Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

Berat Badan Ideal Anak TK (4 – 6 Tahun)

2 min read

berat badan ideal anak tk

Anak TK merupakan anak dalam masa pertumbuhan yang pesat dimana mereka akan menunjukkan progres perkembangan yang tidak di sangka sangka.

Anak TK mempunyai berat badan yang berbeda beda tidak sama antara anak satu dengan anak lain, maka guru harus mempertimbangkan berat badan yang ideal bagi anak TK.

Berat badan Anak TK ada yang kurang dan ada yang berlebihan yang membuat guru dan orangtua harus membuat program diet bagi anak agar berat badannya ideal.

Berat badan anak TK secara umum ideal namun ada beberapa anak yang kurang dan ada juga yang lebih itu tidak masalah.

Namun anak TK harus diberi penyikapan yang baik tentang berat badan yang ia ketahui agar mereka tidak merasa kecewa dan marah.

Tabel berat badan ideal untuk anak TK

Berat badan yang ideal bagi anak TK mempunyai rentang yang bisa dilihat digambar dan tabel dibawah ini.

berat badan ideal anak tk

Anak TK A biasanya mereka berada di usia antara 4 tahun sampai 5 tahun yang berbeda antara anak laki laki dan anak perempuan.

Anak dengan usia TK A bagi anak laki harus minimal mempunyai berat badan 12 Kg sedangkan maksimal 24,5 Kg. Sedangkan bagi anak perempuan berat badan idealnya minimal 12 Kg dan maksimalnya 24 Kg.

Bagi anak dengan usia TK B bagi anak laki laki minimal berat badannya berada di nilai 21 Kg dan berat badan maksimal 29,5 Kg sehingga dapat dikatakan berat badannya ideal. Sedangkan bagi anak TK B perempuan berat badan minimal harus 20 Kg dan berat badan maksimalnya 28 Kg.

Namun perbedaan berat badan anak TK antara laki laki dan perempuan tidak signifikan sehingga bisa dikatakan sama berat badan idealnya.

Tips bagi anak TK yang berat badannya lebih besar dari berat badan ideal

Bagi anak yang berat badannya melebihi berat badan ideal bisa memulai untuk diet mengurangi porsi makanan sehingga sedikit demi sedikit berat badannya akan menyesuaikan dengan berat badan ideal anak TK pada umumnya.

Makanan gorengan dan cepat saji lebih baik dikurangi bagi anak TK yang berat badannya melebihi berat badan ideal ini dilakukan demi kesehatan dan kebaikannya.

Tips bagi anak TK yang berat badannya lebih kecil dari berat badan ideal

Bagi anak TK yang kekurangan berat badan bisa mengonsumsi makanan yang bergizi dengan asupan tambahan berupa susu UHT segar.

Program PMT anak TK berguna untuk memberikan makanan tambahan untuk asupan anak TK agar bisa berada pada berat badan ideal agar mereka tumbuh dengan sehat.

Faktor yang mempengaruhi Berat badan anak TK

Faktor Genetik anak

Berat badan anak TK dipengaruhi oleh faktor genetik yang diturunkan dari orangtua kepada anak tapi tidak jarang anak yang lebih kurus dibandingkan dengan orangtua. Namun secara umum bila orangtua gemuk maka genetik anak juga mempunyai berat badan yang lebih.

Faktor aktivitas yang dilakukan anak

Faktor aktivitas yang dikerjakan anak di rumah juga mempengaruhi Berat Badan Idealnya sehingga anak harus melakukan aktivitas yang tidak menguras energi agar berat badannya kurang.

Sebaliknya sedangkan bagi anak yang gemuk sebaiknya melakukan aktivitas yang berat yang dapat membakar kalori sehingga bisa mencapai berat badan ideal.

Anak gemuk umumnya di rumah tidak melakukan banyak aktivitas seperti jarang olahraga atau beres beres rumah hanya bermain gadget atau video game.

Faktor asupan makanan anak

Kenyataan faktor asupan makanan sangat mempengaruhi pertumbuhan berat badan anak, bagi anak yang kekurangan gizi akan cenderung menjadi kurus sehingga berat badannya kurang ideal.

Sedangkan anak yang terlalu banyak makanan yang berat dan gorengan cenderung gemuk sehingga berat badannya menjadi berlebihan dari berat badan ideal yang sesuai.

Asupan makanan dari sarapan juga mempengaruhi berat badan anak karena dari banyak penelitian menunjukkan bahwa sarapan bisa meningkatkan perkembangan berat badan menjadi lebih ideal.

Bila anak di sekolah juga perlu diperhatikan asupan makanan apakah bergizi atau berbahaya bagi kesehatan, maka anak perlu membawa makanan dari rumah agar makanan sehat dan bergizi.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *