Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

Cara Mempercepat Buah Alpukat Matang

1 min read

buah alpukat

Buah buahan merupakan asupan makanan yang sehat dan bergizi tinggi yang bisa memberikan nutrisi bagi tubuh jika di konsumsi dengan cara yang benar.

Buah buahan terdapat berbagai jenis dan hampir semua buah berasa manis, tapi ada juga buah yang memiliki rasa yang berbeda tidak begitu manis tapi enak.

Buah dengan rasa dan aroma yang enak itu merupakan buah alpukat, buah alpukat merupakan buah yang banyak dibudidayakan di Indonesia dan sering cepat dipanen dibandingkan buah musiman.

Sebagai pembeli terkadang tidak sengaja membeli buah yang belum matang atau hampir keseluruhan buah yang dijual masih setengah matang. Hal ini dilakukan oleh pedagang untuk menghindari dari kebusukan lebih cepat pada buah buah tertentu.

Ada tips khusus saat membeli buah alpukat agar mendapatkan alpukat yang tua sehingga cepat matang. Tipsnya dengan memilih alpukat dengan warna hijau tua keunguan dan warna kulit buah mengkilap.

Sedangkan bila memilih alpukat yang masih hijau itu tandanya alpukat yang dipilih masih muda dan masih perlu dimatangkan beberapa hari lagi.

Lalu bagaimana cara mengatasi buah alpukat yang belum matang atau masih setengah matang agar bisa matang sempurna dan enak untuk dimakan.

Cara mempercepat matang buah Alpukat

Berikut trik cara mematangkan buah alpukat dengan 4 cara yang mudah hingga cepat.

1. Dibungkus dengan kertas koran / tisu

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mematangkan alpukat dengan gratis menggunakan bahan bekas yang tersedia di rumah.

Contohnya menggunakan kertas koran dan tisu, siapkan buah alpukat kemudian bungkus dengan koran lalu di kepal kepal agar terbungkus secara keseluruhan.

Setelah dibungkus dengan koran atau tisu dibiarkan di suhu ruangan selama beberapa hari hingga saat ditekan empuk itu berarti alpukat sudah matang sempurna.

2. Dimatangkan dengan menggunakan karbit

Cara kedua yang bisa anda coba bila buah alpukat banyak bisa menggunakan cara tradisional menggunakan karbit sebagai cara untuk mematangkan alpukat dengan cara yang aman dan tidak berbahaya.

Karbit dimasukkan ke dalam kantong plastik bersama alpukat lalu di ikat dan dibiarkan matang sendiri selama beberapa hari.

Cara ini terbukti cepat dan aman untuk mematangkan buah alpukat jika jumlah buah banyak dan trik ini cocok dipilih untuk pedagang alpukat.

3. Dimatangkan dengan dibiarkan di suhu ruangan (alami)

Cara terbaik dan tidak ribet mematangkan buah alpukat bisa dilakukan dengan cara alami dibiarkan di suhu ruangan hingga matang sendiri selama beberapa hari.

Cara ini paling sederhana mematangkan alpukat dengan dibiarkan saja buah dapat matang sendiri sehingga bisa dimakan setelah beberapa hari saja.

4. Dimatangkan dengan di semprot menggunakan bahan kimia pematang buah

Cara terakhir yang bisa pedagang alpukat lalukan untuk mematangkan alpukat dengan jumlah banyak bisa menggunakan bahan kimia pematang buah.

Bahan kimia pematang buah bisa dibeli di toko pertanian, bahan kimia dicampur dengan air lalu di semprotkan secara merata ke seluruh permukaan alpukat.

Bila buah alpukat sudah sangat lunak agar tidak cepat busuk cara terbaik yang bisa dilakukan dengan memasukkan alpukat ke dalam lemari es agar pematangan buah terhenti dan tidak cepat busuk.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *