Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.
                                               

Materi Penjelasan Gempa Bumi untuk Anak TK

2 min read

dampak gempa bumi

Guru TK harus mengajarkan berbagai pengetahuan yang penting dan berguna bagi anak TK. Ilmu pengetahuan yang harus diketahui oleh anak TK yang berkaitan dengan bencana alam adalah gempa bumi.

Guru harus menjelaskan secara singkat tentang apa itu gempa bumi kepada anak TK agar mereka dapat mengenali dan waspada jika terjadi kejadian gempa bumi.

Sebagai guru TK yang berwawasan pengetahuan yang luas bisa menjelaskan tentang apa itu gempa bumi dengan penjelasan sederhana berikut.

Anak TK tidak perlu penjelasan panjang cukup singkat dan beritahukan tanda tanda gempa dan cara menyikapi nya agar aman dari bahaya gempa bumi.

Anak TK secara biasa sudah mengetahui apa itu gempa bumi dengan mempelajari tanda tanda seperti tanah bergetar dan barang barang yang bergoyangan.

Anak TK juga mengetahui itu gempa dari orangtua yang kebetulan merasakan gempa bumi dan mengajak anak untuk keluar rumah untuk menghindari rumah roboh.

Materi Penjelasan Gempa Bumi untuk anak TK

Berikut poin beberapa penjelasan terkait dengan gempa bumi yang dapat menambah wawasan bagi guru dan anak TK.

Apa itu Gempa Bumi untuk anak TK ?

Penjelasan tentang gempa bumi ini sangat sederhana sehingga anak akan mudah mengerti dan paham secara singkat tentang gempa bumi.

Gempa bumi adalah getaran pada bangunan dan tanah yang dapat dirasakan karena pergerakan pada lempengan tektonik di bawah permukaan tanah.

Gempa bumi merupakan goncangan yang besar yang terjadi pada tanah tapi terjadi secara singkat tapi dapat menimbulkan kerusakan pada rumah.

Untuk pengetahuan tambahan gempa bumi juga bisa terjadi akibat gunung meletus yang bisa dirasakan bila rumah dekat dengan gunung berapi yang sedang meletus.

Bahaya gempa bumi bagi anak TK

Semua bencana alam menimbulkan kerusakan dan kerugian bagi kita, salah satu bencana alamnya yaitu gempa bumi.

Bahaya gempa bumi dapat merupakan bangunan sehingga membuat tembok menjadi retak dan dibeberapa rumah bisa roboh rata dengan tanah.

Gempa bumi juga dapat menimbulkan tsunami yang berbahaya seperti kejadiannya di Aceh yang menimbulkan korban jiwa dan kerugian pada kerusakan bangunan dan kehilangan harta benda.

Penjelasan tambahan yang juga berkaitan dengan gempa bumi yang harus juga dijelaskan tentang tsunami, hal ini berguna untuk memberikan informasi wawasan yang berguna bagi anak jika mereka tinggal di kawasan pantai.

Cara aman jika terjadi gempa bumi untuk anak TK

Anak TK perlu diberi edukasi tentang cara aman yang harus dilakukan jika di rumah terjadi gempa bumi.

Guru berperan memberikan penjelasan tentang menyikapi gempa bumi untuk anak TK, selain itu orangtua juga harus mengamankan anak dari bahaya saat gempa bumi terjadi.

Cara terbaik dilakukan anak saat terjadi gempa bumi adalah mengajak anak keluar rumah dan berkumpul di lahan luas atau tanah lapang yang tidak berdekatan dengan rumah, pohon dan tiang besar.

Jika terjadi gempa bumi anak harus tenang dan selalu bersama dengan orangtua sehingga mereka dapat melindungi anak dari bahaya yang akan terjadi saat gempa bumi.

Sebagai edukasi tambahan guru juga bisa mencari video gempa bumi yang bisa ditontonkan kepada anak TK agar mereka mempunyai gambaran terkait dengan gempa, bahaya gempa dan kerugian gempa bumi.

Selain pemberian materi pembelajaran yang penting, guru juga harus memberikan tugas tambahan dengan mengisi waktu belajar anak TK dengan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat.

Anak TK bisa diberikan tugas yang bertemakan gempa bumi seperti menggambar, mewarnai, membuat poster dan membuat kolase.

Kita tidak menginginkan segala bencana alam terjadi di sekolah dan rumah kita karena dapat merugikan banyak orang dan membahayakan jiwa manusia.

Anak TK harus mengetahui bahwa kita tidak dapat mencegah saat gempa bumi terjadi tapi yang bisa kita lakukan hanya mengamankan diri dari bahaya saat gempa terjadi.

Sekolah menjadi tempat belajar yang menyenangkan bagi anak anak terutama terkait dengan kebencanaan seperti gempa bumi.

Guru juga dapat melakukan simulasi gempa bumi yang menggambar murid bergoyang goyang karena tanah yang digunakan berpijak bergerak sendiri.

Giofanny Sabekti
Giofanny Sabekti Halo saya bekerja sebagai seorang content writer, selain itu saya lulusan S1 Pendidikan Islam Anak usia dini di IAIN Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *