10 Contoh Kegiatan MPLS untuk Anak TK

MPLS merupakan hari pertama masuk anak TK dan pada saat itu anak TK perlu di dikenalkan dengan aturan, kebiasaan dan tata letak lingkungan sekolah secara keseluruhan dengan baik.

MPLS merupakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, kegiatan ini dapat berlangsung selama 1 hari.

Kegiatan MPLS dapat berjalan sampai 2 hari, dirasa selama itu anak TK sudah dapat mengenali aktivitas dan kegiatan belajar di sekolah taman kanak-kanak dengan baik.

Anak didik baru pertama bersekolah perlu diberitahu tentang aktivitas yang akan mereka kerjakan saat bersekolah.

Diharapkan dengan adanya MPLS ini anak didik baru dapat dengan baik beradaptasi dan dapat merasa tenang saat mereka belajar di TK.

Bagi guru yang pertama melaksanakan MPLS atau masih belum memiliki gambaran apa saja kegiatan yang cocok pada masa pengenalan lingkungan sekolah, saya sudah membuat dan memikirkan 10 kegiatan MPLS yang bagus untuk anak TK.

Selama MPLS terdapat banyak informasi yang perlu dijelaskan kepada siswa baru, tidak hanya informasi saja tapi siswa baru juga harus dapat mengenali dimana letak semua ruangan di sekolah. Seperti toilet, masjid, lapangan, gudang, kantin, ruang guru dan ruang kelas.

Kegiatan yang disampaikan di konten ini merupakan kegiatan yang umum di informasikan kepada siswa baru, sebenarnya terdapat lebih banyak kegiatan yang bagus. Tapi berdasarkan pemahaman saya 10 kegiatan ini sudah bisa mewakili berbagai kegiatan MPLS di taman kanak-kanak.

Pengenalan kelas

10 Materi dan Kegiatan MPLS untuk Anak TK

Apa saja kegiatan dan materi bertema MPLS untuk sekolah TK sebagai berikut :

1. Sesi berkenalan nama panggilan

Pada MPLS guru bisa melakukan pengenalan nama panggilan dan guru harus juga mengetahui nama panggilan semua siswa baru.

Kegiatan pengenalan ini bisa berlangsung di dalam kelas. Dengan pengenalan diri ini dapat meningkatkan rasa kepercayaan anak didik kepada guru kelas yang merupakan pendidik formal sebagai pengganti orangtua.

2. Mengenalkan dan menyanyikan mars sekolah

Walaupun sederhana untuk diterapkan, siswa baru perlu diajarkan untuk menyanyikan mars sekolah dengan baik.

Tujuan agar mereka bisa mengetahui bahwa sekolah TK tempatnya belajar merupakan sekolah yang bermutu dan terakreditasi sebagai tempat belajar terbaik.

3. Sesi Mengenal nama guru dan karyawan sekolah

Saat semua siswa dikumpulkan di aula, guru perlu mengenalkan semua guru dan karyawan di sekolah. Guru perlu memberikan informasi peran dan tugas karyawan sekolah yang bekerja.

Pengenalan sesama guru dan tugas setiap karyawan ini untuk menciptakan lingkaran kepercayaan untuk siswa di sekolah dan cara mereka bisa berinteraksi dengan guru dan karyawan di sekolah.

4. Mengenalkan yel yel kelas, tepuk tepuk dan lagu

Setelah semua siswa masuk ke ruang kelas masing masing, guru kelas dapat melakukan pengenalan kebiasaan yang harus diterapkan oleh siswa baru.

Siswa baru harus mau aktif dan menyanyikan dengan senang tepuk tepuk dan yel yel kelas serta lagu lagu sama yang juga diajarkan kepada siswa terdahulu yang sudah lulus.

5. Mengenalkan ekstrakurikuler sekolah

Siswa baru juga dapat di beritahu kegiatan ekstrakurikuler yang bisa mereka masuki saat kegiatan belajar sekolah selesai.

Diharapkan dengan pemberian informasi ekstrakurikuler ini mereka dapat mengasah kemampuan dan mengembangkan minat sesuai dengan ekstrakurikuler yang mereka pilih.

6. Mengenalkan pembiasaan di sekolah

Kebiasaan dan perilaku siswa baru akan melebur dengan kebiasaan saat mereka di rumah.

Diharapkan dengan pembiasaan baru di sekolah yang baik dapat merubah perilaku dan moral anak menjadi lebih mendekati kebaikan terutama pada nilai agama dan moral serta karakter mereka.

7. Berkeliling Mengenalkan toilet, ruang kelas dan kawasan sekolah

Siswa baru harus mengetahui sarana dan fasilitas penting di sekolah, sarana penting yang sering anak butuhkan seperti toilet dan ruang kelas yang harus mereka tempati.

Siswa baru juga harus mengetahui kawasan sekolah supaya mereka berhati hati dengan kawasan di luar sekolah yang bisa berpotensi bahaya.

8. Mengenalkan APE indoor dan APE Outdoor

Sarana bermain di lapangan berupa APE Outdoor juga bisa di informasikan kepada siswa baru, berupa APE tersebut merupakan fasilitas sekolah yang aman untuk bermain saat pada waktu istirahat sekolah.

APE di dalam kelas juga bisa di informasikan bahwa mainan tersebut di sediakan untuk sarana bermain yang bagus untuk perkembangan anak saat mereka tidak ingin bermain di luar kelas.

9. Menyampaikan informasi jam masuk, istirahat dan jam pulang sekolah

Informasi penting yang juga harus diketahui oleh siswa baru tentang jam masuk sekolah, jam saat istirahat sekolah dan jam pulang sekolah yang di izinkan.

Informasi ini juga harus disamakan kepada orangtua siswa baru agar mereka dapat mengantarkan dan menjemput anaknya tepat waktu sesuai aturan jam di sekolah.

10. Menyampaikan aturan dan budaya sekolah

Di sekolah siswa baru perlu diberitahu budaya yang mencerminkan kesopanan di sekolah, aturan kesopanan perlu di beritahu kepada siswa baru.

Tujuannya agar mereka dapat menerapkan nilai kesopanan yang baik selama mereka berada di sekolah dan saat mereka berinteraksi dengan guru, teman kelas dan karyawan sekolah.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar