LKA gratis

10 Kegiatan Tema Kendaraan Air untuk Anak TK

Pembelajaran anak TK sekarang dibeberapa sekolah masih menerapkan kurikulum 2013 tapi ada juga yang sudah menerapkan kurikulum merdeka.

Pada kurikulum 2013, tema yang digunakan masih tetap sama saja berbeda dengan kurikulum merdeka yang sedikit tema besarnya.

Pada pembelajaran di PAUD seluruh kegiatan yang dikerjakan bersama murid harus selalu menyenangkan dan mendidik, kegiatan tersebut harus direncanakan oleh guru sehari sebelum kegiatan dimulai.

Agar kegiatan pembelajaran paud dan TK terstruktur dan bagus, saya merekomendasikan berbagai jenis kegiatan seru yang bisa dilakukan siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran harian di kelas.

Pada tema kendaraan dan sub tema kendaraan air tidak banyak tranportasi yang ada mungkin hanya terdapat kapal, rakit, perahu, kano dan kapal selam saja.

Tapi walaupun begitu masih ada banyak kegiatan seru yang bisa dikerjakan dengan sub tema kendaraan air walaupun jenis kendaraan di air sedikit.

Sebelum kegiatan inti dimulai biasanya guru memberikan informasi pengetahuan atau materi yang berkaitan dengan sub tema kendaraan air seperti menyebutkan nama kendaraan air.

Agar siswa senang guru harus memilih kegiatan yang sekiranya bagus dan mudah untuk ditugaskan ke anak TK, untuk itu anda bisa membaca daftar kegiatan menyenangkan berikut.

Kendaraan air

10 Kegiatan Tema Kendaraan Air untuk Anak TK

Daftar kegiatan sub tema kendaraan air yang harus diketahui guru TK :

1. Membuat kapal selam dari kertas dan kardus

Kegiatan pertama yang bisa ditugaskan kepada anak TK pada kegiatan sub tema kendaraan air dikerjakan dengan membuat kendaraan air seperti kapal selam.

Membuat kapal selam berbentuk 3D sehingga hasilnya akan tampak menyerupai kapal selam asli, memanfaatkan kardus, kertas dan lem siswa dapat berkreasi membuat rakit atau kapal selamnya sendiri.

2. Membuat kerajinan kolase bentuk kapal

Kegiatan berbasis kerajinan tangan yang bagus dikerjakan oleh anak TK karena mudah diselesaikan dengan membuat kolase dari memanfaatkan bahan alam yang terdapat di sekitar rumah seperti daun, biji dan pelepah.

Kerajinan kolase merupakan kegiatan yang seru dan pastinya sangat disukai oleh anak TK karena menyenangkan dan bagus untuk perkembangan seni dan motorik halus mereka.

3. Menggunting gambar kapal laut

Kegiatan menggunting merupakan kegiatan yang umum dilakukan di TK karena dapat meningkatkan perkembangan motorik halus dan kognitif anak.

Kegiatan menggunting memberikan manfaat kepada anak yang dimana kemampuan menggunakan gunting cukup sulit dilakukan anak karena perkembangan otot tangan yang belum kuat.

Diharapkan dengan rangsangan kegiatan menggunting dapat mengembangkan kemampuan motorik halus tangan anak agar semakin kuat dan lincah.

4. Mewarnai Gambar Kapal laut dan kapal Selam

Kegiatan mudah dan menyenangkan bagi anak dilakukan dengan kegiatan mewarnai gambar, gambar disesuaikan dengan sub tema seperti kendaraan air.

Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan yang paling banyak ditugaskan ke anak TK karena kemudahannya dan tidak ribet dalam memandu serta menyiapkannya.

5. Membuat rakit dari stik es krim atau sedotan

Kegiatan membuat kerajinan yang bisa dikerjakan dan bagus seperti membuat rakit dari bahan yang mudah didapat seperti bahan stik es krim atau sedotan.

Kerajinan membuat rakit dengan stik es krim atau sedotan ini mempunyai banyak kegunaan seperti untuk meningkatkan kreativitas, motorik halus dan kehati hatian dalam menggunakan lem.

6. Menggambar Gambar Kapal dan Perahu

Kegiatan menggambar termasuk dalam tugas yang sulit untuk dikerjakan oleh anak TK yang masih belum kuat menggunakan pensil.

Kegiatan menggambar anak TK hasil akhir tidak memuaskan karena alasan berbagai perkembangan motorik halus dan seni yang belum berkembang dengan baik.

Walaupun begitu tapi kegiatan menggambar masih dikatakan kegiatan yang seru dan menyenangkan dikerjakan oleh anak TK.

7. Membuat perahu dari mainan Play dough

Kegiatan membuat perahu masih berlanjut dengan memanfaatkan play dough atau plastisin anak ditugaskan untuk membuat kapal yang menyerupai bentuk aslinya.

Kemampuan menggunakan play dough atau plastisin ini dapat meningkatkan kreativitas dan motorik halus anak agar semakin berkembang optimal.

8. Membuat Perahu kecil dari kertas Origami

Kegiatan membuat perahu yang mudah dibuat dengan memanfaatkan kertas origami dikerjakan dengan membuat kapal dari kemampuan melipat kertas.

Bagi sebagian orang membuat kapal dari kertas sangat mudah tapi bagi anak TK masih perlu bimbingan dari guru agar bisa membuat sendiri karyanya.

9. Bermain simulasi kapal kapalan di air

Permainan di dalam kelas yang bisa dikerjakan bersama siswa dengan bermain kapal kapalan dengan air.

Bermain kapal kapalan dari kertas lipat dapat meningkatkan imajinasi sehingga baik untuk perkembangan otak anak.

10. Mencocok dengan tusuk gigi gambar kapal

Kegiatan terakhir yang bisa ditugaskan dan diberikan kepada anak TK mengisi waktu belajar dengan kegiatan mencocok gambar kapal dengan tusuk gigi atau lidi.

Kegiatan mencocok merupakan kegiatan yang bagus melatih kesabaran dan kehati hatian dalam menggunakan tusuk gigi.

Itu 10 kegiatan pada tema kendaraan dan sub tema kendaraan air yang bisa guru tugas kepada anak TK semoga informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi pembelajaran guru.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar