LKA gratis

10 Kegiatan Sub Tema Kendaraan Darat Anak TK

Kegiatan tema kendaraan darat untuk pembelajaran anak TK sangat beragam, hampir keseluruhan kegiatan yang terdapat pada tema ini merupakan aktivitas umum yang biasa dikerjakan oleh anak TK.

Kendaraan darat merupakan sub tema yang termasuk dalam tema kendaraan. Jenis kendaraan darat sangat banyak dibandingkan jenis kendaraan air dan laut.

Untuk pembelajaran anak TK pada sub tema kendaraan darat mempunyai kelebihan dibandingkan tema lain yang ada pada tema besar paud.

Kelebihan sub tema kendaraan terletak pada aktivitas pembelajaran yang beragam lebih dari 4 kegiatan aktif yang bisa anda contoh.

Untuk membantu guru dalam memilih kegiatan yang cocok pada sub tema kendaraan darat, Saya sudah menyiapkan 10 daftar kegiatan yang cocok untuk sub tema kendaraan darat.

Kegiatan anak TK

10 Kegiatan Sub Tema Kendaraan Darat untuk Pembelajaran Anak TK

1. Membuat kerajinan kolase bentuk mobil

Kegiatan membuat kolase merupakan aktivitas pembelajaran yang menyenangkan bagi anak TK pada umumnya.

Pada kegiatan membuat kolase siswa mempunyai kesempatan untuk berkreasi mengembangkan minat kreativitas sesuai yang mereka inginkan.

2. Mencocok dengan lidi gambar mobil

Kegiatan mencocok gambar merupakan jenis aktivitas pembelajaran yang dapat melatih kesabaran dan ketelitian anak.

Mencocok gambar disesuaikan dengan sub temanya khususnya pada sub tema kendaraan darat seperti gambar mobil dan truk.

Kegiatan ini melatih motorik halus anak dan kognitif serta kehati hatian agar kertas tidak sobek saat di cocok.

3. Membuat mobil 3D dari kardus dan kertas

Kegiatan pembelajaran harian yang asyik dan menyenangkan bisa di isi dengan aktivitas membuat mobil dari bahan bekas seperti kardus dan kertas.

Membuat mobil dari kardus cukup menyenangkan dikerjakan bersama dengan siswa. Setelah jadi mainan tersebut dapat dipamerkan atau dimainkan.

4. Membuat wayang bentuk mobil dari stik es krim

Kegiatan aktif yang masih seru dikerjakan seperti membuat wayang dari stik es krim yang bisa dimainkan seperti layaknya wayang kulit.

Menggunakan stik es krim membuat wayang bentuk mobil sangat mudah, siswa memerlukan bantuan dan bimbingan guru untuk dapat membuatnya sampai jadi.

5. Kegiatan Menggunting gambar mobil

Kegiatan lain yang bisa menjadi pilihan Kegiatan inti pada pembelajaran sub tema kendaraan darat dikerjakan dengan menggunakan gambar mobil.

Kegiatan menggunting merupakan kegiatan yang melatih motorik halus dan kehati hatian dalam menggunakan salah satu benda yang berbahaya.

6. Mewarnai gambar mobil, bus dan truk

Mewarnai merupakan kegiatan yang sudah banyak ditugaskan untuk anak TK agar mereka dapat mengisi waktu belajar dengan aktivitas yang berguna untuk perkembangan seni.

Banyak sumber belajar dan lembar kerja anak bertema kendaraan darat yang tersedia di internet, guru dapat menggunakannya LKA yang tersedia sebagai sarana belajar siswa.

7. Menggambar bentuk mobil dan mewarnainya

Kegiatan menggambar termasuk dalam aktivitas tugas yang sulit bagi sebagian siswa tapi walaupun begitu tidak masalah memberikan tugas jenis ini kepada anak TK agar mereka dapat mengembangkan kemampuan motorik halus dan kognitif untuk membuat gambar sebagus mungkin.

Menggambar dapat mengembangkan kemampuan seni dan kreativitas siswa dalam menggambar bentuk kendaraan semirip mungkin dengan aslinya.

8. Membuat mobil dari stik es krim dan sedotan

Kegiatan berikutnya yang bisa menjadi ide kegiatan dan aktivitas belajar anak TK bisa di tugaskan untuk membuat mobil atau kendaraan dengan menggunakan bahan stik es krim dan sedotan.

Kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang kendaraan dan meningkatkan rasa ketertarikan dengan kendaraan yang merupakan alat transportasi yang cepat.

9. Membuat bentuk mobil dari play dough atau plastisin

Kegiatan kreativitas yang masih seru untuk ditugaskan kepada anak TK yang jarang diketahui adalah menggunakan alat mainan yang bernama play dough atau lebih mudah disebut dengan plastisin.

Mainan ini merupakan mainan yang dapat melatih tangan untuk membentuk plastisin semirip mungkin dengan bentuk kendaraan atau boneka.

Kegiatan dan mainan ini mirip dengan bermain tanah liat yang digunakan pengerajin gerabah untuk membuat perabotan rumah tangga.

10. Membuat mobil dari kertas origami dan menempelkan

Kertas origami merupakan kertas yang banyak kegunaan pada pembelajaran anak TK, kegiatan yang memanfaatkan kertas origami yang bisa dikerjakan dengan membuat mobil dari kertas origami ini.

Kertas origami perlu diberi sketsa gambar mobil dan digunting yang rapi kemudian di lem pada kertas lembar kerja.

Itu merupakan 10 kegiatan pada sub tema kendaraan darat yang bisa ditugaskan guru untuk anak TK semoga informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi anak TK.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar