LKA gratis

Contoh Laporan Keuangan Suami Istri (Excel)

Berikut merupakan contoh laporan keuangan suami istri yang bersifat kebutuhan dasar sehari-hari dan beberapa prioritas penting yang mendesak.

Laporan keuangan berguna untuk memanajemen keuangan antara pemasukan dan pengeluaran per bulan.

Dengan manajemen keuangan yang baik maka suami istri akan lebih bijaksana dalam mengambil keputusan dan mengelola keuangan rumah tangga.

Untuk membantu anda dalam menyusun laporan keuangan rumah tangga, Asistensaya sudah membuatkan contoh laporan keuangan yang terencana dan bagus.

Laporan keuangan suami istri dalam bentuk csv dapat di unduh dan di edit sesuai dengan keterangan yang anda inginkan.

Berikut ini hanya contoh laporan keuangan dengan kebutuhan yang penting dan mendesak yang banyak dipilih suami istri.

Laporan keuangan suami istri

Contoh Laporan Keuangan Suami Istri / rumah tangga

Dari mana Asal Pendapatan Suami dan Istri ?

Kita pasti mengetahui asal usul pendapatan yang didapatkan dan diterima setiap bulannya. Apakah uang itu halal dan baik digunakan untuk kebutuhan sehari hari.

1. Asal Pendapatan suami

Bicara soal pendapatan setiap suami pasti bekerja keras untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarga tercinta.

Pendapatan suami bisa berasal dari berbagai profesi yang banyak contohnya bekerja sebagai guru, karyawan swasta, PNS dan petani.

Setiap suami mempunyai kesuksesan sendiri pada masing masing bidang pekerjaan yang ada dan dibutuhkan di masyarakat saat ini, walaupun pekerjaan yang dijalani sepele.

2. Asal Pendapatan istri

Setiap istri ada yang bekerja ada yang setia dengan menjadi ibu rumah tangga tapi bagi sebagian orang masih ada istri yang bekerja untuk membantu suami agar mendapatkan pemasukan lebih banyak.

Asal pekerjaan dari istri cukup banyak misal dia bekerja sebagai guru, asisten rumah tangga, dosen, karyawan swasta dan PNS.

3. Asal Pendapatan sampingan

Disamping pekerjaan utama suami terdapat pekerjaan sampingan yang berasal dari ibu rumah tangga, banyak profesi yang bisa dikerjakan di rumah dan cocok untuk ibu rumah tangga.

Misal bekerja sebagai blogger, content writer, youtuber, asisten virtual, freelance, costumer service dan penjual es.

Apa Kebutuhan mendesak pada pengeluaran bulanan ?

1. Kebutuhan belanja

Kebutuhan belanja merupakan kebutuhan primer yang wajib ada dan diutamakan karena berkaitan dengan cara bertahan hidup.

Belanja sayuran dan buah menjadi kebutuhan primer yang harus disiapkan, setiap istri mempunyai anggaran pengeluaran berbeda beda pada kegiatan belanja.

2. Tagihan listrik

Kebutuhan primer pada rumah yang pasti dibayarkan setiap bulan berkaitan dengan listrik. Keluarga perlu membayar tagihan listrik pada tiap bulannya.

Sama dengan belanja, biaya tagihan listrik setiap keluarga berbeda beda tergantung berbagai hal seperti daya listrik dan pemakaiannya.

Walaupun merupakan kebutuhan mendesak biaya tagihan listrik masih bisa diusahakan ada dan siap sedia bagi banyak keluarga.

3. Tagihan air

Tagihan air merupakan kebutuhan yang penting yang harus dipenuhi karena berkaitan dengan sarana kebersihan dan konsumsi.

Tagihan air menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipertimbangkan masuk dalam salah satu daftar pengeluaran suami istri.

4. Dana pendidikan anak

Anak yang sedang bersekolah membutuhkan dana pendidikan yang harus dibayar setiap semester. Dan beberapa kondisi memerlukan dana lebih yang berkaitan dengan pembangunan fasilitas penting sekolah.

Dana pendidikan anak menjadi salah satu pengeluaran mendesak yang harus di persiapkan dalam menyusun laporan keuangan rumah tangga.

5. Tabungan / Dana darurat

Dana darurat atau tabungan darurat harus diadakan agar jika terjadi masalah yang mendesak di masa depan masih ada dana yang digunakan untuk masa dan saat sulit tersebut.

Dana darurat berguna di kondisi darurat seperti saat sakit yang membutuhkan dana kesehatan yang lebih banyak.

6. Uang bensin

Transportasi menjadi alat berkendara yang harus dirawat setiap bulan agar tetap baik saat digunakan.

Selain itu kendaraan membutuhkan pengisian bensin, oleh karena itu uang transportasi menjadi salah satu kebutuhan yang penting dan mendesak serta digunakan untuk bekerja.

Sedangkan uang sisa dari pengeluaran bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang bersifat hiburan dan rekreasi atau lebih baik di tabung untuk di gunakan dan digabungkan dengan pemasukan bulan berikutnya.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar