LKA gratis

9 Manfaat Lomba Mewarnai untuk Anak TK

Lomba mewarnai merupakan kegiatan yang bagus yang bisa menjadi program tahunan sekolah TK.

Guru biasanya menunjukkan siswa yang jago mewarnai dengan teknik tertentu untuk ikut lomba mewarnai agar bisa memenangkan dan menjadi juara.

Bagi guru anak yang ikut lomba seharusnya senang dan bangga bisa menunjukkan kemampuan dalam kegiatan seni mewarnai dan ikut berkontribusi bagi kelas dan berbakti kepada guru.

Kegiatan mewarnai memberikan banyak manfaat terutama yang penting bagi perkembangan aspek seni anak.

Anak akan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang dibutuhkan saat ia melanjutkan pendidikan di sekolah dasar dan menjadi kebanggaan mengenang waktu belajar di TK.

Selain itu kreativitas anak juga akan berkembang menjadi lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya dari pengalaman mengikuti lomba ini.

Bagi orangtua dan guru banyak manfaat yang diperoleh anak saat mereka mengikuti banyak lomba yang seru dan menyenangkan.

Bagi orangtua dan guru yang belum mengetahui seberapa manfaat yang diperoleh dari lomba mewarnai bisa mengetahuinya dengan penjelasan berikut.

Lomba mewarnai tk

9 Manfaat lomba mewarnai bagi anak TK

Poin manfaat yang didapatkan anak TK sebagai berikut :

1. Mengembangkan kemampuan motorik halus anak

Saat mengerjakan tugas mewarnai, secara langsung anak melatih motorik halus anak sehingga perkembangannya dapat berkembang dengan baik.

Kemampuan motorik halus ini meliputi kemampuan dalam menggerakkan tangan dengan rangsangan kegiatan yang positif salah satunya mewarnai dan menggambar.

2. Meningkatkan kreativitas dan aspek seni anak

Perkembangan yang optimal tidak hanya pada motorik halus anak tapi juga pada aspek perkembangan seni yang berkaitan dengan kreativitas anak.

Kegiatan mewarnai dapat meningkatkan kreativitas anak dan kemajuan pada aspek seni yang penting bagi perkembangan anak terutama pada masa belajar taman kanak-kanak.

3. Mengembangkan kemampuan mewarnai menjadi profesional

Karena berpengaruh terhadap aspek seni maka perkembangan anak semakin baik, dia akan menghasilkan karya yang berkesan dan bagus.

Kemampuan anak dalam kegiatan mewarnai dapat berkembang semakin lebih maju dibandingkan sebelumnya sehingga anak akan terlihat menghasilkan karya yang profesional dan realistis.

4. Meningkatkan pengalaman dalam lomba dan kebanggaan dalam kegiatan mewarnai

Selain berpengaruh terhadap aspek motorik halus dan seni, anak juga akan semakin berpengalaman yang didapatkan dari mengikuti kegiatan mewarnai, sehingga tidak hanya pengalaman yang berkembang tapi juga perkembangan dalam mewarnai akan semakin meningkat.

Karena bertambah pengalaman maka terdapat kebanggaan terutama setelah ikut banyak lomba yang melatih kemampuan seni dan kreativitasnya.

5. Melatih kemandirian dalam bekerja secara individu

Anak akan semakin mandiri setelah mengikut banyak kegiatan lomba yang di ikutinya.

Secara tidak sadar anak sudah dapat bekerja secara individu dengan baik dan kemungkinan besar akan mudah menyesuaikan diri dengan berbagai kegiatan pembelajaran di sekolah.

6. Meningkatkan rasa ingin ikut serta dalam lomba mewarnai lainnya

Setelah berhasil mengikuti lomba kemungkinan besar anak akan tertarik untuk ikut lomba lagi yang menantang kemampuan seni mereka.

Rasa kepercayaan diri untuk menjadi pemenang menunjukkan anak mempunyai jiwa semangat dan pekerja keras.

7. Mendapatkan pujian dari guru, wali murid dan sesama teman kelas

Manfaat yang didapatkan anak dari pernah mengikuti lomba seperti mewarnai ini anak mendapatkan rekomendasi dari guru untuk ikut dalam lomba lainnya.

Selain itu anak akan mendapatkan pujian yang dapat memotivasi untuk berkembang dengan baik lagi dari ucapan selamat yang datang dari guru, orangtua dan sesama teman kelas.

8. Meningkatkan kedisiplinan dan fokus dalam kegiatan lomba mewarnai

Manfaat yang diperoleh anak selain dari aspek perkembangan anak usia dini ada juga aspek mental lain yang juga ikut berkembang.

Aspek mental yang berkembang yang juga penting bagi perkembangan anak adalah aspek kedisiplinan dan fokus dalam mengerjakan tugas terutama saat akan menjelang lomba.

9. Anak dapat Mengamati dan meniru cara mewarnai yang baik dari peserta lomba yang menang

Selain bermanfaat bagi sekolah dan berbakti kepada guru, anak juga bisa memperoleh ilmu baru dalam kaitan seni rupa.

Anak bisa meniru gaya dan pola warna dari murid yang menang lomba sehingga dapat mengembangkan kemampuannya menjadi lebih sempurna dan hasil usaha terbaik.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar