yang warnanya mirip jagung contohnya potongan kertas origami dan biji jagung asli yang ditempelkan ke media gambar.

3. Praktek Cara Menanam Jagung

Kegiatan bertema jagung bisa di isi dengan kegiatan praktek bareng menanam jagung dengan media gelas plastik kecil yang biasa untuk wadah puding.

Tutorial menanam jagung merupakan ide kegiatan yang bagus dan sesuai dengan kegiatan intrakurikuler.

Media jagung yang ditanam bisa di simpan di kelas untuk sarana edukasi perkembangan dan pertumbuhan jagung mulai dari bibit hingga tunas.

4. Menggunting & menempel membuat jagung 3D

Kegiatan yang menyenangkan yang dapat melatih motorik tangan dan saraf anak bisa dengan kegiatan menggunting dan menempelkan yang dimana temanya disesuaikan dengan membuat sayuran jagung untuk berhitung.

Atau bisa juga membuat jagung 3D yang dimana guru harus menyiapkan potongan kertas origami dan lem untuk sarana kegiatan dan tugas siswa TK.

5. Menyanyikan lagu cara menanam jagung

Guru juga harus bisa membuat lagu singkat yang liriknya bercerita tentang cara menanam jagung.

Selain cara menanam jagung guru juga bisa mencari lirik lagu lain yang berfokus pada sayuran jagung seperti warna jagung, biji jagung dan olahan jagung.

Bila guru kesusahan dalam membuat lagu bisa memilih kegiatan mewarnai atau membuat kolase saja lebih mudah.

6. Tepuk tepuk makanan terbuat dari Jagung

Kegiatan tepuk tepuk bisa dibuat dari kata sederhana yang berkaitan dengan jagung contohnya olahan makanan yang terbuat dari jagung.

Saran lain kegiatan tepuk tepuknya bisa menjelaskan karakteristik dan rupa jagung meliputi warna, biji, daun jagung dan cara jagung tumbuh.

7. Menghitung jumlah Jagung

Kegiatan berhitung juga bisa diterapkan dengan memanfaatkan gambar jagung atau biji jagung.

Disini guru bisa menyiapkan lembar kerja yang berisi kegiatan berhitung dengan gambar jagung atau bisa juga mencocokkan jumlah Jagung.

8. Kunjungan ke kebun Panen Jagung

Kegiatan yang dilakukan di luar kelas yang bisa guru rencanakan bila sekolah dekat dengan kebun jagung bisa melakukan kunjungan untuk mempelajari tumbuhan jagung.

Kegiatan ini bisa termasuk dalam kegiatan rekreasi singkat yang bisa mengedukasi anak dalam pengamatan lebih dekat pada tumbuhan berguna ini.

9. Mewarnai Gambar Jagung

Kegiatan yang sering guru berikan dalam segala kegiatan berupa kegiatan menggambar, tapi kegiatan ini disesuaikan dengan tema.

Guru harus mempersiapkan gambar jagung pada lembar kerja agar bisa dikerjakan oleh anak TK sebagai kegiatan inti pembelajaran selain penyampaian informasi terkait jagung.

10. Memasukkan biji jagung ke botol

Kegiatan sederhana yang bisa dilakukan oleh anak TK bisa di isi dengan kegiatan memasukkan biji jagung ke dalam botol untuk mengembangkan motorik halus anak.

Itulah kegiatan yang bisa ditugaskan kepada anak TK yang bisa menjadi ide bagi guru dalam menentukan salah satu kegiatan dengan tema tanaman jagung.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar