Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

10 Kegiatan Tema Tanaman Obat untuk Anak TK

2 min read

tanaman obat sirih

Kegiatan anak TK tema tanaman dan sub tema tanaman obat sangat banyak hampir keseluruhan kegiatan menyenangkan untuk dilaksanakan bersama anak didik.

Tanaman obat merupakan tanaman yang berdasarkan riset dapat memberikan manfaat memperbaiki masalah kesehatan dan penyakit sehingga bermanfaat bagi manusia.

Kegiatan sub tema tanaman obat beragam, anda bisa memilih salah satu dari daftar kegiatan seru pada tema ini yang menurut anda bagus.

Pembelajaran anak TK selalu bertema sehingga setiap kegiatan yang dilaksanakan dapat dengan mudah di pahami dan dimengerti oleh anak didik.

Kegiatan yang dikerjakan juga secara keseluruhan sangat mudah tidak ribet dan membutuhkan bahan pembelajaran yang sedikit sehingga minim pengeluaran.

Pada sub tema tanaman obat lebih baik guru mengembangkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk dilakukan.

Guru dapat melibatkan anak didik untuk bisa mengerti tentang tanaman obat dengan mengenalkan berbagai jenis tanaman obat dan manfaatnya.

Guru dapat mengajak anak didik untuk berkunjung ke kebun yang dipenuhi tanaman obat sebagai sarana rekreasi dan pembelajaran berbasis projek.

10 Kegiatan Tema Tanaman Obat untuk Anak TK

1. Menanam dan menyiram tanaman obat di pot

Kegiatan berbasis projek yang bisa dilakukan guru dan anak didik pada sub tema tanaman obat dilakukan dengan kegiatan efektif menanam dan menyirami tanaman obat yang ditempatkan di taman sekolah.

Kegiatan ini melatih anak untuk belajar berkebun dengan dipandu guru yang berpengalaman sehingga dapat menambah pengalaman anak didik terkait cara menanam tanaman yang benar.

2. Membuat kolase tanaman obat

Kegiatan yang bisa dilakukan dan dikerjakan di ruang kelas pada pembelajaran tema tanaman yang bagus dilakukan dengan kegiatan membuat kolase dari bahan bahan sederhana.

Kegiatan membuat kolase merupakan kegiatan yang menyenangkan dan seru dikerjakan di ruang kelas, anak didik akan senang dengan kegiatan menempel dan menggunting untuk kolase masing masing.

3. Mewarnai gambar tanaman obat

Kegiatan di dalam kelas pada pembelajaran sub tema tanaman obat yang sering ditugaskan pada situasi apapun yaitu kegiatan mewarnai menggunakan pensil warna atau krayon.

Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan kreativitas dan melibatkan seni pada karya yang dibuat anak didik sehingga dapat memberikan kesan kegiatan aktif pada pembelajarannya.

4. Menggunting gambar tanaman obat

Kegiatan seru lain yang bisa ditugaskan ke anak TK yang bisa meningkatkan fokus dan kehati-hatian serta motorik halus anak dilakukan dengan kegiatan menggunting.

Kegiatan menggunting merupakan kegiatan yang perlu diawasi penggunaan peralatan menggunting karena bisa berpeluang membahayakan bagi anak seperti terluka.

Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan menggunting terutama pada sub tema tanaman obat ini, pastikan menggunakan gunting kecil agar tidak terlalu berbahaya bagi anak anak.

5. Membuat tanaman dari kertas origami

Tugas yang masih dikatakan menyenangkan yang perintah oleh guru memanfaatkan kertas lipat atau kertas origami untuk membuat bentuk tanaman atau daun.

Membuat tanaman dari kertas origami tidak perlu di lipat lipat bisa dilakukan dengan cara digunting tapi di sketsa terlebih dahulu agar membentuk bagian tanaman.

6. Menggambar bagian tanaman obat – obatan

Kegiatan menggambar merupakan kegiatan yang sulit untuk dilakukan oleh anak TK tapi walaupun begitu ini ditugaskan untuk melatih motorik halus anak dan kreativitas dalam menggunakan pensil.

Kegiatan menggambar merupakan kegiatan wajib yang ditugaskan guru agar anak didik dapat mengisi waktu belajar dengan kegiatan yang beredukasi setelah penyampaian materi pembelajaran.

7. Mengecap daun tanaman obat

Menggunakan cat warna kegiatan seru dan menyenangkan bisa dilakukan anak TK dengan kegiatan mendidik mengecap daun tanaman obat.

Pada kegiatan cap daun menggunakan bahan pembelajaran cat warna dan daun tanaman obat seperti daun sirih.

Kegiatan mengecap daun merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas dan kehati-hatian dalam menggunakan cat warna.

8. Mencocokkan gambar dan nama tanaman obat

Ide kegiatan yang bagus dan meningkatkan konsentrasi dalam belajar yang bisa dipilih seperti mencocokkan gambar tanaman obat dengan nama tanaman obat.

Guru memberikan lembar kerja anak yang berisi gambar untuk mencocokkan dengan memberikan garis penghubung sehingga kegiatan ini termasuk aktivitas yang mudah.

9. Kegiatan tepuk tepuk tema tanaman obat

Aktivitas belajar anak didik dapat di sela dengan aktivitas kegiatan tepuk tepuk tangan yang bersama sama menyanyikan lagu dengan tema jenis tanaman obat yang bermanfaat.

Kegiatan tepuk tepuk merupakan bagian yang tidak terlepas dari kegiatan sehari hari pada pembelajaran anak TK sehingga bagus dan menambah keceriaan pada anak didik.

10. Eksperimen sains menggunakan tanaman obat

Kegiatan eksperimen merupakan kegiatan yang sering dilakukan guru untuk mengisi waktu belajar anak didik, kegiatan eksperimen ini menggunakan tanaman obat sebagai objek percobaan.

Contoh eksperimen daun sirih yang direndam pada air untuk mengetahui perubahan warna yang terjadi pada daun sirih tersebut.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *