Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

8 Bahaya Udara / Angin Pelajaran Anak TK

2 min read

balon udara

Pada tema api, air dan udara terdapat sub tema udara atau lebih dikenal dengan angin yang selain mempunyai kegunaan dan manfaat terdapat bahaya yang tidak kita ketahui.

Udara atau angin merupakan unsur yang tidak dapat dilihat tapi dapat dirasakan keberadaannya. Udara bermanfaat untuk aktivitas bernapas makhluk hidup dan terdapat berbagai macam kegunaan lainnya.

Baca juga : 10 kegunaan udara pelajaran anak TK

Pada sub tema udara terdapat berbagai keutamaan saat anak TK mempelajari terkait bahaya udara yang jarang diketahui oleh kita.

Keutamaan belajar sub tema udara bisa mengajarkan anak TK untuk mengetahui manfaat dan kegunaan dari udara serta mengetahui bahaya dari udara yang bergerak atau angin.

Pelajaran anak TK pada sub tema udara sangat banyak dan beragam hampir keseluruhan kegiatan bersifat edukasi dan bermakna. Contoh kegiatan sub tema udara membuat kolase balon udara, membuat origami balon udara dan mewarnai balon udara.

Untuk membantu guru dalam mengajarkan materi terkait dengan bahaya udara / angin, sebagai asisten saya akan membahas secara keseluruhan 8 macam bahaya dari udara.

8 Bahaya Udara / Angin untuk Pelajaran Anak TK

1. Menyebabkan pohon tumbang

Bahaya yang sering terjadi pada saat terjadi angin yang kencang akibat badai mengakibatkan pohon tumbang.

Karena angin yang besar pohon besar dan sudah tua banyak yang roboh menimpa rumah dan barang barang.

Kita harus berhati hari bila terjadi badai agar terhindar dari resiko bahaya pohon tumbang secara tiba tiba yang bisa membahayakan nyawa kita.

2. Membuat Mata perih

Saat berkendara dengan kendaraan bermotor sering mengalami kondisi mata perih dan berair akibat dari terkena debu dari udara jalanan.

Udara yang berdebu membuat mata menjadi sakit maka kita harus memakai helm atau kaca mata agar terhindar dari debu di jalan.

Selain dari udara jalanan terdapat juga faktor asap kebakaran lahan yang berakibat membuat mata menjadi perih.

3. Membuat angin topan dan badai

Udara yang bergerak bisa membuat bahaya bagi rumah kita seperti membuat angin topan yang bisa menerbangkan berbagai barang barang dan merobohkan pagar rumah.

Angin topan ditambahkan badai hujan bisa membuat panik masyarakat karena dampak yang ditimbulkannya seperti barang yang terbang dan berantakan.

4. Meninggikan ombak laut

Selain dari pengaruh rotasi bulan mengitari bumi terdapat pengaruh lain yang mempengaruhi tingginya ombak di laut.

Ombak di laut bisa tinggi dan berbahaya dipengaruhi oleh angin yang kuat yang berakibat semakin memburuknya kondisi ombak lautan.

Kita harus waspada saat berada di dekat ombak laut agar tidak terseret arus ombak laut yang ganas.

5. Menerbangkan barang dan pakaian yang dijemur

Bahaya yang sering terjadi bila terjadi angin besar terjadi bisa mengakibatkan barang barang berterbangan dan menjadi berantakan.

Terkadang pakaian yang dijemur menjadi jatuh kotor akibat dari pengaruh angin besar yang membuat baju menjadi terbang.

Barang juga bisa rusak akibat dari diangkat oleh angin besar dan bisa menimbulkan kerugian bagi pemiliknya.

6. Asap menimbulkan gangguan pernapasan

Udara kotor akibat kebakaran lahan dan hutan berakibat timbulnya masalah kesehatan yang semakin memperburuk keadaan kita.

Asap kebakaran bisa berbahaya bagi pernapasan yang bisa menimbulkan penyakit ISPA dan membuat mata menjadi perih.

Kita harus bijak dalam membakar sampah agar asapnya tidak berpengaruh buruk terhadap masyarakat sekitar.

7. Merobohkan pagar dan rumah kayu

Angin besar yang datang bersama badai dan angin topan bisa merusak fasilitas rumah seperti pagar dan antena.

Terkadang rumah kayu warga dan di persawahan bisa roboh akibat dari bahaya angin yang bisa merusak bangunan rumah rumahan petani.

8. Menyebabkan masuk angin

Bahaya angin terutama pada angin malam yang sering berakibat buruk bagi kesehatan tubuh kita yang sering terjadi yaitu bisa menyebabkan masuk angin.

Penyakit kesehatan masuk angin bisa berasal dari berkendaraan jauh yang bisa menurunkan suhu tubuh sehingga terjadi masuk angin.

Masuk angin bisa diatasi dengan minum jamu atau obat dan di kerok agar angin keluar dan suhu tubuh kembali ke hangat normal.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *